ruang tamu kecil minimalis

Mendekorasi Ruang Tamu Rumah Tipe 21 agar Terlihat Atraktif dan Dinamis

Posted by HinaYana  •  Thursday, June 27 2019

Interior ruang tamu rumah tipe 21 juga bisa mendapatkan tampilan yang atraktif dan dinamis.

Interiordesign.id – Interior ruang tamu rumah tipe 21 juga harus mendapatkan tampilan yang atraktif dan dinamis. Ada banyak alasan untuk melakukan itu. Di balik ukurannya yang kecil dan tidak ideal untuk rencana dekorasi interior, bukan berarti ia tidak bisa mendapatkan gagasan desain yang menarik.

Banyak sekali cara yang bisa Anda terapkan untuk menyiasati bagaimana seharusnya rumah kecil tipe 21 memiliki penampilan yang menarik secara visual. Dan dalam hal ini, adalah soal interior ruang tamunya.

Tak bisa dipungkiri, bahwa rumah kecil tipe 21 adalah pilihan yang paling memungkinkan dan yang paling terjangkau saat ini. Pertimbangan soal harga tentu merupakan hal utama.

Besar kecilnya ukuran ruangan, adalah pertimbangan lain saat memilih perabotan. Namun, hal tersebut bukanlah sebuah persoalan besar.

Semenjak inovasi-inovasi dan penemuan-penemuan baru bentuk dan desain furniture dengan ukuran yang sangat compact, rumah kecil atau bahkan mungil sekalipun, bisa memiliki perabotan termutakhir yang selaras dengan gaya desain yang digunakan.

Untuk mencapai bentuk ruang dengan pilihan gaya desain yang dinamis pada ruangan berukuran kecil, hal pertama yang mesti diperhatikan adalah soal pilihan warna.

Dinding ruang tamu rumah kecil tipe 21 bisa Anda cat menggunakan warna-warna tertentu. Atau, jika menginginkan tampilan lain, Anda dapat mencoba menggunakan wallpaper.

Penggunaan warna netral ruang tamu rumah kecil tipe 21. ~ via pinterest

Untuk sebuah ruangan dengan space yang tidak terlalu lebar, seperti dalam ruang tamu rumah kecil type 21, pilihan warna cat adalah faktor yang sangat penting.

Bacaan terkait: 10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Pilihlah warna-warna yang bersih dan terang seperti warna cream, putih, atau warna-warna netral, bisa menghilangkan kesan sempit. Warna-warna netral ini pulalah yang menjadi dasar pewarnaan untuk menentukan kombinasi dan skema warna terbaiknya kemudaian.

visualisasi yang menarik dan sangat lembut dari kombinasi warna dinding, perabotan serta beberapa elemen dekoratif. ~ via pinterest

Kombinasi warna ini bisa Anda aplikasikan pada bagian dinding, lantai, atau atap, yang diselaraskan dengan warna-warna yang Anda pilih untuk perabotan, dan atau beberapa elemen dekoratif lainnya.

skema warna ruang tamu rumah kecil. ~ via idolza

Hal tersebut sangat penting untuk menciptakan suasana ruangan yang tidak monoton.

Aksen warna-warna ini bisa menjadikan ruangan seperti memiliki nyawa. Ruang tamu, meski tidak luas, ia akan tampak sangat hidup.

Dan itulah yang dimaksud dengan visualisasi ruang yang sangat dinamis.

Terkait: Gak Perlu Minder, Rumah Tipe 36 Bisa Tampak Mewah dengan Desain Interior Seperti Ini

Setelah menyelesaikan tahap pemilihan dan penentuan kombinasi warna, langkah selanjutnya adalah soal penataan perabotan.

Sofa adalah perabotan utama di ruang tamu. Pilihlah bentuk, dan desain, atau model yang simpel, minimalis, agar tidak membebani kapasitas ruang.

interior ruang tamu kecil

Sofa corner kecil. ~ via housegarden

Begitu pula dengan pilihan kursi, coffe table, atau aksesori dan elemen dekoratif lainnya. Aturlah secukupnya.

Tetapi, perlu diingat, pilihan tetap tergantung pada keputusan dan terutama selera personal Anda. Tampilan akhir ruang akan menentukan dan memperlihatkan seberapa besar ia merefleksikan kepribadian pemiliknya. Dalam hal ini adalah soal siapa dan seperti apa diri Anda.

sofa dan coffee table untuk ruang tamu kecil. ~ via dtfurniture

Satu hal yang tidak boleh terlupakan, kombinasi warna netral pada dinding, mesti Anda selaraskan dengan warna pada furniture atau perabotan.

Penggunaan warna-warna tegas pada perabotan, atau pada elemen-elemen dekoratif yang digunakan, merupakan kombinasi warna terbaik yang banyak direkomendasikan para desainer maupun dekorator interior. Kombinasi warna inilah yang menghilangkan kesan kosong dan hampa pada ruangan.

Langkah selanjutnya yang bisa Anda jadikan pegangan saat berencana mendesain dan mendekorasi ruang tamu berukuran kecil, adalah mengikuti saran yang direkomendasikan oleh para dekorator maupun stylist interior.

Hindari penggunaan pajangan yang berlebihan, aksesori-aksesori, atau wall art berukuran besar. Selain akan membebani kapasita ruang, ia ini tidak akan pernah fit untuk ruangan kecil.

Pilihlah yang memiliki bentuk dan desain yang compact, minimalis, dan ramping.

minimalis wall art. ~ via wixinyindu

Terlepas dari semua rencana dekorasi interior ruang tamu di rumah kecil Anda, Anda tidak dipaksa untuk selalu menggunakan gaya minimalis.

Beberapa pilihan gaya desain lain seperti misalnya industrial, shabby chic, atau bahkan vintage bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Atau Anda bisa mencoba gaya interior eklektik yang mencampurkan dan mengombinasikan berbagai gaya desain agar ruangan kecil bisa terlihat lebih atraktif.

Gaya eklektik bahkan bisa jadi adalah pilihan cermat untuk menampilkan karakter ruang yang dinamis.

gaya desain interior eklektik, ruang tamu rumah kecil. ~ via pinterest

Satu hal lagi yang harus Anda pertimbangkan untuk mengubah tampilan ruang tamu kecil rumah tipe 21 Anda, adalah penggunaan karpet.

Ya, karpet bisa mendatangkan kesan elegan pada sebuah ruang. Selain itu, karpet juga bisa menjadi titik fokus area yang digunakan sebagai zoning, atau penentuan area positif dan negatif.

Titik fokus pada ruangan kecil konsep open floor. ~ via home designing

Inspirasi Desain Rumah Kecil Tipe 27; Nyaman dalam Kesederhanaan

Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan saat mendekorasi ruang tamu rumah tipe 21. Meski berukuran kecil, ini bukan berarti tidak bisa dirancang menarik secara visual dan memiliki penampilannya yang atraktif juga dinamis. Kuncinya adalah kreativitas.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram