Gaya Desain Interior Mediterania; Konsep Interior Kaya Warna Khas Negeri Eropa

Posted by HinaYana  •  Monday, September 17 2018

Gaya desain interior Mediterania dapat dicampur dengan gaya modern untuk menciptakan tren yang disebut Mod-Mediterranean. Berbeda dengan gaya eklektik, Mod-Mediterranean adalah kombinasi dari dua gaya yang berbeda. Mediterania dan Modern menciptakan tampilan yang bersih dan segar namun tetap memiliki beberapa elemen tradisional.

Interiordesign.id – Negeri-negeri di Eropa terkenal memiliki ciri khas gaya desain interior dan juga gaya arsitektur yang menarik. Salah satunya adalah gaya desain interior mediterania yang menampilkan citra visual ruangan yang kaya akan warna. Dengan perpaduan dan ciri khas yang dibawa dari era sebelumnya, menampilkan kekhasan gaya desain rustic pedesaan yang bercampur dan berpadu dengan kultur alam masyarakat Eropa daratan.

Umumnya, gaya desain dari seluruh dunia dapat dikenali dari penggunaan warna, kain, tekstur dan atau material tertentu yang sangat dipengaruhi oleh kultur atau budaya setempat. Dalam dunia desain interior, pengaruh tersebut merasuk ke dalam gaya desain tertentu yang melahirkan style interior masing-masing yang khas dan unik.

Gaya mediterania telah menjadi gaya desain interior yang khas. Negeri-negeri Eropa seperti Italia, Spanyol atau Yunani, negerinya para dewa, dikenal memiliki kekhasan dan kekhususan spesifik pada konsep desainnya masing-masing. Desain interior ketiga Negara tersebut sangat memengaruhi perkembangan konsep interior mediterania secara umum.

Interior mediterania diidentifikasi sebagai gaya interior dan juga arsitektur ala rumah-rumah Eropa di bagian selatan. Seperti Negara Andorra, Gibraltar, Portugal, San marino, Malta, Spanyol, Vatikan, Yunani, hingga Italia.

Gaya ini juga mengingatkan kita akan pentingnya kekhasan dalam setiap tampilan interior rumah. Konsep desain interior semacam inilah yang juga akan memiliki korelasi langsung dengan tingkat kenyamanan dan terutama citarasa estetika yang mengemuka.

Ruang tamu dengan konsep interior mediterania

Mediterania modern spanyol. ~ via decoist

Keunikan & Kekhasan Gaya Desain Interior dari 8 Negara Berbeda

Mengenal Gaya Desain Interior “Postmodern”, Gaya Dekorasi Interior yang Menentang Segala Aturan

Apa itu Mediterania?

Secara harafiah, Mediterania berarti daratan atau negeri tengah. Mengutip Wikipedia, Laut Mediterania atau Laut tengah adalah laut antar benua terletak antara Eropa di utara, Afrika di selatan dan Asia di timur, mencakup wilayah seluas 2,5 juta km². Nama Mediterania sendiri berasal dari mediterraneus Latin, yang berarti “pedalaman” atau “di tengah daratan” (dari medium, “tengah” dan terra, “darat”).

Pada masa lalu, laut ini merupakan jalur lalu lintas yang sibuk, memungkinkan perdagangan dan pertukaran budaya antara orang Mesir, Yunani Kuno, Romawi Kuno dan Timur Tengah. Sejarah Mediteranian berperan penting untuk permulaan dan perkembangan Peradaban Barat.

Laut mediterania merupakan rute penting bagi para pedagang dan pelancong zaman kuno yang memungkinkan pertukaran perdagangan dan budaya antara orang-orang yang muncul di wilayah tersebut. Sejarah wilayah Mediterania sangat penting untuk memahami asal mula dan perkembangan banyak masyarakat modern.

Gaya Desain Interior Mediterania

Desain interior mediterania seperti menawarkan begitu banyak aroma, selera, dan warna pada ruangan. Merancang rumah dengan gaya Mediterania, adalah seperti merancang hunian untuk sebuah gaya hidup santai nan ramah.

Gaya mediterania tercermin dalam desain yang menampilkan suasana santai, dominasi perabotan ala rustic atau pedesaan, dan juga tekstur khas pada bagian dinding dan lantai. Interior mediterania adalah gaya desain yang kaya akan warna yang ceria namun menenangkan. Memasukan sentuhan, aksen dan terutama suasana alam khas pedesaan-pedesaan Eropa ke dalam rumah.

Desain interior mediterania yang simpel dan memesona

Unsur dan Pengaruh Desain Mediterania

Mengacu pada gaya desain interior rumah-rumah di negeri sebelah selatan Eropa, seperti Yunani, Italia, dan juga Spanyol, gaya Mediterania sangat dipengaruhi unsur-unsur alam setempat. Perairan berwarna turquoise-nya eropa bagian selatan, hari-hari cerah dengan cahaya matahari dan wangi bunga yang semarak eropa daratan, adalah citra visual gaya desain interior mediterania.

5 Konsep & Gaya Desain Interior Pilihan, Gaya Desain Seperti Apa yang dapat Menggambarkan Diri Anda?

  • Pengaruh Gaya Yunani
    Gaya ini secara tradisional menampilkan dinding plesteran dan lantai kayu putih dengan aksen biru kobalt dan penggunaan furnitur  patio.
ruang makan dengan gaya interior mediterania modern

Gaya Yunani. ~ via iDesignArch

Mengkreasi gaya Yunani sangat mudah agar terlihat setara dengan gaya Modern lainnya. Dinding berwarna putih, sentuhan aksen biru turquoise dan kobalt, dan aksesoris yang khas. Sementara furnitur lebih terlihat modern. Potongan-potongan putih menambah nuansa tipe ruangan yang santai. Visualisasi semacam ini merupakan tipikal umum dalam tema desain Mediterania ala Yunani.

  • Gaya Italia
    Gaya desain interior Mediterania Italia mirip dengan desain Tuscan; Riang dan santai. Menekankan pada warna dan tekstur yang ditemukan di lanskap alam sekitar. Potongan hiasan furnitur ditemukan dalam gaya ini, bersamaan dengan penggunaan warna-warna bumi, seperti jeruk, merah tua dan kuning, disertai dengan lantai kayu gelap atau lantai batu kasar, atau dinding plesteran berwarna coklat.
Desain interior mediterania tradisional

gaya mediterania italia. ~ via Pinterest

Elemen utamanya adalah penggunaan furnitur bergaya regional dan nuansa cokelat, merah dan kuning.

  • Gaya Desain Interior Mediterania ala Spanyol
    Gaya Mediterania Spanyol mengedepankan warna cerah dan mural mosaik yang menampilkan batu biru kobalt, kuning dan atau merah tua. Mosaik ini juga dapat ditemukan di dalam bingkai cermin, meja atau aksesori, seperti lampu, tembikar dan vas. Hal umum lain dalam gaya desain interior mediterania ala Spanyol adalah penggunaan lantai keramik terakota.
penampilan gaya desain interior mediterania ala Spanyol

Dapur gaya mediterania Spanyol. ~ via pinterest

Furnitur dan Aksesori

Furnitur dan aksesori khas Negeri Eropa yang unik dan sedikit vintage serta memiliki tekstur warna membuat desain mediterania terasa sangat ikonik.

furnitur dalam desain interior mediterania

Rustic Triple Planter Stand. ~ via Houzz

  • Bentuk dan Model Furnitur
    Model dan bentuk furnitur dalam desain interior mediterania biasanya berukuran besar, terbuat dari kayu pinus, dan armoires. Model mebeler seperti itu biasanya merupakan kebutuhan umum untuk rumah-rumah Eropa pada abad ke-18 dan 19 yang tidak banyak memiliki lemari.Pada rumah-rumah modern, model furnitur berukuran besar ini bisa berlipat ganda yang difungsikan sebagai lemari penyimpanan. Perabotan bergaya Mediterania sangat mencerminkan gaya hidup santai dan kultur komunitas. Furnitur dari kayu pinus menjadi semacam signature dari gaya desain rustic khas Eropa selatan ini.
Desain interior mediterania memiliki model furnitur yang khas

Desain dapur mediterania. ~ via pinterest

Dapur Mediterania selalu terbuka untuk tetangga dan sahabat.

  • Aksesori dan Aksen Dekoratif
    Aksesori dalam desain interior bergaya Mediterania juga bersifat rustic dan berwarna. Hardware pintu dan furnitur sering terbuat dari bahan besi kasar. Pencahayaan dan lampu gantung terbuat dari material yang sama, beberapa menggunakan kaca permata mosaik. Selain itu, aksesori ubin mosaik, yang diambil dari pengaruh Islam Spanyol, juga sering ditemukan pada desain meja, cermin atau bahkan menempel sebagai hiasan dinding.Aksesori yang lebih kecil juga ditemukan dalam ruang bergaya mediterania, seperti peralatan masak dari tembaga dan besi yang berwarna-warni. Juga bunga-bungaan, entah segar, kering, mampu menambahkan sumber warna lain ke dalam ruangan bergaya Mediterania.

    Unsur air menjadi salah satu elemen paling umum dalam desain interior Mediterania.

  • Dinding dan Lantai
    Fitur utama dalam ruangan bergaya Mediterania adalah dinding plesteran dan ubin terakota atau lantai batu. Dinding semen dapat dilapisi dengan wallpaper atau dengan memasang plester. Ubin terakota dan lantai batu merupakan ciri khas lain dari gaya desain interior Mediterania.

Desain Interior Mediterania Modern

Gaya ala Mediterania dapat dicampur dengan gaya modern untuk menciptakan tren yang disebut Mod-Mediterranean. Berbeda dengan gaya eklektik, Mod-Mediterranean adalah kombinasi dari dua gaya yang berbeda. Mediterania dan Modern menciptakan tampilan yang bersih dan segar namun tetap memiliki beberapa elemen tradisional.

Menggunakan gaya kontemporer dalam detail dan elemen pedesaan di dalam rumah bisa sangat menyenangkan. Anda bisa melakukan ini dengan menambahkan elemen-elemen “Old World”. Lantai keramik terakota atau travertine beserta balok kayu rustic pada langit-langit akan sangat menarik. Melengkapi hal tersebut dengan elemen kunci modern dalam menciptakan focal point atau titik fokus. Misal seperti di dalam perapian, lampu gantung, atau pada perabotan.

visualisasi gaya desain interior mediterania modern

Mod-Mediterania Yunani. ~ via iDesignArch

Apapun situasinya, jika kelak Anda memutuskan untuk mengubah atau mengkreasi sebuah ruang yang dapat memberikan Anda dan keluarga ketenangan yang dibutuhkan di dalam rumah, gaya desain interior Mediterania bisa menjadi salah satu gaya desain terbaik pilihan. Tentukan visi Anda akan seperti apa dan nikmati suasana serta nuansa ruangan yang menenangkan sekaligus menyenangkan yang selalu Anda idam-idamkan.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram