fbpx
Hello, Guest

Mengenal Lebih Jauh Tentang Lantai Kayu Asli Dan Replika

Posted by Iqbal Mujahid Friday, October 7 2022

Kamu sedang renovasi rumah? Kemungkinan besar, kamu pasti ingin lantai rumah kamu terbuat dari kayu, setidaknya di salah satu kamar kamu.

Penampilannya memberikan kesan hangat dan tak lekang oleh waktu dengan memasang lantai kayu di rumah kamu.

Initialdesign.id – Untuk memasang lantai kayu asli, kamu mempunyai dua pilihan yaitu: Kayu Solid, dan Kayu Rekayasa, diluar daripada itu merupakan pengganti kayu, atau kayu tiruan dengan tampilan yang mirip dengan aslinya seperti penggungan lanti bambu, lantai laminasi, lantai vinil dan ubin keramik dengan penampilan kayu.

Sumber Foto : Indonesiana

Lantai Kayu Solid
Seperti namanya Solid, terlihat solid dari segala arah, mirip seperti potongan kayu yang langsung di gergaji dari sebuah kayu gelondongan, dan tidak ada bahan tambahan lain.

Lantai kayu solid yang belum selesai cenderung murah daripada yang sudah jadi atau tinggal pasang, untuk yang belum jadi, membutuhkan beberapa finishing, seperti pengamplasan ringan, pewarnaan (opsional).

Ketika kamu memilih lantai kayu yang sudah jadi, kamu bisa langsung berjalan diatasnya ketika sudah terpasang, alangkah baiknya menunggu setidaknya 48jam supaya sealant mengering.

Pemasangan kayu solid atau kayu keras harus dipaku ke lantai kayu, beda dengan pilihan kayu lainnya, tidak bisa langsung dipasang diatas permukaan beton, atau diatas lantai yang ada karena persyaratan untuk memaku.

Kami sarankan untuk menyewa jasa instalasi pemasangan lantai kayu. Karena kayu keras sangat sensitif/rentan terhadap goresan dan mudah penyok, kamu harus memberikan perhatian khusus pada skala tingkat kekerasan, dan pilihlah kayu yang sesuai dengan kebutuhan kamu serta anggaran kamu.

Kelebihan dari pemasangan kayu keras adalah bisa diampelas berulang kali, supaya bisa bertahan lebih lama secara harfiah, dan kelemahannya adalah tidak bisa dipasang di area lembab seperti di kamar mandi atau ruang bawah tanah.

Lantai Kayu Rekayasa
Ini merupakan alternatif untuk pengganti kayu keras yang kini telah melampaui dari penjualan kayu solid. Jika kamu hendak membeli kayu solid di toko-toko terdekat kamu, kemungkinan mereka akan merekomendasikan untuk menggunakan kayu rekayasa ini.

Kayu ini merupakan kayu lapis dari kayu veneer. Kayu ini dapat bertahan di area dengan kelembaban ringan seperti kamar mandi.

Kelebihan lainnya dari jenis ini adalah berbagai pilihan pemasangan, sebagian bisa dipaku, dan versi lain bisa dipasang sebagai lantai apung.

“Lantai Apung tidak membutuhkan paku atau sekrup, dan biasanya hanya memerlukan sedikit persiapan subfloor. Selama lantai itu datar dan stabil, kamu bisa langsung memasang lantai terapung tepat diatasnya.”

Kelemahannya adalah, lapisan atasnya sangat tipis. Lapisan paling bawah diameternya cuma 1/6 sampai 1/8 inci dan cuma bisa diampelas ringan beberapa kali saja.

Bagaimanapun juga, kamu harus lebih banyak bertanya tentang pemasangan lanyai kayu kepada ahlinya.

Lantai Kayu Imitasi : Pengganti Kayu
Karena keterbatasan anggaran untuk membeli kayu asli, kamu bisa memilih empat bahan pengganti dengan kayu palsu untuk dipilih : Yang pertama adalah lantai bambu, lantai laminasi, papan vinil, dan ubin keramik dengan motif kayu.

  • Lantai Bambu
    Merupakan satu alternatif untuk sebuah tren lantai kayu. Bahan ini biasanya tergolong kayu yang ramah lingkkungan.

    Bentuknya terlihat seperti kayu asli, mudah dalam pemasangannya, tahan lama, dan menambah nilai jual juga.

  • Lantai Laminasi
    Bukanlah dari kayu asli, tidak seperti kayu solid dan rekayasa, laminasi ini berbahan dari resin tipis, semuanya terdiri dari komposit serpihan kayu. Secara teknis, mengandung kayu.

    Diantara kelebihan dan kelemahannya adalah bahan laminasi tahan terhadap goresan, pemasangan mudah, dan murah. Namun, rentan terhadap kerusakan pada kelembaban, licin, dan tidak dapat diperbaiki.

  • Lantai Papan Vinil Mewah
    Menampilkan versi yang terlihat mirip dengan kayu alami, sama hal nya dengan laminasi. Lantai papan tidak perlu menempelkannya ke subfloor.

    LVP juga mudah untuk pemasangannya, dan dapat tahan dengan kelembaban tinggi.
    Untuk tampilan kayu imitasi, bahan ini sedikit lebih tebal dengan emboss yang lebih dalam.

  • Ubin Keramik Motif Kayu
    Ubin keramik biasanya berukuran kotak besar 4 sampai 16 inci persegi, dan biasanya penampilan barunya lebih panjang dan sempit.

    Tapi itu sebuah format yang dibutuhkan kalau kamu ingin menggunakan ubin keramik untuk mensimulasikan lantai kayu asli.

Baca selanjutnya

interior ruang keluarga dapur konsep open plan
Wednesday, June 29 2022
Posted by Fadhil Rahman
kelebihan dan kekurangan lantai kayu
Tuesday, June 21 2022
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Lantai Motif Kayu: motif kayu
Friday, December 23 2022
Posted by Ega Putri Dwiyanti

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id