fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

7 Model Pilar Teras Rumah Yang Memukau Dan Jarang Diketahui

Posted by Kumala Devanty Friday, June 16 2023

Interiordesign.id – Pilar teras rumah adalah elemen arsitektur yang penting dalam merancang tampilan luar rumah. 

Pilar teras rumah tidak hanya berfungsi sebagai penopang struktural, tetapi juga memberikan sentuhan estetika yang menarik pada tampilan fasad bangunan.

Model pilar teras yang dipilih dengan bijak dapat mengubah penampilan keseluruhan rumah dan menciptakan daya tarik visual yang luar biasa.

Ada beberapa model pilar teras rumah yang mungkin akan cocok dengan gaya rumah yang Anda desain.

7 Model Pilar Teras Rumah Yang Memukau Dan Jarang Diketahui

Berikut ini adalah 7 model pilar teras rumah yang memukau yang dapat Anda pertimbangkan:

Model Pilar Teras Rumah: Pilar Tapered

Pilar tapered adalah jenis pilar yang memiliki bentuk mengecil ke atas atau ke bawah. 

Bentuknya mirip dengan kerucut atau piramida terbalik, dengan diameter yang lebih besar di bagian bawah dan lebih kecil di bagian atas, atau sebaliknya. 

Model pilar teras rumah ini sering digunakan dalam desain arsitektur modern karena memberikan tampilan yang unik dan estetis.

Penggunaan pilar tapered memiliki beberapa keuntungan. Pertama, bentuknya yang mengecil memberikan kesan visual yang menarik. 

Pilar tapered dapat menciptakan ilusi optik yang membuat teras rumah atau bangunan terlihat lebih tinggi atau lebih ramping. 

Hal ini dapat memberikan tampilan yang elegan dan memikat.

Pilar tapered dapat terbuat dari berbagai bahan, seperti beton, logam, atau kayu. Bahan yang dipilih tergantung pada kebutuhan dan gaya arsitektur rumah atau bangunan. 

Beberapa pilar tapered modern juga dapat dilengkapi dengan teknologi pencahayaan tersembunyi untuk menciptakan efek visual yang dramatis pada malam hari.

Model Pilar Teras Rumah: Pilar Kayu Cedar

Pilar cedar mengacu pada pilar yang terbuat dari kayu cedar. Kayu cedar adalah jenis kayu yang berasal dari pohon cedar yang tahan terhadap serangan serangga dan kelembaban. 

Pemilihan kayu cedar sebagai bahan pilar teras rumah memiliki beberapa keuntungan yang menonjol.

Pertama-tama, kayu cedar memiliki daya tahan yang tinggi terhadap kerusakan dan pembusukan. 

Ini membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk model pilar teras rumah yang terpapar langsung dengan elemen cuaca seperti hujan, sinar matahari, dan kelembapan. 

Kayu cedar juga tahan terhadap serangan serangga, termasuk rayap, yang dapat merusak struktur kayu.

Selain itu, kayu cedar memiliki tampilan yang indah dan alami. Kayu ini memiliki warna yang kaya, mulai dari coklat kemerahan hingga kecokelatan yang lebih terang.

Model Pilar Teras Rumah: Pilar Gabion

Pilar gabion adalah jenis pilar yang terbuat dari struktur anyaman kawat dan diisi dengan material batu atau kerikil. 

Konstruksi model pilar teras rumah gabion ini sering digunakan dalam desain lanskap dan arsitektur untuk memberikan keindahan dan fungsi yang unik.

Pilar gabion terdiri dari kerangka kawat yang kuat yang membentuk wadah terbuka. 

Wadah ini kemudian diisi dengan batu-batuan alam atau kerikil, menciptakan tampilan yang menarik dan sekaligus memperkuat struktur pilar. 

Penggunaan batu alam atau kerikil memberikan kesan alami dan organik pada pilar gabion.

Keuntungan utama dari pilar gabion adalah kekuatannya yang luar biasa. Konstruksi anyaman kawat dan pengisian batu-batuan menciptakan struktur yang kokoh dan tahan lama. 

Pilar gabion mampu menahan beban dan tekanan yang signifikan, membuatnya cocok untuk berbagai aplikasi, termasuk pilar teras rumah, pagar, dan dinding penahan.

Pilar Tuscan

Pilar Tuscan adalah elemen arsitektur yang sering ditemukan dalam gaya arsitektur Tuscan yang khas. 

Gaya arsitektur Tuscan terinspirasi oleh desain tradisional Italia, khususnya di wilayah Tuscany. Pilar Tuscan memiliki ciri khas yang membedakannya dari gaya arsitektur lainnya.

Pilar Tuscan umumnya memiliki bentuk yang sederhana dan kuat. Biasanya terbuat dari batu alam, seperti batu bata atau batu kapur, yang memberikan kesan yang kokoh dan tahan lama. 

Model pilar teras rumah ini seringkali memiliki tekstur yang kasar atau terlihat “tidak sempurna”, menciptakan nuansa yang organik dan alami.

Salah satu fitur yang mencolok dari pilar Tuscan adalah ornamen yang terbatas. Pilar ini cenderung memiliki desain yang sederhana, dengan sedikit atau tanpa ukiran atau detail yang rumit. 

Namun, tetap menampilkan keindahan melalui bentuk, proporsi, dan material yang digunakan.

Pilar Kayu Rustik

Pilar kayu rustik adalah elemen arsitektur yang terbuat dari kayu dengan desain yang mencerminkan gaya rustik atau pedesaan. 

Kayu yang digunakan biasanya memiliki tampilan alami, dengan serat dan tekstur yang terlihat jelas. Pilar kayu rustik memberikan sentuhan yang hangat dan alami pada desain rumah atau bangunan.

Salah satu ciri khas dari model pilar teras rumah kayu rustik adalah keasliannya. 

Kayu yang digunakan sering kali tidak diolah secara berlebihan, mempertahankan penampilan alami dari kayu itu sendiri. 

Serat kayu, noda nya, dan perbedaan warna memberikan karakteristik yang unik dan estetika yang khas pada pilar kayu rustik.

Pilar kayu rustik sering kali memiliki bentuk yang sederhana dan kasar. Tidak memiliki ornamen yang rumit, tetapi tetap menampilkan keindahan melalui kesederhanaan desain. Pilar ini menghadirkan nuansa pedesaan yang hangat dan mengundang.

Pilar Minimalis

Pilar minimalis adalah elemen arsitektur yang terkait dengan gaya desain minimalis. 

Gaya desain minimalis menekankan kesederhanaan, ketertiban, dan kebersihan dalam elemen-elemennya, termasuk pilar.

Pilar minimalis memiliki bentuk yang sederhana dan clean. Mereka cenderung memiliki garis lurus dan tegas, tanpa ornamen yang rumit atau detail yang berlebihan. 

Model pilar teras rumah ini mengedepankan keindahan dalam kesederhanaan, dengan fokus pada bentuk geometris dan proporsi yang proporsional.

Ukuran pilar minimalis juga cenderung proporsional dan seimbang. 

Pilar ini  dapat memiliki dimensi yang besar untuk memberikan kekuatan struktural, atau ukuran yang lebih kecil untuk menciptakan kesan yang lebih ringan. 

Proporsi yang tepat menjadi fokus utama dalam desain pilar minimalis.

Baca juga : Tiang Teras Rumah Sederhana: Cara Mendesain, Cara Merawat, dan Tantangannya 

Pilar Batu Bata

Pilar batu bata adalah elemen arsitektur yang terbuat dari bahan batu bata. Batu bata adalah bahan bangunan yang terkenal dan telah digunakan selama berabad-abad. 

Pilar batu bata memberikan kekuatan, kestabilan, dan estetika yang unik pada desain rumah atau bangunan.

Pilar batu bata memiliki tampilan yang klasik dan tahan lama. Batu bata memiliki tekstur yang kasar dan karakteristik yang khas, dengan warna yang bervariasi dari merah bata hingga coklat atau abu-abu. 

Pilar ini menciptakan suasana yang hangat, alami, dan memberikan nuansa tradisional pada desain bangunan.

Selain itu, pilar batu bata juga menawarkan fleksibilitas dalam desain. Batu bata dapat diatur dalam berbagai pola, seperti pola lurus atau pola jalinan. 

Pola-pola ini memberikan keindahan visual dan keunikan pada pilar batu bata. Penggunaan batu bata sebagai material juga memungkinkan penggunaan ornamen dan ukiran yang dapat menambah keindahan pada pilar.

Penutup

Dalam memilih model pilar teras rumah, perhatikan gaya arsitektur rumah Anda dan lingkungan sekitarnya. 

Sesuaikan model pilar dengan keseluruhan desain rumah agar tercipta keselarasan dan keindahan yang menyeluruh. 

Ingatlah bahwa pilar teras tidak hanya berfungsi sebagai elemen struktural, tetapi juga sebagai penambah daya tarik visual yang luar biasa pada rumah Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id