fbpx
Hello, Guest

8 Model Sofa Bed Minimalis Nyaman dan Multifungsi!

Interiordesign.idSofa bed minimalis adalah pilihan furniture yang fungsional dan estetis untuk ruang yang lebih kecil atau ruang tamu yang ingin dimaksimalkan fungsinya.

Memiliki desain yang sederhana dan bersih, sofa jenis ini biasanya terdiri dari garis-garis lurus dan bentuk yang simpel menciptakan tampilan yang minimalis dan modern.

Warna netral seperti putih, abu-abu, coklat muda, atau hitam umumnya mendominasi palet sofa bed minimalis. Warna-warna ini menciptakan tampilan yang bersih dan serbaguna.

Sumber:Pinterest

Sofa bed biasanya hadir dalam ukuran yang kompak dan sesuai untuk ruang yang lebih kecil. Desainnya mempertimbangkan efisiensi ruang tanpa mengorbankan kenyamanan.

Salah satu fitur utama dari sofa bed adalah kemampuannya untuk berfungsi ganda sebagai tempat duduk dan tempat tidur. Mekanisme penyimpanan tempat tidur biasanya sederhana dan mudah digunakan.

Meskipun desainnya minimalis, sofa bed ini umumnya terbuat dari bahan-bahan yang tahan lama dan mudah dirawat, seperti kulit sintetis, kain linen, atau bahan yang serupa.

Kaki sofa bed seringkali ramping dan terbuat dari bahan seperti kayu atau logam. Ini membantu menciptakan tampilan yang ringan dan memudahkan pembersihan di bawah sofa.

Beberapa model sofa bed ini dapat memiliki desain modular atau dapat disesuaikan. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam penataan dan memungkinkan pengguna untuk mengadaptasi sofa sesuai dengan kebutuhan dan ruang yang tersedia.

Detail aksen pada sofa bed umumnya minimal. Mungkin ada jahitan yang rapi, tetapi umumnya dihindari ornamen atau dekorasi yang berlebihan.

Meskipun minimalis dalam desain, sofa bed ini tetap dirancang untuk memberikan tingkat kenyamanan yang memadai baik sebagai sofa maupun sebagai tempat tidur.

Sebelum membeli sofa bed yang minimalis, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan ruang, preferensi desain, dan anggaran. Pilihlah sofa bed yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda untuk menciptakan ruang yang fungsional dan estetis.

Baca Juga : Intip 8 Model Sofa Modern Minimalis Yang bikin Ruang Tamu Jadi Luar Biasa

8 Model Sofa Bed Minimalis yang Nyaman, Multifungsi dan Percantik Ruang Tamu

Untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman dan cantik dengan sofa bed minimalis, pertimbangkan beberapa model yang dapat memenuhi kriteria tersebut.

Berikut adalah beberapa model sofa bed yang dapat memberikan kenyamanan, multifungsi, dan percantik ruang tamu:

1. Sofa Bed dengan Desain Skandinavia

Sumber:Pinterest

Sofa bed minimalis dengan desain Skandinavia memiliki ciri-ciri yang khas dari gaya dekorasi Skandinavia yang terkenal dengan kesederhanaan, fungsionalitas, dan sentuhan alam. Berikut adalah beberapa ciri dari sofa bed dengan desain Skandinavia:

Bahan Alam: Sofa bed Skandinavia umumnya terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu, linen, atau kulit alami. Pilihan bahan ini menciptakan tampilan yang hangat dan terasa alami.

Desain Sederhana: Desainnya cenderung sederhana dan bersih, dengan garis-garis lurus dan bentuk geometris yang minimalis. Desain ini menciptakan tampilan yang ringan dan teratur.

Warna Netral dan Lembut: Warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan krem mendominasi palet warna sofa bed Skandinavia. Warna-warna lembut ini menciptakan tampilan yang cerah dan bersahaja.

Kaki Kayu: Kaki sofa yang terbuat dari kayu adalah ciri khas Skandinavia. Kaki kayu seringkali ramping dan dapat dicat atau dibiarkan dalam warna kayu alam.

Bantal Ekstra: Sofa bed Skandinavia sering dilengkapi dengan bantal-bantal ekstra, baik berukuran besar maupun kecil, untuk menambah kenyamanan dan sentuhan dekoratif.

Fungsionalitas Terintegrasi: Fungsionalitas penting dalam desain Skandinavia, dan sofa bed seringkali dirancang dengan mekanisme yang mudah digunakan untuk mengubahnya menjadi tempat tidur. Fungsionalitas ini sering terintegrasi dengan baik dalam desainnya.

Tekstur Alami: Tekstur alami seperti serat linen atau wol sering digunakan pada bantal atau pelapis sofa. Ini menambahkan sentuhan kehangatan dan kenyamanan.

Desain Modular atau Sudut: Sofa bed Skandinavia dapat hadir dalam desain modular atau sudut untuk memberikan fleksibilitas dalam penataan ruang. Desain ini memungkinkan sofa bed untuk disesuaikan dengan kebutuhan ruang dan kegiatan.

Aksen Pastel: Meskipun warna utamanya netral, sofa bed Skandinavia kadang-kadang dihiasi dengan aksen warna pastel seperti biru muda, mint, atau merah muda. Aksen ini memberikan sentuhan keceriaan pada desain.

Pencahayaan Alami: Pemilihan bahan dan warna yang cerah dalam desain sofa bed Skandinavia bertujuan untuk memaksimalkan pencahayaan alami. Jadi, mereka sering dirancang untuk membiarkan cahaya matahari memasuki ruang dengan mudah.

Kombinasi Material: Beberapa desain sofa bed Skandinavia dapat mengkombinasikan berbagai bahan seperti kayu, logam, dan kain untuk menciptakan kontras yang menarik.

Sofa bed dengan desain Skandinavia adalah pilihan yang tepat untuk mereka yang menyukai tampilan yang bersih, sederhana, dan hangat. Desainnya yang fungsional juga membuatnya cocok untuk ruang tamu atau kamar tidur tamu yang memerlukan solusi multifungsi.

Baca juga: Lebih dari Sekedar Kasur: Mengenal Sofa Bed Nyaman yang Multifungsi

 

2. Sofa Bed L-Shaped

Sumber:Pinterest

Sofa bed L-shaped atau sofa bed minimalis berbentuk L adalah solusi furniture yang fungsional dan fleksibel. Berikut adalah lima poin utama tentang sofa bed L-shaped:

Desain Ruang yang Efisien: Sofa bed L-shaped dirancang dengan bentuk sudut, menciptakan tatanan yang efisien untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Bentuk sudut ini memaksimalkan pemanfaatan sudut-sudut ruangan yang mungkin tidak terpakai.

Penyimpanan Tambahan: Banyak model sofa bed L-shaped dilengkapi dengan penyimpanan tambahan di bawah tempat duduk atau dalam bagian-chaise. Ini menjadi ruang tambahan untuk menyimpan selimut, bantal, atau barang-barang kecil lainnya, membantu menjaga ruangan tetap teratur.

Fleksibilitas sebagai Tempat Tidur Tambahan: Dengan kemampuannya yang dapat dilipat, sofa bed L-shaped dapat dengan mudah diubah menjadi tempat tidur tambahan. Hal ini sangat berguna ketika ada tamu yang menginap atau ketika Anda ingin memberikan opsi tambahan untuk tidur.

Tatanan yang Terbuka dan Ramah Sosial: Bentuk L-shaped menciptakan tatanan yang terbuka dan ramah sosial, memungkinkan orang untuk duduk menghadap satu sama lain dengan mudah. Ini menciptakan atmosfer yang nyaman dan mendukung percakapan.

Kemampuan Penyusunan Ulang: Sofa bed L-shaped sering memiliki bagian yang dapat disusun ulang, memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang bentuknya sesuai dengan kebutuhan dan tata letak ruangan. Ini memberikan fleksibilitas tambahan dalam desain interior.

Sofa bed L-shaped cocok untuk ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang hiburan yang menginginkan furniture yang multifungsi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Desainnya yang modern dan fungsional membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk rumah-rumah dengan ruang terbatas.

3. Sofa Bed Futon

Sumber:Pinterest

Sofa bed minimalis futon adalah jenis furnitur serbaguna yang dapat digunakan sebagai sofa pada siang hari dan dilipat menjadi tempat tidur pada malam hari. Berikut adalah beberapa poin terkait sofa bed futon:

Desain Serbaguna: Sofa bed futon adalah furnitur serbaguna yang dapat digunakan sebagai sofa pada siang hari dan dilipat menjadi tempat tidur pada malam hari. Desainnya yang fleksibel memungkinkan ruang untuk berfungsi ganda tanpa memerlukan banyak ruang.

Konstruksi Sederhana: Futon terdiri dari dua bagian utama, yaitu kerangka (biasanya terbuat dari kayu) dan kasur. Desainnya yang sederhana memungkinkan futon dengan mudah dilipat dan disimpan ketika tidak digunakan sebagai tempat tidur.

Kasur Tipis: Kasur futon umumnya lebih tipis dibandingkan dengan kasur tempat tidur tradisional. Ini menjadikannya solusi yang baik untuk ruang yang terbatas di mana tidak ada ruang untuk tempat tidur yang lebih besar atau kasur yang tebal.

Banyak Pilihan Materi dan Warna: Futon tersedia dalam berbagai jenis kain, termasuk katun, linen, atau kulit sintetis. Selain itu, Anda dapat memilih dari berbagai warna dan pola, memungkinkan Anda menyesuaikan futon dengan dekorasi ruangan Anda.

4. Sofa Bed Sectional

Sumber:Pinterest

Sofa bed sectional adalah pilihan furnitur yang populer karena menawarkan ruang duduk yang luas dan fungsi tempat tidur tambahan. Berikut adalah lima poin yang dapat menjelaskan sofa bed sectional:

Desain Modular: Sofa bed sectional memiliki desain modular yang memungkinkan bagian-bagian dapat disusun ulang sesuai dengan kebutuhan dan tata letak ruangan. Ini memberikan fleksibilitas dalam penataan dan penyesuaian sesuai dengan ruang yang tersedia.

Fungsionalitas Tempat Tidur Tambahan: Salah satu keunggulan utama sofa bed sectional adalah kemampuannya untuk berfungsi sebagai tempat tidur tambahan. Beberapa model dilengkapi dengan tempat tidur yang dapat ditarik keluar atau lipat ke dalam, memberikan solusi tidur yang nyaman.

Ruangan Luas untuk Duduk: Sectional sofa bed menawarkan ruang duduk yang luas dan nyaman. Dengan bentuk sudut atau melingkar, sofa ini dapat menampung banyak orang tanpa mengorbankan kenyamanan.

Penyimpanan Tambahan: Beberapa model sofa bed sectional dilengkapi dengan ruang penyimpanan tambahan di bagian bawah tempat duduk atau di bagian arm rest. Ini bisa menjadi tempat yang baik untuk menyimpan selimut, bantal, atau barang-barang kecil lainnya.

Desain Estetis yang Menarik: Sofa bed sectional hadir dalam berbagai desain estetis yang menarik, dari yang modern hingga yang klasik. Pilihan warna, bahan, dan detail desain memungkinkan pemilihan yang sesuai dengan gaya dekorasi ruangan Anda.

Sofa bed sectional adalah solusi furniture yang praktis dan serbaguna untuk ruang tamu atau ruang keluarga yang membutuhkan tempat duduk ekstra dan opsi tempat tidur tambahan. Desainnya yang modular dan fungsional membuatnya cocok untuk berbagai tata letak ruangan.

5. Sofa Bed Berdesain Retro

Sumber:Pinterest

Sofa bed minimalis berdesain retro menonjolkan elemen-elemen yang terinspirasi dari gaya desain dari era 1950-an hingga 1970-an. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan ciri-ciri sofa bed berdesain retro:

Warna dan Pola Cerah: Sofa bed berdesain retro sering berpola geometric atau floral dan palet warna yang cerah dan mencolok, seperti oranye, kuning, hijau, atau merah. Warna-warna ini menciptakan tampilan yang ceria dan energetik.

Bentuk dan Garis-Garis Klasik: Bentuk sofa bed retro biasanya mengikuti garis-garis klasik dari era tersebut, termasuk bentuk yang geometris dan kontur yang melengkung. Contohnya, bisa berupa kaki sofa yang cembung atau bagian sandaran dengan desain yang unik.

Material dan Detail Khas: Material klasik seperti kayu dapat ditemukan pada kaki sofa, seringkali dalam bentuk kaki kerucut atau kaki yang menjulang. Bahan-bahan seperti kulit atau vinil dengan tekstur khas retro juga sering digunakan.

Aksen Logam dan Krom: Aksen logam, terutama krom, sering digunakan pada kaki sofa atau bagian-bagian tertentu untuk menambahkan sentuhan metalik yang mengkilap. Ini adalah ciri khas desain retro yang mencerminkan pengaruh futuristik dari era tersebut.

Kemewahan yang Sederhana: Sofa bed retro sering dirancang dengan kemewahan yang sederhana. Pemilihan bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan detail yang diperhatikan memberikan kesan elegan tanpa kelebihan dekoratif.

Sofa bed berdesain retro adalah pilihan yang cocok untuk mereka yang menyukai estetika klasik, warna cerah, dan elemen dekoratif yang mencolok. Desainnya yang khas dapat memberikan sentuhan vintage yang menarik bagi ruang tamu atau ruang tidur.

6. Sofa Bed dengan Sistem Recliner

Sumber:Pinterest

Sofa bed minimalis dengan sistem recliner menyatukan kenyamanan tempat duduk dan kemampuan untuk diubah menjadi tempat tidur. Berikut adalah penjelasan sebanyak 5 poin tentang sofa bed dengan sistem recliner:

Fungsionalitas Ganda: Sofa bed dengan sistem recliner menawarkan fungsionalitas ganda sebagai tempat duduk sehari-hari dan tempat tidur ekstra saat diperlukan. Ada mekanisme memungkinkan bagian sofa untuk mendukung kaki dan merendahkan punggung, memberikan kenyamanan maksimal.

Mekanisme Recliner Elektrik atau Manual: Sistem recliner pada sofa bed dapat menggunakan mekanisme elektrik atau manual. Mekanisme elektrik seringkali dilengkapi dengan remote control atau panel sentuh untuk mengatur posisi recliner dengan mudah, sementara mekanisme manual menggunakan tuas atau pegangan untuk menyesuaikan posisi.

Kenyamanan Ekstra: Recliner pada sofa bed memberikan kenyamanan ekstra dengan kemampuan untuk memposisikan bagian sofa sesuai dengan preferensi pengguna. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menemukan posisi yang paling nyaman untuk duduk, bersantai, atau bahkan tidur.

Desain Ergonomis: Sistem recliner pada sofa bed dirancang dengan prinsip ergonomis untuk mendukung postur tubuh yang nyaman. Beberapa model memiliki fitur-fitur tambahan seperti penyangga leher atau penyangga pinggang yang dapat diatur untuk meningkatkan kenyamanan.

Pilihan Bahan dan Gaya yang Beragam: Sofa bed dengan sistem recliner hadir dalam berbagai pilihan bahan dan gaya. Pengguna dapat memilih antara kulit, kain, atau bahan lainnya sesuai dengan preferensi dan tata ruang. Desainnya pun beragam, mulai dari yang modern hingga yang klasik.

Sofa bed dengan sistem recliner adalah solusi yang ideal untuk mereka yang mencari furnitur multifungsi dengan kenyamanan tambahan. Fitur recliner menambah dimensi fungsionalitas dan kenyamanan pada sofa bed, menjadikannya pilihan yang baik untuk ruang tamu, ruang keluarga, atau bahkan kamar tidur tamu.

7. Sofa Bed Modern dengan Desain Geometris

Sumber:Pinterest

Sofa bed modern dengan desain geometris adalah pilihan yang memadukan estetika kontemporer dengan elemen-elemen geometris yang tajam dan menarik. Berikut adalah penjelasan sebanyak 5 poin tentang karakteristik sofa bed modern dengan desain geometris:

Garis-Garis dan Sudut Tajam: Sofa bed ini menampilkan garis-garis dan sudut yang tajam, menciptakan tampilan yang modern dan dinamis. Desain geometrisnya sering kali mencakup bentuk-bentuk seperti persegi, segitiga, atau pola-pola yang bersifat geometris.

Desain Minimalis: Sofa bed dengan desain geometris cenderung memiliki pendekatan minimalis dengan elemen-elemen dekoratif yang terbatas. Fokus pada bentuk-bentuk geometris dan garis-garis bersih menciptakan tampilan yang sederhana dan futuristik.

Pilihan Warna Berani atau Kontras: Warna-warna yang berani atau kontras sering digunakan dalam desain sofa bed geometris modern. Misalnya, kombinasi hitam dan putih, atau warna netral dengan aksen berani seperti merah, biru, atau kuning dapat menciptakan tampilan yang mencolok.

Material dan Tekstur Modern: Material yang digunakan pada sofa bed ini biasanya bersifat modern, seperti kulit sintetis, microfiber, atau kain dengan tekstur halus. Permukaan yang bersih dan finishing yang modern mencocokkan estetika geometris yang diusung.

Fungsionalitas dan Kemudahan Penggunaan: Meskipun memiliki desain yang menarik, sofa bed dengan elemen geometris juga dirancang dengan fungsionalitas tinggi. Mekanisme pembukaan dan penutupan sofa bed seringkali mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengubahnya dari sofa menjadi tempat tidur.

Penting untuk dicatat bahwa desain geometris pada sofa bed modern dapat bervariasi dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks tergantung pada preferensi dan gaya pilihan Anda. Kombinasi antara bentuk-bentuk geometris yang menarik dan kenyamanan fungsional membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk ruang tamu atau kamar tidur tamu dengan nuansa kontemporer.

8. Sofa Bed Mid-Century

Sumber:Pinterest

Sofa Bed Mid-Century adalah furnitur yang mengadopsi gaya desain Mid-Century Modern, yang populer pada periode pertengahan abad ke-20, khususnya sekitar tahun 1940 hingga 1960-an. Berikut adalah penjelasan singkat tentang Sofa Bed Mid-Century dalam 5 poin:

Desain Sederhana dan Bersih: Sofa Bed Mid-Century menampilkan desain yang sederhana, bersih, dan minimalis. Garis-garis lurus dan bentuk geometris yang simpel menciptakan tampilan yang elegan dan fungsional.

Bahan dan Finishing yang Khas: Bahan-bahan alami seperti kayu, kulit, atau kain wol sering digunakan pada Sofa Bed Mid-Century. Kayu seringkali muncul dalam kaki sofa atau kerangka, dan bisa memiliki finishing yang khas seperti cat kayu walnut atau coklat gelap.

Warna-Warna Berani: Meskipun desain Mid-Century sering menekankan warna netral, Sofa Bed Mid-Century juga dapat hadir dalam warna-warna berani seperti merah, kuning, atau biru yang cerah. Warna-warna ini menambahkan sentuhan keceriaan pada ruang.

Fungsionalitas Multiguna: Mirip dengan gaya Mid-Century Modern pada umumnya, Sofa Bed Mid-Century dirancang dengan fungsionalitas yang penting. Mekanisme sofa bed-nya biasanya mudah digunakan, sehingga dapat berfungsi ganda sebagai tempat duduk dan tempat tidur.

Aksen Retro dan Futuristik: Beberapa model Sofa Bed Mid-Century dapat memiliki aksen yang mencerminkan estetika retro dan futuristik dari periode tersebut. Misalnya, kaki sofa yang miring atau bentuk geometris yang unik dapat menambahkan sentuhan khas Mid-Century pada furnitur tersebut.

Sofa Bed Mid-Century adalah pilihan yang tepat untuk mereka yang menginginkan gabungan antara fungsionalitas, keindahan desain, dan sentuhan nostalgia retro dalam ruang tamu atau kamar tidur tamu mereka. Desainnya yang timeless membuatnya tetap populer hingga saat ini.

 

Penutup

Seperti yang sudah kita bahas di atas tentang model sofa bed minimalis yang dapat memberikan kenyamanan, multifungsi, dan percantik ruang tamu.  

Meskipun desainnya minimalis, sofa bed ini umumnya terbuat dari bahan-bahan yang tahan lama dan mudah dirawat, seperti kulit sintetis, kain linen, atau bahan yang serupa.

Sofa bed jenis ini merupakan pilihan yang tepat untuk mereka yang menyukai tampilan yang bersih, sederhana, dan hangat. Desainnya yang fungsional juga membuatnya cocok untuk ruang tamu atau kamar tidur tamu yang memerlukan solusi multifungsi.

Ada berbagai model sofa bed minimalis yang dapat memberikan kenyamanan, multifungsi, dan percantik ruang tamu, diantaranya: sofa bed gaya skandinavia, L-Shaped, Futon, Sectional, Retro, Recliner, modern geometris dan mid-century.

Pilihlah model sofa bed yang sesuai dengan preferensi desain Anda dan memperhatikan kebutuhan fungsional ruang tamu Anda. Pastikan juga untuk memeriksa kualitas bahan dan mekanisme sofa bed untuk memastikan daya tahan dan kenyamanan yang optimal.

 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Saturday, December 10 2022
Posted by Christoper Wibisono

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id