Murah dan Ramah Lingkungan, ‘Hempcrete’ Material Rumah yang Terbuat dari Serat Tanaman Ganja

Posted by HinaYana  •  Thursday, February 16 2017

Saat ini kontraktor-kontraktor bangunan dunia yang tergabung ke dalam The International Hemp Building Association, telah banyak menggunakan dan merekomendasikan hemp sebagai material utama sebuah bangunan.

Interiordesign.id – Pernah dengar istilah hempcrete? Adalah sejenis material untuk konstruksi rumah menyerupai batu bata namun terbuat dari serat tanaman ganja yang dikenal dengan nama Hemp.

Hempcrete memiliki keunggulan dibanding batu bata biasa atau konvensional, hempcrete sangat ringan, anti pecah dan juga yang terpenting adalah zero carbon.

Dari Wikipedia, Hemp adalah istilah umum yang digunakan untuk varietas tanaman ganja dan produk-produknya yang melibuti serat, minyak dan biji.

Dalam tanya jawab seputar Hemp, Lingkar Ganja Nusantara (LGN) menyebutkan bahwa Hemp memang merupakan jenis yang berbeda dari tanaman ganja biasa seperti mariyuana, Hemp adalah salah satu varietas dari pohon Cannabis Sativa L yang digunakan untuk keperluan industri.

push house by pushdesign Desain rumah hemp modern.

Saat ini kontraktor-kontraktor bangunan dunia yang tergabung ke dalam The International Hemp Building Association, telah banyak menggunakan dan merekomendasikan hemp sebagai material utama sebuah bangunan. Selain ‘eco friendly’ alias ramah lingkungan, penggunaan hemp seperti di lansir dari The Hemp builder, adalah di antaranya fire resistant, sound proof, anti toxic, thermal insulation, resistant to rat and mice, dan pastinya sangat murah.

HemPod Eksperimen rumah mungil menggunakan hemp, dengan kisaran harga sekitar 600an ribu rupiah saja.

The Hemp Builder / Pinterest interior kamar mandi dengan dinding yang seluruhnya menggunakan hemp.

Dapat dibayangkan tingkat keamanan dan kenyamanan seperti apa yang akan didapat jika menggunakan material bangunan dari Hemp ini.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader