fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Panduan Untuk Bisnis Cafe Konsep Outdoor

Konsep Cafe Outdoor

Cafe atau Coffee Shop biasanya di desain dengan sangat menarik dan instagram-able supaya membuat tamu merasa nyaman dan betah berlama-lama di cafe.

Interiordesign.id – Konsep cafe outdoor adalah, konsep pembukaan sebuah cafe yang dilengkapi dengan area luar atau terbuka, sebagai tempat duduk bagi pengunjung. Area tersebut bisa berupa taman, teras, atau area terbuka lainnya yang menyediakan suasana alam dan udara segar bagi pengunjung. Konsep ini biasanya digemari oleh masyarakat yang menyukai suasana alami dan santai saat beraktivitas di cafe.

Secara umum cafe adalah tempat yang nyaman untuk berbincang dan bersantai, dimana pengunjung yang datang dapat memesan makanan dan minuman yang telah disediakan oleh cafe tersebut.

Jika kamu berniat untuk membuka sebuah usaha cafe dengan tema luar ruangan, maka banyak hal yang harus kamu perhatikan contohnya seperti yang akan dijelaskan dibawah ini :

Alat Alat yang harus di siapkan Konsep Cafe Outdoor

  1. Peralatan dapur seperti oven, kompor, atau peralatan masak lainnya harus disiapkan untuk memasak makanan dan minuman yang akan dijual di cafe.
  2. Peralatan servis seperti gelas, piring, atau sendok harus disiapkan untuk melayani pengunjung.
  3. Peralatan penyajian seperti pemotong buah, pisau, atau alat-alat lain yang dibutuhkan untuk menyajikan makanan dan minuman harus disiapkan.
  4. Peralatan keamanan seperti alarm, kamera, atau peralatan lainnya harus disiapkan untuk menjaga keamanan cafe.
  5. Peralatan pembersih seperti sikat, sapu, atau peralatan pembersih lainnya harus disiapkan untuk membersihkan area dalam dan luar cafe secara teratur.
  6. Peralatan pemeliharaan seperti alat potong rumput, alat pemangkas, atau peralatan lainnya yang dibutuhkan untuk merawat area luar cafe harus disiapkan.
  7. Alat hiburan seperti speaker, TV, atau permainan harus disiapkan untuk menghibur pengunjung saat menunggu pesanan atau menikmati suasana di cafe.

Kelebihan dan Kekurangan Cafe Outdoor

Kelebihan

Suasana alami : Area luar yang terbuka memberikan pengunjung kesan segar dan alami, sehingga dapat menyegarkan pikiran dan meningkatkan kualitas pengalaman saat beraktivitas di cafe.

Udara segar : Udara di luar lebih segar dan bersih dibandingkan dengan udara di dalam ruangan, sehingga dapat membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan sehat.

Pemandangan : Pemandangan alam yang indah dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung, seperti melihat pemandangan gunung, laut, atau taman yang indah.

Kekurangan

Cuaca : Cuaca yang buruk seperti hujan, panas, atau angin kencang dapat membuat pengunjung tidak nyaman dan merugikan bisnis cafe.

Keamanan : Area luar yang terbuka dapat membuat pengunjung merasa kurang aman, terutama pada malam hari atau saat cuaca buruk.

Perawatan : Memerlukan perawatan yang lebih sering dan berkelanjutan dibandingkan dengan area dalam, seperti membersihkan taman, menyiram tanaman, atau membuat jalan yang aman.

Keunggulan dari konsep cafe outdoor adalah:

Area luar yang terbuka memberikan pengunjung kesan segar dan alami, sehingga dapat menyegarkan pikiran dan meningkatkan kualitas pengalaman saat beraktivitas di cafe.

Udara di luar lebih segar dan bersih dibandingkan dengan udara di dalam ruangan, sehingga dapat membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan sehat.

Pemandangan alam yang indah dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung, seperti melihat pemandangan gunung, laut, atau taman yang indah.

Konsep cafe outdoor dapat digunakan pada berbagai macam lokasi, seperti taman, pantai, atau pegunungaKonsep cafe outdoor dapat menarik perhatian pengunjung yang mencari suasana alami dan santai saat beraktivitas di cafe.

Menjangkau konsumen baru yang mencari suasana yang berbeda dan tidak tersedia di cafe biasa.

Memperluas jangkauan bisnis dengan menyediakan area luar yang dapat digunakan untuk acara-acara seperti pesta, konser, atau acara lainnya.

Langkah Awal Memulai Cafe Outdoor

  1. Riset lokasi yang sesuai dan potensial, serta melakukan analisis pasar untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi konsumen.
  2. Membuat rencana bisnis yang mencakup strategi pemasaran, perencanaan keuangan, dan rencana operasional.
  3. Membeli peralatan dapur, servis, penyajian, keamanan, dan pembersih serta peralatan hiburan yang dibutuhkan.
  4. Perencanaan desain cafe yang menarik dan sesuai dengan konsep cafe outdoor yang diinginkan.
  5. Melakukan pembangunan cafe sesuai dengan desain yang telah ditentukan dan memenuhi standar keamanan dan kesehatan.
  6. Melakukan pemeliharaan rutin pada area luar cafe, seperti pemangkasan rumput atau perawatan tanaman.
  7. Melatih staf untuk menjaga kualitas layanan dan produk yang ditawarkan.
  8. Melakukan promosi dan event-event untuk mengenalkan cafe kepada masyarakat dan meningkatkan jumlah pengunjung.
  9. Melakukan operasional cafe dengan baik dan efisien serta melakukan evaluasi secara berkala untuk mengevaluasi kinerja bisnis.

Perlu diingat bahwa proses membuat cafe outdoor memerlukan waktu, usaha dan modal yang cukup besar, oleh karena itu sebaiknya melakukan riset dan konsultasi dengan pakar untuk menentukan rencana bisnis yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda.

Anggaran untuk konsep cafe outdoor dapat bervariasi tergantung dari ukuran dan lokasi cafe, serta fasilitas yang ditawarkan. Namun, beberapa faktor yang harus diperhitungkan dalam anggaran adalah seperti :

  1. Pembelian peralatan dapur, servis, penyajian, keamanan, dan pembersih serta peralatan hiburan harus diperhitungkan dalam anggaran.
  2. Pembelian bahan baku untuk memasak makanan dan minuman harus diperhitungkan dalam anggaran.
  3. Biaya sewa atau pembelian lokasi cafe harus diperhitungkan dalam anggaran.
  4. Biaya perawatan dan pemeliharaan area luar cafe, seperti pemangkasan rumput atau perawatan tanaman harus diperhitungkan dalam anggaran.
  5. Biaya operasional seperti listrik, air, internet, telepon, dan biaya lainnya harus diperhitungkan dalam anggaran.
  6. Biaya pajak seperti pajak tanah, bangunan, atau pajak lainnya harus diperhitungkan dalam anggaran.
  7. Biaya promosi seperti iklan, event, atau promosi lainnya harus diperhitungkan dalam anggaran.

Namun, perlu diingat bahwa anggaran yang diperlukan dapat bervariasi tergantung dari faktor-faktor yang berbeda dan akan berubah-ubah seiring waktu. Sebaiknya melakukan riset dan konsultasi dengan pakar untuk menentukan anggaran yang sesuai dengan rencana bisnis anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id