fbpx
Hello, Guest

Pembatas Ruang Tamu : Cara Meningkatkan Privasi Pada Rumah

Pembatas Ruang Tamu : Cara Meningkatkan Privasi Pada Rumah

Penggunaan Pembatas ruang tamu pada rumah anda akan memberikan privasi tambahan

InteriorDesign.id – Pembatas ruang tamu adalah sebuah elemen atau furnitur yang digunakan untuk memisahkan atau membatasi area antara ruang tamu dengan area lainnya, seperti dapur, ruang makan, atau area lain dalam rumah. 

Pembatas ruang tamu bisa berupa partisi, rak buku, gorden atau pembatas ruangan. Fungsinya untuk memberikan privasi dan ruang yang lebih tertata di dalam rumah. 

Pinterest

Selain itu, pembatas ruang tamu juga dapat menjadi elemen dekoratif yang menarik untuk mempercantik tampilan ruang tamu.

Kenapa Harus Menggunakan Pembatas Ruang Tamu?

Pinterest

Pembatas ruang tamu dapat menjadi salah satu elemen penting dalam menciptakan tampilan yang indah dan fungsional pada ruang tamu Anda.

Selain dapat membagi ruangan menjadi area yang berbeda-beda, pembatas ruang tamu juga dapat memberikan sentuhan estetika yang menarik pada ruangan. 

Jenis Pembatas Ruang Tamu

Berikut adalah beberapa jenis pembatas ruang tamu yang dapat Anda pilih untuk mempercantik ruangan Anda:

#1 Pembatas Ruang Tamu Kayu

Pinterest

Pembatas ruang tamu dari kayu memberikan sentuhan alami dan hangat pada ruangan Anda. Tersedia dalam berbagai ukuran dan desain, partisi ruang tamu berbahan kayu dapat disesuaikan dengan tema dan dekorasi ruangan Anda. 

Pinterest

Selain itu, kayu juga tahan lama dan mudah dipelihara, sehingga menjadi pilihan yang praktis dan fungsional untuk pembatas ruang tamu Anda.

#2 Pembatas Ruang Tamu Kain

Pinterest

Kain pembatas ruang tamu dapat memberikan sentuhan elegan dan lembut pada ruangan Anda. Tersedia dalam berbagai warna dan corak, kain pembatas ruang tamu dapat disesuaikan dengan tema dekorasi kamar tidur Anda. 

Pembatas ruang tamu kain juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memisahkan ruangan dengan area yang lebih pribadi dan intim.

#3 Pembatas Ruang Tamu Kaca

Pinterest

Pembatas ruang tamu kaca memberi kesan modern dan minimalis pada ruangan Anda. Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, partisi kaca ruang tamu dapat memberikan efek visual yang menarik pada ruangan Anda. 

Selain itu, pembatas ruang tamu kaca juga memperkuat cahaya dan memberikan kesan yang lebih terang dan cerah pada ruangan.

#4 Pembatas Ruang Tamu Tanaman 

Pinterest

Pembatas ruang tamu dengan tanaman memberi sentuhan alami dan segar pada ruangan Anda. Tanaman dapat membantu menyaring udara dan membuat ruangan Anda lebih segar dan bersih.  

Pinterest

Selain itu, pembatas ruang tamu tanaman juga dapat menjadi elemen dekorasi yang menarik dan memberikan efek visual yang indah pada ruangan.

#5 Pembatas Ruang Tamu Kreatif 

Pinterest

Jika Anda ingin memberikan sentuhan yang lebih kreatif dan unik pada ruangan, Anda dapat mencoba untuk membuat pembatas ruang tamu yang tidak biasa. 

Pinterest

Misalnya, Anda dapat mencoba membuat pembatas ruang tamu dari jaring atau kain anyaman, atau bahkan membuat pembatas ruang tamu dari bahan-bahan daur ulang seperti kertas bekas atau kayu palet.

Fungsi lain Pembatas Ruang Tamu

Selain itu, perlu diingat bahwa Pembatas ruang tamu juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan atau meja samping. Anda bisa memilih sekat ruang tamu dengan rak atau lemari kecil untuk memberikan lebih banyak ruang penyimpanan di ruangan. 

Anda juga dapat memilih pembatas ruang tamu dengan meja samping, sehingga dapat memberikan area kerja atau tempat untuk meletakkan barang-barang kecil seperti kacamata atau remote TV.

Pinterest

Namun, perlu diingat bahwa saat menggunakan pembatas ruang tamu sebagai meja samping, pastikan untuk meletakkannya di tempat yang aman dan stabil. Pastikan partisi ruang tamu dapat menopang berat barang yang Anda letakkan di atasnya tanpa mudah terguncang atau terjatuh. 

Cara Memasang Pembatas Ruang Tamu

Pinterest

Saat memilih pembatas ruang tamu, pastikan untuk mempertimbangkan ukuran dan desain yang sesuai dengan ruangan Anda. pembatas ruang tamu juga perlu dipasang dengan kokoh dan stabil, tidak mudah jatuh sehingga membahayakan orang di sekitarnya.

Cara memasang pembatas ruang tamu tergantung pada jenis pembatas yang akan dipasang. Berikut adalah beberapa cara umum memasang pembatas ruang tamu:

#1 Dinding Partisi

Pinterest
  • Tentukan posisi dan ukuran partisi yang akan dipasang.
  • Pasang rangka besi atau kayu sebagai penyangga partisi.
  • Pasang partisi dengan menggunakan paku atau sekrup pada rangka yang sudah dipasang.
  • Berikan finishing pada partisi sesuai dengan keinginan.

#2 Rak Buku

Pinterest
  • Tentukan posisi rak buku yang akan dipasang.
  • Pasang konsol sebagai penyangga rak buku.
  • Pasang rak buku pada konsol dengan menggunakan sekrup atau paku.
  • Pastikan rak buku terpasang dengan kuat dan stabil.

#3 Tirai

Pinterest
  • Pasang kawat pengikat pada bagian atas ruangan yang akan dipasangi tirai.
  • Masukkan kait tirai pada kawat pengikat.
  • Pasang tirai pada kait dengan menggunakan tali atau kawat pengikat yang disediakan.
  • Atur tinggi dan lebar tirai sesuai dengan kebutuhan.

#4 Sekat Ruangan

Graha288

  • Tentukan posisi dan ukuran sekat ruangan yang akan dipasang.
  • Pasang rangka besi atau kayu sebagai penyangga sekat ruangan.
  • Pasang sekat ruangan dengan menggunakan paku atau sekrup pada rangka yang sudah dipasang.
  • Berikan finishing pada sekat ruangan sesuai dengan keinginan.

Pastikan pembatas ruang tamu terpasang dengan kuat dan stabil agar tidak mudah bergeser atau roboh. Jika memungkinkan, sebaiknya meminta bantuan tenaga ahli untuk memasang pembatas ruang tamu agar hasilnya lebih maksimal dan aman.

Cara Merawat Pembatas Ruang Tamu

Tentu saja! Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda merawat pembatas ruang tamu agar tetap awet dan cantik:

#1 Bersihkan secara rutin Rutin 

Kompas

Membersihkan pembatas ruang tamu penting dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keindahannya. Anda bisa membersihkannya dengan kain lembut yang dibasahi air bersih, lalu usap perlahan permukaan partisi ruang tamu hingga tidak ada kotoran lagi. 

Hindari penggunaan bahan kimia yang kuat untuk membersihkan pembatas ruang tamu agar tidak merusak bahan dan finishingnya.

#2 Hindari terkena air atau kelembapan

Arafuru

Beberapa jenis pembatas ruang tamu seperti sekat ruangan atau dinding partisi yang terbuat dari kayu atau MDF, rentan terkena kelembaban atau air. 

Hindari memasang pembatas ruang tamu di area yang sering terkena air, seperti di dekat dapur atau kamar mandi, dan pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik untuk mencegah tumbuhnya jamur.

#3 Lindungi dari sinar matahari langsung 

Jika pembatas ruang tamu terletak di area yang terkena sinar matahari langsung, sebaiknya dilindungi dengan menggunakan tirai atau gorden.

Pinterest

Hal ini bertujuan untuk mencegah warna dan finishing pembatas ruang tamu menjadi pudar atau terkena kerusakan akibat sinar UV.

#4 Perbaiki segera jika rusak 

Pinterest

Jika pembatas ruang tamu mengalami kerusakan seperti rusak, tergores atau pecah, segera perbaiki untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan memperpanjang umur partisi ruang tamu. 

Dengan merawat pembatas ruang tamu dengan baik, Anda dapat memperpanjang umur dan menjaga keindahan pembatas ruang tamu untuk waktu yang lama.

Keuntungan dan Kekurangan Pembatas Ruang Tamu

Pinterest

Menggunakan pembatas ruang tamu dapat memberikan beberapa keuntungan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Keuntungan:

  • Meningkatkan privasi 
    Partisi ruang tamu dapat membantu meningkatkan privasi di dalam rumah, apalagi jika ada area lain yang ingin dipisahkan, seperti dapur atau kamar tidur. 
  • Menambah nilai estetika 
    Pembatas ruang tamu bisa menjadi elemen dekoratif yang menarik dan menambah nilai estetika sebuah ruangan . 
    Terdapat berbagai macam model dan desain pembatas ruang tamu yang dapat disesuaikan dengan selera dan gaya dekorasi ruangan.
  • Membagi ruangan menjadi area yang lebih terorganisir 
    pembatas ruang tamu dapat membantu membagi ruangan menjadi area yang lebih teratur dan teratur. Hal ini dapat membuat ruangan lebih luas dan penggunaan lebih efisien. 

Kekurangan:

  • Membutuhkan ruang tambahan Pembatas ruang tamu membutuhkan ruang tambahan di dalam ruangan, sehingga jika ruangan terbatas, penggunaan pembatas ruang tamu dapat membuat ruangan terasa lebih sempit.
  • Biaya yang lebih mahal Pembatas ruang tamu yang baik dan berkualitas biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Jika dana terbatas, mungkin lebih baik memilih alternatif lain seperti gorden atau tirai.
  • Sulit untuk dipindahkan Beberapa jenis pembatas ruang tamu seperti dinding partisi atau sekat ruangan sulit untuk dipindahkan atau dipindahkan tanpa perlu membongkar rangka atau pasangannya. 
  • Hal ini bisa menjadi masalah jika ingin mengubah tata letak ruangan atau memindahkan pembatas ruang tamu ke ruangan lain.

Demikianlah beberapa keuntungan dan kekurangan menggunakan pembatas ruang tamu yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memasang pembatas ruang tamu di dalam rumah.

Kesimpulan 

Partisi ruang tamu bisa menjadi elemen kunci dalam menciptakan tampilan cantik dan fungsional di ruang tamu Anda. Memilih sekat ruang tamu yang tepat dapat menghadirkan estetika yang indah pada ruangan, sekaligus memberikan fungsi tambahan.

Saat memilih partisi ruang tamu, Anda juga harus mempertimbangkan keseimbangan antara fungsionalitas dan estetika. Partisi ruang tamu yang baik akan dapat membagi ruangan dengan jelas dan memberikan keindahan estetika pada ruangan Anda. 

Terakhir, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor harga ketika memilih pembatas ruang tamu. Harga pembatas ruang tamu dapat bervariasi tergantung pada bahan, ukuran, dan desainnya. 

Pastikan untuk memilih pembatas ruang tamu yang sesuai dengan anggaran Anda dan memberikan nilai yang sepadan dengan harganya. 

jika Anda masih bingung untuk menentukan pembatas ruang tamu yang cocok untuk anda. Anda bisa menyerahkannya kepada interiordesign.id. atau anda bisa berkonsultasi dengan desainer kami (disini) terlebih dahulu!

Baca selanjutnya

Jenis Partisi Ruangan
Wednesday, January 11 2023
Posted by Fauzi Rahman

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Jenis Partisi Ruangan
Wednesday, January 11 2023
Posted by Fauzi Rahman
Jenis Partisi Ruangan
Wednesday, January 11 2023
Posted by Fauzi Rahman

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id