kamar tidur dengan kombinasi warna cat biru dan putih

Pengaruh Warna pada Psikologi Seseorang

Posted by Emier Abdul Fiqih  •  Tuesday, April 23 2019

Pada dasarnya, setiap warna akan memberikan efek tertentu terhadap suasana hati seseorang saat ia berada di dalam ruangan tersebut.

Interiordesign.id – Warna merupakan salah satu elemen penting dalam desain interior dan eksterior sebuah rumah. Walau sering dianggap mudah dalam pemilihannya, namun tetap saja, pemilihan warna bisa sangat berpengaruh pada kenyamanan dan hal yang ingin ditunjukkan dari sebuah rumah.

Seringkali kita akan mengganti warna ruangan rumah jika merasa bosan dengan suasana dan warna yang itu-itu saja. Dan biasanya, kita akan cenderung untuk menggantinya dengan warna-warna favorit yang disukai.

Akan tetapi, alangkah lebih baik jika peggantian warna tersebut disesuaikan dengan dampak psikologis yang didapat. Terdengar sepele memang, namun faktanya, pilihan warna justru menunjukkan bahwa ia sangat memiliki pengaruh terhadap psikologi seseorang. Tentu saja kita tidak menginginkan berada di dalam ruangan yang tidak nyaman gegara pilihan warna catnya yang mungkin saja tidak sesuai.

Berikut adalah beberapa pilihan warna yang disesuaikan dengan tujuan dan fungsi dari ruangan-ruangan yang biasa digunakan untuk interior rumah.

Bacaan terkait:

Pilihan Warna Cat Interior Rumah; Mengenal Tipe Warna dan Psikologi Warna

Fungsi dan Pengaruh Warna Terhadap Suasana Hati

Warna Biru

Biru merupakan warna yang cenderung menonjolkan sisi ketenangan dan kenyamanan. Sehingga, alangkah baiknya, jika penggunaan warna ini lebih diarahkan untuk area kamar tidur dan kamar mandi.

Psikologi warna yang dapat dirasakan adalah rasa nyaman dan rileks saat berada di ruangan tersebut. Selain itu, warna biru juga bisa memberikan nuansa ruang yang dipercaya dalam memulihkan energi saat berisitirahat.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu berlebihan menggunakan warna biru di tiap ruangan. Hal ini akan memberikan kesan sedikit suram. Hindari penggunaan warna biru dengan mengombinasikannya dengan warna-warna ringan semisal putih, abu, dan lainnya.

kamar tidur dengan dinding warna biru

~ via rumahdekor

Baca juga:

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Warna Merah

Merah melambangkan sikap agresif, gairah, atau hasrat. Penggunaan warna ini akan mampu menstimulus dan memberi kesan energik bagi seseorang.

Dapur merupakan ruang yang sangat cocok untuk diberi sentuhan warna merah. Tetapi jangan pernah gunakan warna ini area kamar tidur seseorang yang mengalami kesulitan untuk mengendalikan perasaan tenang, karena hanya akan menjadikan orang tersebut semakin merasa gelisah. Selain itu juga, terlalu berlebihannya penggunaan warna merah akan cenderung melahirkan suasana yang terlalu dominan dalam satu ruangan.

area dapur dengan bagian dinding berwarna merah

~ via wp.com

Terkait:

Alternatif Pilihan Warna Terbaik untuk Rumah Minimalis

Warna Hijau

Hijau merupakan warna dasar alam khususnya tumbuh-tumbuhan yang biasa kita lihat sehari-hari. Penggunaan warna hijau bisa melahirkan suasana alam, harapan, dan rasa tenang yang menyegarkan ke dalam setiap ruang.

Kamar tidur remaja, ruang keluarga, dan ruang kerja merupakan beberapa ruangan yang pas dan cocok menggunakan warna hijau.

ruang keluarga dan ruang kerja dengan dinding warna hijau

~ via acehardware.co.id

Baca juga:

Tren Cat Warna Hijau, Pilihan Warna Ruangan Terbaru yang Paling Digemari

Warna Putih

Putih seringkali diasosiasikan dengan kebersihan dan kesucian. Pemilihan warna putih seringkali ditujukan untuk ruangan yang kurang cahaya alami karena warna ini mampu memantulkan 80 persen cahaya. Pemanfaatan warna putih sangat berkaitan dengan cahaya yang dihasilkan oleh lampu yang menyebarkan cahaya ke seluruh sudut ruangan.

Selain untuk ruangan yang kurang pencahayaan alami, putih biasanya banyak digunakan untuk ruangan berukuran kecil karena mampu menjadikannya terlihat lebih luas dan lapang. Efek yang diberikan oleh warna putih membuat ruangan terasa lebih lega, besar dan lebih hidup.

kamar tidur dengan suasana lapang, luas, lega dengan warna cat putih

Bacaan terkait:

Warna Cat Rumah Minimalis, Tidak Hanya Putih dan Netral Saja

Warna Kuning

Sama halnya seperti putih, warna kuning juga bisa memantulkan cahaya. Ia sangat cocok untuk ruang-ruang yang minim pencahayaan alami.

Meski demikian, kuning cenderung memberikan kesan rasa hangat dan ceria pada ruangan. Pemilihan warna kuning ini akan cocok bagi yang menginginkan kamar tidur dengan suasana yang dapat menghangatkan mood saat akan beristirahat.

kamar tidur dengan suasana hangat dan ceria dengan pilihan warna kuning

~ via dekorrumah.net

Demikianlah beberapa pilihan warna yang mampu memberikan efek atau dampak psikologis terhadap ruang, terutama terhadapa suasana hati atau mood seseorang. Tipsnya adalah, sesuaikan pilihan warna cat interior dengan efek psikologis yang ingin didapatkan. Dengan seperti itu, setiap ruangan di rumah bisa memberi efek positif dan juga bisa sesuai dengan karakter dan kepribadian setiap penghuninya.

Pilihan warna cat apa yang menjadi favorit Anda?

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , ,

Emier Abdul Fiqih

By Emier Abdul Fiqih

An enthusiast content writer who is a movie freak and video games lovers.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...