fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Pengertian Hiasan Meja, Sejarah, Jenis, hinggga Fungsi dan Manfaatnya

Hiasan meja

Hiasan meja jadi salah satu cara untuk percantik ruang yang penggunaannya sudah dilakukan sejak zaman dahulu.

Manusia dan estetika memang tak bisa dipisahkan, kebiasaan menata, merapikan, dan menghias dilakukan pada lingkungan terdekat seperti tempat tinggal hingga acara-acara tertentu sampai sebuah ritual ibadah.

Hiasan atau aksesori ruang tentunya memiliki banyak jenis dan peruntukannya seperti hiasan dinding, dan meja.

Pengertian Hiasan Meja

Tanaman hias untuk meja
Tanaman hias untuk meja

Hiasan meja adalah objek atau dekorasi yang digunakan untuk menghias atau mempercantik meja. Bentuknya dapat berupa pernak-pernik, bunga, lilin, atau barang-barang lain yang digunakan untuk menambah estetika meja. Tujuan dari hiasan meja adalah untuk meningkatkan kesan visual pada meja dan menciptakan suasana yang menarik.

Baca juga

DIY: 4 Ide Dekorasi Ruangan Menarik dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Awal Mula Manusia Menggunakan Hiasan Meja

Awal mula menggunakan hiasan meja

Tidak ada catatan yang pasti mengenai awal mula manusia mulai menghias meja. Namun, dapat dibayangkan bahwa sejak dahulu manusia sudah menghias meja untuk acara-acara khusus atau untuk menyambut tamu.

Pemahaman tentang estetika dan keindahan sudah ada sejak zaman dahulu, sehingga manusia sudah lama menggunakan berbagai jenis hiasan untuk menambah estetika dan suasana pada meja.

Hiasan meja zaman dahulu

Pemahaman tentang penghiasan meja dan peralatan makan secara formal, mulai digunakan pada masa kuno seperti pada zaman Mesir kuno, Yunani kuno dan Romawi kuno. Pada saat itu, orang-orang kaya dan kekuasaan menunjukkan status sosial dan kekayaan mereka dengan menggunakan peralatan makan yang indah dan hiasan meja yang mewah, yang seringkali dibuat dari logam mulia atau batu-batu berharga.

Dengan perkembangan peradaban, penghiasan meja menjadi lebih canggih dan rumit. Pada masa Renaissance di Eropa, peralatan makan dan hiasan meja menjadi lebih elegan dan kompleks. Kemudian pada periode Baroque dan Rococo, penghiasan meja menjadi lebih ekstravagans dan indah.

Pada saat ini, penghiasan meja masih digunakan untuk menambah estetika dan suasana pada meja, serta untuk menunjukkan status sosial dan kekayaan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, penghiasan meja juga digunakan untuk menambah nilai sentimental dan kesan personal.

Macam-macam Jenis Hiasan Meja

Vas bunga
Vas bunga

Vas bunga

Vase bunga digunakan untuk menampilkan bunga segar atau bunga kering. Vase bunga dapat berupa vase kaca, keramik, atau logam.

Baca juga

Aksesori Pot Bunga Menambah Keindahan Ruang

Lilin hiasan meja

Lilin

Lilin digunakan sebagai hiasan meja atau sebagai sumber cahaya. Lilin dapat ditempatkan dalam holder atau diatur dalam bentuk yang menarik.

Pernak-pernik

Pernak-pernik seperti batu-batuan, kayu, atau pernak-pernik lainnya dapat digunakan sebagai hiasan meja.

Jam meja antik
Jam meja antik

Barang-barang antik

Barang-barang antik seperti jam, lukisan, atau patung dapat digunakan sebagai hiasan meja.

Hiasan meja kulit kerang
Hiasan meja kulit kerang

Barang-barang dari alam

Batu-batuan, kerang-kerangan, atau ranting-ranting kayu dapat digunakan sebagai hiasan meja.

Hiasan meja keramik
Hiasan meja keramik

Buatan tangan

Barang-barang yang dibuat tangan seperti kerajinan tangan, keramik, atau kain dapat digunakan sebagai hiasan meja.

Hiasan ulang tahun
Hiasan ulang tahun

Pernak-pernik tematik

Pernak-pernik yang dibuat sesuai dengan tema seperti pernikahan, liburan, atau pesta dapat digunakan sebagai hiasan meja

Itu hanya beberapa contoh, masih banyak jenis hiasan meja yang lainnya. Tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan dan acara yang diadakan.

Fungsi dan Manfaat Menggunakan Hiasan Meja

Manfaat hiasan meja

Fungsi dan manfaat hiasan meja meliputi:

  1. Estetika: hiasan meja dapat digunakan untuk menambah keindahan meja dan meningkatkan estetika ruangan.
  2. Suasana: penggunaannya bisa menambah suasana pada acara tertentu, seperti pesta pernikahan atau makan malam romantis.
  3. Tema: kita juga bisa membangun tema pada acara tertentu, seperti pesta liburan atau pesta ulang tahun dengan hiasan meja.
  4. Fokus: hiasan meja dapat digunakan untuk mengarahkan perhatian pada objek tertentu, seperti makanan atau minuman yang disajikan. Seperti sebuah tanda untuk menunjukan sesuatu.
  5. Cahaya: seperti lilin atau lampu dapat digunakan sebagai hiasan meja untuk menambah cahaya pada ruangan. Membangun suasanya yang lebih hangat atau bahkan romantis.
  6. Personalisasi: penambahan hiasan meja dapat digunakan untuk menambah personalisasi pada acara tertentu, seperti pesta pernikahan atau ulang tahun yang menampilkan foto atau barang-barang pribadi dari tamu.
  7. Menambah kesan mewah: hiasan meja yang indah dan mewah dapat memberikan kesan yang baik pada tamu atau pengunjung, membuat acara terlihat lebih istimewa dan membuat tamu merasa dihargai.
Hiasan meja keramik

Tidak ada aturan khusus dalam menghias meja, kita bisa menggunakan apapun, membeli atau bahkan membuat sendiri. Hiasan meja yang dibuat sendiri tentu memiliki kesan personal yang lebih kuat.

Baca juga

Cara Membuat Dekorasi Rumah dari Barang Bekas

Penambahan hiasan meja dapat mendukung gaya desain dari rumah kita sehingga terlihat lebih selaras dan estetik tentunya.

Secara keseluruhan, hiasan meja dapat digunakan untuk menambah keindahan, suasana, dan tema pada acara tertentu. Hiasan meja dapat digunakan untuk mengarahkan perhatian pada objek tertentu, menambah cahaya pada ruangan, atau menambah personalisasi pada acara.

Dengan memilih hiasan meja yang sesuai, kita dapat menciptakan suasana yang indah dan menambah kesan mewah.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai jenis hiasan meja untuk menciptakan suasana yang sempurna!

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id