Pentingnya Desain Interior Komersial untuk Pengembangan Bisnis

Posted by HinaYana  •  Thursday, October 11 2018

Desain interior komersial adalah soal bagaimana mengomunikasikan kebutuhan dan visi dari berbagai entitas bisnis yang berbeda-beda. Juga soal mengonseptualisasikan ruang-ruang besar agar memiliki tampilan yang disukai oleh setiap orang, tidak terkecuali.

Interiordesign.id – Percaya atau tidak, desain interior komersial memainkan peran yang sangat penting dalam kesuksesan bisnis apapun. Namun seperti apa persisnya?

Dilansir dari interiorbysteveng, berikut seluk beluk dan pentingnya desain interior properti komersial untuk pengembangan bisnis.

Apa perbedaan antara desain interior residensial dan komersial?

Sementara desainer interior perumahan atau residensial hanya fokus pada rumah, desainer interior komersial mengonseptualisasikan ruang untuk keperluan bisnis. Rancangannya termasuk hotel dan lounge, restoran dan ruang ritel, kantor, bank, teater, rumah sakit, klinik, perpustakaan, sekolah, klub, spa, pusat perbelanjaan, dan segala sesuatu di antaranya.

Apakah perbedaan tersebut benar-benar penting? Tentu saja.

Rumah dan bisnis memiliki kebutuhan desain yang sangat berbeda. Desain interior perumahan adalah tentang menciptakan ruang yang ramah dan dapat ditinggali bagi pemilik rumah, sementara desain interior komersial berusaha meningkatkan fungsionalitas dan meningkatkan style serta tampilan interior yang berkorelasi langsung dengan keuntungan finansial.

Desain interior komersial

Sekadar tambahan, meski desainer interior rumah seperti seolah hanya fokus pada bagaimana menciptakan ruang yang ramah dan dapat ditinggali saja, bukan berarti ia menanggalkan fungsionalitas dan tampilan. Desain interior rumah atau juga residensial harus dan wajib mendapatkan tampilan yang juga memukau dengan skema desain yang memadai.

Bagi desainer interior komersial, – entah itu pengembang hotel mewah atau pemilik usaha kecil, mereka harus memiliki kemampuan terbaik dalam menerjemahkan visi klien dengan cara yang praktis, menguntungkan, dan tentu saja chic. Ruang lingkup pekerjaan yang jauh lebih besar daripada proyek residensial, menyebabkan desainer interior komersial biasanya mengambil lebih banyak tanggung jawab.

Apa yang dilakukan desainer interior komersial?

Desainer interior komersial dilatih untuk memprioritaskan fungsionalitas dan keamanan tanpa mengorbankan gaya atau estetika. Misalnya, hotel mewah perlu menampung sejumlah tamu jika ingin memaksimalkan keuntungan. Dan untuk melakukannya, rancangan hotel harus mampu memberi kesan positif pada setiap tamu yang datang dengan: ukuran kamar yang luas, kamar mandi yang mewah, atau bahkan view alias pemandangan yang menakjubkan.

Desain interior hotel harus sedapat mungkin mengesankan para tamu yang datang dengan rancangan pada area lobinya, dan memberi ruang untuk fasilitas high-end termasuk spa, sauna, ruang olahraga, ruang terbuka, kolam renang, dan restoran dan bar.

Semua hal tersebut sangat bergantung kepada perancang interior komersial untuk dapat membuat sesuai persyaratan. Menggabungkannya menjadi satu ruang yang memiliki visualisasi yang indah, dan berujung pada visualisasi dan tingkat kenyamanan yang sangat berkualitas dan juga berkelas.

Desain interior komersial

~ via dezeen

Perancang interior komersial mengerti dan paham seperti apa dan bagaimana merencanakan ruang tanpa perlu menggadaikan setiap elemen desain yang dibutuhkan. Desainer sangat terlatih untuk dapat memastikan bahwa segala sesuatu di dalam struktur fisik sangat aman dan telah sesuai.

Desainer interior komersial terlibat dalam proses renovasi dan konstruksi. Mereka bekerja sama dengan kontraktor dan produsen untuk membuat keputusan struktural penting termasuk detail arsitektur, pencahayaan, desain lantai dan langit-langit, penempatan jendela, dan juga peningkatan teknologi.

Perancang interior komersial juga dapat menentukan ruang lingkup pekerjaan sebuah proyek, menggambar skema dan cetak biru, memilih bahan yang tepat, serta mengawasi penganggaran (budgeting) dan penjadwalan, bersamaan dengan tugas-tugas penting lainnya.

Eksplorasi Desain Kafe Unik, Semakin Unik Semakin Menarik Perhatian

Modern Kontemporer “Mini Kafe”, Gaya Desain Interior dengan Tampilan Visual yang Atraktif

Desain Interior Komersial untuk Pengembangan Bisnis

Setelah tahap konstruksi selesai, desainer kemudian mengubah struktur fisik dan mulai mengkreasi ruangan agar tampak lebih hidup dalam sebuah proses dekorasi. Perancang interior komersial memilih motif dan gaya yang sesuai dengan kebutuhan bisnis; memiliki kemampuan memilih skema warna yang tepat, pilihan furnitur, pilihan aksesori, dekorasi dinding dan jendela, karya seni, dan aspek-aspek desain dan dekorasi penting lainnya.

Desainer interior komersial biasanya berpengalaman dan memiliki kekuatan untuk mengubah bisnis yang gagal menjadi sebaliknya; melahirkan entitas baru dengan sebuah keberhasilan. Mereka berkembang dan teruji dalam situasi proyek dan perkembangan dunia bisnis yang serba cepat.

Para desainer ini tentu saja merupakan orang-orang yang tepat yang dapat mengkomunikasikan kebutuhan dan visi dari berbagai entitas bisnis yang berbeda-beda. Mereka benar-benar memiliki kemampuan unik untuk dapat mengonseptualisasikan ruang-ruang besar agar memiliki tampilan yang disukai oleh setiap orang, tidak terkecuali.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader