perbedaan arsitek dan desain interior

Perbedaan Antara Arsitek dan Desainer Interior

Posted by Faizin  •  Thursday, January 17 2019

Interiordesign.id – Arsitek dan desainer interior merupakan dua profesi yang memiliki fokus dan tanggung jawab yang berbeda. Tetapi, keduanya memiliki persamaan dalam objek yang digeluti, yaitu bangunan. Bagaimana mendesain dan menciptakan bangunan yang indah dan fungsional adalah orientasi pekerjaan dari seorang arsitek maupun desainer interior.

Secara teknis, arsitek bertugas merancang interior hingga eksterior bangunan yang akan dibangun. Sedangkan desainer interior cenderung lebih fokus untuk memperindah tampilan interior yang sudah dibangun.

Arsitek selalu dikelilingi oleh angka, garis, dan sudut yang dipadukan dan disusun dalam rencana perancangan bangunan. Dengan fokus terhadap hal tersebut, arsitek mampu menggabungkan fungsi ruangan atau bangunan, keamanan, dan kebutuhan dalam perancangannya.

Sementara desainer interior lebih mengedepankan estetika dalam perancangan interior ruangan atau bangunan yang tidak lepas dari kenyamanan, efisiensi, efektivitas dan keamanan setiap elemen ruangan. Mulai dari pemilihan furnitur, tata letak, pencahayaan, pemilihan warna, ceiling, hingga motif pola lantai.

Baik Arsitek maupun desainer interior, Keduanya bisa membantu Anda menciptakan rumah atau bangunan yang indah dan nyaman sesuai dengan yang diharapkan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek dan Desain Interior

Seberapa pentingkah menggunakan jasa arsitek dan atau desain interior dalam perancangan bangunan Anda?

Pertanyaan tersebut seringkali dipertanyakan oleh siapapun yang berencana atau hendak membangun rumah atau jenis bangunan lainnya. Semua sebenarnya kembali kepada apa yang dibutuhkan.

Apabila Anda baru saja berencana untuk membangun rumah atau bangunan mulai dari nol, mulai dari tanah kosong, maka lebih baik menggunakan jasa arsitek untuk perancangan bangunannya dan jasa desain interior dalam perancangan interiornya. Tetapi apabila Anda sudah memiliki bangunan dan ingin merenovasi dan memperindah penampilannya, terutama bagian dalamnya, maka menggunakan jasa desain interior merupakan pilihan yang tepat.

Berikut adalah keuntungan menggunakan jasa arsitek maupun desain interior dalam perancangan sebuah bangunan:

  1. Langkah yang terencana
    Sebelum memulai pembangunan dan peracangan alangkah baiknya selalu di awali dengan konsep dan perencanaan yang terstruktur, rapi dan terencana. Mulailah dengan memikirkan konsep dan model seperti apa yang Anda inginkan. Arsitek dan desainer interior akan menerima dan mengolah data dan menyesuaikannya dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Hal ini bertujuan agar apa yang Anda inginkan dan butuhkan bisa sesuai dengan bajet yang telah dipersiapkan. Menggunakan jasa arsitek maupun desain interior bisa menghindarkan Anda dari over budgeting. Seperti kata pepatah, “Salah strategi di awal, babak belur di akhir”.
  1. Simpel dan efisien
    Bagi Anda yang berkeinginan untuk memiliki rumah atau bangunan dalam keadaan indah dan bagus tanpa harus terlibat dan terjun langsung dalam pembangunannya, menyewa seorang arsitek dan atau desainer interior adalah langkah yang tepat. Pasalnya, mereka mampu memberi layanan mulai dari tahap awal seperti penentuan konsep dan penentuan anggaran biaya perancangan hingga pelaksanaan pembangunan di lapangan.
  1. Sumber daya yang melimpah
    Setiap perancangan dan pembangunan tentu juga membutuhkan sumber daya manusia, bahan-bahan, alat-alat dan material yang sesuai. Arsitek dan desainer interior memiliki jaringan kerja kepada kontraktor, supplier barang, vendor, hingga tukang yang dapat membantu memudahkan dalam proses implementasi.
  1. Profesionalitas
    Dengan jam terbang dan pengalaman yang tinggi, arsitek dan desainer interior memiliki taste yang unik dalam setiap perancangan dan pembangunan yang mereka kerjakan. Setiap sudut dan garis yang mereka ciptakan bisa terasa sangat berbeda. Ia akan tampak lebih indah dengan pengetahuan mendalam mereka terhadap bahan dan material apa yang paling tepat untuk digunakan.
  1. Eye catching
    Hasil akhir yang indah dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan butuhkan adalah tujuan akhir dalam setiap perancangan. Arsitek maupun desainer interior bisa memberi Anda jaminan hasil akhir sesuai dengan apa yang telah direncanakan sejak awal. Estetika menjadi bagian tidak terpisahkan dari pekerjaan mereka.
  1. Harga jual
    Apapun yang dirancang dan didesain oleh seorang arsitek dan desainer interior akan memiliki nilai jual yang tinggi. Kenapa? karena nilai estetika dan keamanan bangunan adalah salah satu key selling pointnya. Proses kreatif yang mereka lakukan bisa meningkatkan nilai jual property Anda hingga sangat menguntungkan.

Itulah keuntungan-keuntungan yang bisa Anda peroleh saat menggunakan jasa arsitek dan desain interior dalam perancangan rumah ataupun jenis bangunan lainnya. Pertanyaannya kemudian, lebih baik mana, menyewa seorang arsitek atau desainer interior? 

perbedaan arsitek dan desain interior

antara arsitek dan desain interior. ~ via boardandvellum

Jawabannya persis seperti yang sudah disinggung di atas. Apakah Anda memulai dari nol, dalam artian mulai dari tanah kosong dan belum ada sama sekali struktur bangunan, atau sebaliknya, Anda sudah memiliki bangunan dan berencana akan melakukan sedikit renovasi atau sebagainya?

Arsitek maupun desainer interior adalah dua profesi yang saling berkaitan. Banyak hal dalam spesifikasi pekerjaan mereka yang bersinggungan. Meski dalam beberapanya terbilang sangat spesifik, tetapi keduanya memiliki pengetahuan dasar dan mendalam menyoal struktur dan terutama estetika sebuah bangunan. Keduanya adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan hasil terbaik.

Merancang dan mendesain sebuah bangunan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi, dengan sentuhan kreatif dan terampil dari arsitek maupun desainer interior, semua biaya yang Anda keluarkan dijamin tidak akan mengecewakan. Semuanya pasti sepadan. Arsitek dan desainer interior adalah mereka-mereka yang benar-benar bisa Anda andalkan untuk mewujudkan rumah dan bangunan lainnya yang ideal sesuai dengan apa yang Anda idam-idamkan.

Jadi, pilih arsitek atau desain interior?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan dengan desainer-desainer terbaik kami!

Tags: , , , , ,

Faizin

By Faizin

Mahasiswa Jurusan Desain Interior angkatan 2015, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung. Saat ini sedang menjalani proses Magang Akademik di interiordesign.id.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram