fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Percantik Interior dengan Jenis Tanaman Hias Mahal Harga Sultan

Posted by Dhila F Khairunisa Monday, March 14 2022
tanaman hias harga mahal

6 Jenis tanaman hias mahal harga “sultan” ini sangat cocok ditempatkan di dalam ruangan. Menjadikan interior terasa lebih natural, cantik, juga estetik.

Estimated reading time: 6 minutes

InteriorDesign.id – Tren tanaman hias memiliki musim dan selalu berubah-rubah. Permintaan pasar, ketersediaan barang, dan tingkat kesulitan membiakannya, menjadi beberapa faktor yang memengaruhi harga jualnya.

Mengoleksi tanaman hias saat sekarang adalah hobi. Ini bahkan menjadi life style bagi sebagian orang.

Memiliki koleksi mahal atau bahkan langka menjadi kebanggaan dan gengsi tersendiri di kalangan para kolektor tanaman hias.

Tak heran jika berbagai cara ditempuh para pecinta tanaman hias untuk mendapatkan incarannya meski dengan harga yang sering kali tak masuk akal.

Para penjual juga berlomba untuk mendapatkan barang langka kerena melihat peluang pasar yang sangat menjanjikan, persaingan semakin ketat.

Namun, sebenarnya faktor apa saja yang bisa memengaruhi harga jual tanaman hias, hingga akhirnya memiliki harga sangat mahal?

Kenapa Tanaman Hias Memiliki Harga Mahal?

tanaman hias harga mahal

Ada beberapa faktor yang menjadikan tanaman hias dihargai sangat mahal. Berikut beberapa faktor penyebabnya:

  1. Ketersediaan barang atau kelangkaan menjadi penyebab pertama dari tingginya harga jual sebuah tanaman hias. Dengan barang yang sulit didapat membuat ketersediaan barang sedikit, sedangkan permintaan sangat tinggi. Ini membuat orang-orang rela merogoh kocek gila-gilaan untuk jenis tanaman hias tertentu.
  2. Perubahan musim. Tanaman merupakan makhluk hidup yang bergantung pada musim. Pada waktu-waktu tertentu beberapa tanaman hias sulit ditemukan.
  3. Tingkat kesulitan dalam membudidayakannya. Beberapa tanaman hias memiliki perawatan khusus dalam membudidayakannya. Semakin sulit dan semakin mahal biaya yang dikeluarkan, maka harga jual otomatis ikut tinggi. Sulitnya proses pembudidayaan juga berpengaruh pada tingginya resiko kegagalan, yang akhirnya mempengaruhi harga jual.
  4. Keunikan corak dan bentuk tanaman. Para kolektor mengincar tanaman hias yang memiliki bentuk dan corak yang indah atau bahkan unik dan tak biasa. Semakin cantik atau unik suatu jenis tanaman, akan semakin diburu dan terjadi persaingan dalam mendapatkannya.

Kembali lagi pada tren tanaman hias yang memiliki musimnya sendiri, bisa jadi satu jenis tanaman hias yang dulunya mudah ditemui dan dianggap kurang bernilai, saat ini menjadi langka dan primadona.

Memerhatikan beberapa fenomena yang terjadi, seperti tren tanaman janda bolong dan juga monstera, yang belum lama terjadi menjadi bukti bahwa tren ini bisa membuat kita garuk-garuk kepala.

Namun, begitulah tren, memang terkadang sulit dipahami.

Jenis-jenis Tanaman Hias Mahal

Selain barang koleksi, tanaman hias juga jelas dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang menjanjikan. Mari kita simak beberapa jenis tanaman hias berikut –tanaman hias mahal harga sultan–yang boleh jadi selama ini sebenarnya tumbuh di sekitar kita.

1. Kadaka Tanduk Rusa

kadaka tanduk rusa, jenis tanaman hias mahal
tropisgarden.com

Tanaman asli Indonesia ini merupakan tanaman yang biasa hidup di dalam hutan lembab.

Di habitat aslinya, tanaman ini hidup dengan menempel pada batang pohon dengan daun yang menjulur ke bawah.

Pada awalnya, kadaka hanya dianggap tanaman liar hutan yang tidak memiliki nilai, tetapi saat ini banyak digemari dan menjadi pilihan tanaman hias untuk berbagai kebutuhan, termasuk dekorasi ruangan.

Kadaka bisa tumbuh menjadi tanaman hias berukuran besar jika dirawat dengan baik. Kita bisa menumbuhkannya dengan cara menempelkan pada sebuah media tanam.

Untuk kadaka rusa dewasa berukuran besar, bisa dijual hingga Rp500.000,00

2. Oriental Lily

oriental lily, jenis tanaman hias mahal untuk dekorasi

Tanaman hias ini termasuk pada keluarga lily.

Oriental lily memiliki bunga yang cantik dan elegan jika diletakan di dalam ruangan.

Tidak hanya bentuknya yang cantik, bunga oriental lily memiliki aroma semerbak yang bisa memberi kesegaran pada ruangan.

Sama seperti kadaka tanduk rusa, tanaman lily oriental dijual lebih kurang Rp500.000,00

3. Philodendron

Philodendron, tanaman hias mahal untuk dekor ruangan

Tanaman philodendron memilik beberapa jenis dengan bentuk yang berbeda-beda.

Di habitatnya, tanaman philodendron hidup di hutan tropis yang lembab seperti tepi sungai.

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang unik bahkan untuk beberapa jenis juga memiliki corak.

Meski berasal dari hutan lembab, tetapi philodendron merupakan tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Ini sangat cocok jika dijadikan tanaman dalam ruangan.

Di pasaran harga philodendron bisa berharga ratusan ribu rupiah. Bahkan, jenis tertentu bisa mencapai harga jutaan. Jenis philodendron sodiroi misalanya, ini dihargai hingga Rp7 juta rupiah.

4. Monstera King

monstera king, tanamah hias mahal untuk dekor ruangan

Dinamakan monstera king karena ukurannya yang besar seperti raja dari jenis monstera yang lain.

Tanaman hisa mahal ini memiliki daun berukuran besar yang mempesona dengan bentuk yang unik karena sobekan dan lubang-lubang yang terbentuk alami.

Monstera king termasuk ke dalam tanaman purba yang saat ini kembali menunjukan eksistensinya dan digemari.

Untuk dalam ruangan, tanaman ini bisa memberi kesejukan dan kesan natural dengan keindahan daunnya yang lebar.

Monstera king yang sudah dewasa dengan ukuran yang besar dapat dijual dengan harga Rp1 juta rupiah, atau bahkan lebih.

5. Lily Of The Valley atau Bunga Bakung Gunung

Lily Of The Valley

Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih yang cantik dan biasa digunakan untuk bouquet bunga.

Bunga putihnya menggantung dengan anggun meski berukuran kecil. Kesan manis dan indah terpancar dari tanaman ini saat bunganya bermekaran

lily of the valley

Untuk mendapatkan bunga lily of the valley, kita harus bersabar hingga bulan Mei karena saat itu bunga baru bermekaran. Hal ini yang membuatnya memiliki harga yang cukup mahal.

Lily Of The Valley sering dipakai pada bouquet bunga pernikahan tokoh terkenal, seperti royal weddingnya William dan Kate Middleton.

Satu buah bouquet bunga lily of the valley dibanderol hingga Rp60juta rupiah.

Tentu menjadi kebanggan dan nilai tersendiri jika tanaman ini menjadi salah satu dekorasi rumah kita.

6. Bonsai Kimeng

bonsai kimeng

Dari banyaknya jenis bonsai, kimeng banyak diminati dan memiliki harga yang cukup fantastis.

Bonsai kimeng memiliki bentuk yang unik dengan daun yang cukup lebar dan rimbun yang membuatnya cocok jika dijadikan dekorasi ruangan.

Sejak dulu, tanaman bonsai memang memiliki nilai jual dan gengsinya sendiri sehingga dikenal sebagai tanaman hias orang “berada”.

Semakin besar ukurannya, dan semakin tua usianya, harga bonsai kimeng bisa semakin mahal. Ini yang membuat para kolektor menjadikan tanaman ini sebagai investasi.

Ketika masih kecil, tanaman ini memang memiliki harga relatif murah. Namun, saat semakin besar dan menunjukan bentuknya yang unik, harga bonsai kimeng bisa mencapai jutaan, bahkan dihargai di atas Rp5jutaan.

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id