fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Pet Furniture; Solusi Furniture untuk Pemilik dan Hewan Peliharaannya

Posted by Alyssa Lorenza Soetedjo Monday, May 24 2021

Pet Furniture tidak hanya memberikan manfaat bagi seekor hewan peliharaan, tetapi juga memberikan kebahagiaan pada sang pemilik serta mengeratkan hubungan antara pemilik dan hewannya.

Terkadang rutinitas yang kita lakukan setiap harinya mendatangkan rasa jenuh bahkan stres. Oleh karena itu, untuk mengatasi kejenuhan yang kita rasakan, kita tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan interaksi dengan makhluk hidup lainnya, entah manusia atau hewan peliharaan. Tak heran jika banyak orang memilih untuk memiliki hewan peliharaan sebagai salah satu jalan untuk mengurangi stres yang mereka rasakan di kehidupan sehari-hari.

Menurut McConnel (2011), memelihara hewan peliharaan dapat memberi manfaat untuk psikologis. Pemilik hewan peliharaan dapat lebih menikmati hidup, sejahtera, sehat, dan memiliki kepuasan terhadap cinta kasih yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai hewan peliharaan.

Saat ini, kebanyakan hewan peliharaan melakukan aktivitasnya di dalam rumah. Namun beberapa pemilik hewan rupanya ada yang tidak memiliki ruang dan fasilitas nyaman untuk hewan mereka. Selain itu, masalah lain timbul saat perabotan yang ada di dalam rumah jadi mudah rusak, karena material yang dipakai tidak sesuai dengan karakteristik hewan peliharaan.

Untuk mengantisipasi masalah yang dapat timbul karena adanya hewan peliharaan di rumah, Anda membutuhkan fasilitas pendukung berupa pet furniture. Pet furniture adalah perabotan yang menunjang kebutuhan pemilik serta hewan peliharaannya. Lantas, apa itu pet furniture dan apa saja manfaatnya?

Apa itu Pet Furniture?

Pet furniture adalah perabotan yang berfungsi untuk mewadahi pemilik dengan hewan peliharaanya untuk berinteraksi dan melakukan aktivitas bersama dalam satu ruangan. Perabotan ini bersifat multifungsi karena dapat digunakan oleh pemilik serta hewan saat sedang bersantai, bermain, makan, minum, bahkan dapat digunakan sebagai fasilitas tidur hewan.

Berikut adalah beberapa pet furniture yang dapat Anda miliki di dalam hunian:

Meja yang Pet Friendly

Terdapat meja yang bersifat pet friendly dan dapat Anda gunakan di rumah. Meja ini bisa Anda pakai sebagai bidang kerja, sedangkan bagian bawahnya dimanfaatkan untuk tempat bersantai hewan peliharaan.

Bagian samping meja dapat dibuat terbuka agar pemilik dapat berinteraksi dengan hewan peliharaannya dan melakukan aktivitas bersama. Meja ini pun bisa diletakkan di ruang keluarga. Ini membuat pet furniture satu ini bisa digunakan sembari berkumpul dengan keluarga, mengerjakan pekerjaan, serta bermain dengan hewan peliharaan.

Pet Furniture berupa Kursi atau Sofa

Seungji Mun adalah desainer Korea yang mendesain pet furniture satu ini. Area furniture yang diperuntukkan bagi hewan memiliki desain seperti kandang mini. Meski tempat hewan berada di dekat pemilik, mereka akan tetap merasa aman karena punya batasan atau tempatnya sendiri-sendiri. Selain menonton TV atau bersantai, pemilik dan hewan peliharaannya dapat tetap merasa dekat dan saling berinteraksi.

Nakas atau Side Table

Desain nakas dari Onurhan Demir ini dapat dijadikan tempat untuk menaruh buku, lampu, dan barang-barang lainnya. Selain itu, bagian bawah nakas dapat berfungsi sebagai tempat hewan untuk beristirahat dan bersantai. Tambahan bantal pada bagian dalam nakas dapat membuat hewan semakin merasa nyaman untuk tidur. Nakas ini juga bisa diletakkan di kamar tidur maupun ruang keluarga.

Pet Furniture berupa Lemari Penyimpanan

Selain berfungsi untuk menyimpan barang-barang dari pemilik maupun hewan peliharaan, lemari ini juga dapat berfungsi sebagai tempat hewan bersantai atau tidur. Bagian bawah lemari dapat dimanfaatkan untuk tempat hewan peliharaan. Dengan menambahkan bantal pada tempat tersebut, hewan sudah dapat menempatinya dengan nyaman.

Itulah beberapa pet furniture yang bisa Anda beli dan simpan di rumah Anda. Sebenarnya pet furniture tidak harus murni berupa perabotan multifungsi untuk manusia dan hewan. Dengan menyediakan ruang kosong pada furniture biasa dan memberikan perlengkapan yang nyaman untuk hewan, furniture tersebut sudah dapat menjadi sebuah pet furniture.

Manfaat Pet Furniture

Anda perlu memahami bahwa furniture ini bukan hanya dapat memfasilitasi kebutuhan pemilik atau sebagai tempat hewan bersantai dan tidur saja. Perabotan ini rupanya punya banyak manfaat sebagai berikut:

Sebagai Wadah Interaksi antara Pemilik dan Hewan Peliharaannya

Furniture ini dapat menjadi sarana antara pemilik dengan hewan peliharaanya. Mereka dapat berinteraksi seperti bermain, menemani pemilik saat melakukan pekerjaan, serta bersantai. Sifat multifungsi yang dimiliki furniture ini membuatnya bermanfaat tidak hanya untuk pemilik, tetapi juga untuk hewan peliharaan.

Memberikan Kemudahan dalam Hal Mengurus Hewan Peliharaan

Desain yang dapat memenuhi kebutuhan dua penggunanya ini amat sangat memudahkan pemilik hewan saat ingin membersihkan furniture. Jika hewan sering buang air kecil sembarangan, material furniture yang bersifat tahan air membuatnya tidak mudah rusak dan mudah untuk dibersihkan. Hal ini membuat kegiatan bersih-bersih furniture rumah dapat langsung dirangkap dengan kegiatan bersih-bersih area hewan.

Menjadi Daya Tarik dalam Ruangan

Pet furniture dengan desain yang unik dapat membuat furniture terlihat apik jika diletakkan di ruangan tertentu, seperti ruang keluarga atau kamar tidur. Meski memiliki harga yang cukup mahal, pet furniture yang bisa dipakai untuk manusia dan hewan ini dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi para pecinta hewan.

Selain desainnya yang memanjakan mata, manfaat yang diberikan oleh furniture akan sangat membantu dalam mendukung kedekatan antara pemilik dan hewannya. Hewan peliharaan yang aktif dan mendapat tempat yang nyaman akan membuat para pecinta hewan senang. 

Dalam hal pembuatan pet furniture, yang perlu dipikirkan bukan hanya desainnya saja. Material yang digunakan pun perlu dipertimbangkan. Ini harus sesuai dengan karakteristik hewan agar tidak mudah rusak dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Pastikan material yang dipilih bersifat tahan lama, mudah dibersihkan, tahan air, dan tidak mudah tergores. Contoh material pet furniture yang bisa dipakai adalah plywood, kayu karet, kayu mahoni, kayu jati, atau kayu solid lainnya.

Finishing untuk furniture pun tak kalah penting. Anda harus memilih finishing yang memakai bahan organik atau tanpa bahan kimia, agar aman untuk hewan. Contohnya, Anda bisa menggunakan finishing merek BioPolish yang memiliki sifat food grade.

Itulah beberapa gambaran mengenai pet furniture serta manfaatnya. Ada lebh banyak manfaat yang bisa Anda rasakan serta keuntungan lain yang Anda dapatkan, apabila Anda memelihara hewan dan menggunakan pet furniture di rumah. Jangan lupa untuk memperhatikan material yang dipakai saat ingin memilih atau mendesain perabotan tersebut sendiri.


ALYSSA LORENZA SOETEDJO
Mahasiswi Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id