fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Pintu Pivot: Pengertian, Material, Kelebihan dan Kekurangan

Posted by Kumala Devanty Sunday, February 5 2023
Mengenal pintu pivot

InteriorDesign.id – Pernahkah Anda mendengar pintu pivot? Atau apakah Anda salah satu orang yang ingin menggunakan pintu pivot pada hunian Anda? Jika iya, maka sebaiknya simak seputar pintu pivot mulai dari pengertian, kelebihan, kekurangan, hingga modelnya di ulasan artikel kali ini! 

Apa Itu Pintu Pivot?

Pintu pivot adalah sebutan untuk pintu saku atau pintu putar yang menggunakan sistem lintasan untuk memindahkan pintu dari satu sisi ke sisi lainnya. Tampilan pintu ini cukup unik dan lebih sering digunakan pada bangunan seperti hotel atau kantor bukannya hunian pribadi.  

Pintu ini mudah digunakan dan juga praktis, bila digunakan dalam hunian pribadi biasanya diterapkan pada pagar atau akses utama untuk masuk ke halaman rumah untuk ukurannya yang besar, namun untuk ukuran yang kecil dan sedang bisa digunakan pada ruang tengah, atau bagian belakang menuju teras.  

Sama seperti pintu pada umumnya, ada beberapa material bahan yang digunakan untuk membuat pintu pivot, diantaranya adalah uPVC, alumunium, kaca, hingga kayu. Tergantung dimana ia diletakkan, maka pembuatan pintu bisa memilih bahan yang sesuai.  

Kelebihan Pintu Pivot 

Keunggulan pivot pengoperasiannya yang mudah sehingga meskipun berukuran besar, Anda tidak akan kesusahan dalam memutar pintu. Karena hitungan satu pintu pivot sama dengan dua pintu standar meskipun ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi bangunan yang ada. 

Pivot bisa menghemat ruang dibanding pintu ayun karena dipasang dalam dinding, apalagi jika pintu pivot digunakan merupakan jenis yang memiliki kaca sehingga bisa menambah kesan estetik di dalam rumah. Pintu pivot ini juga bisa digunakan sebagai pembatas ruangan sehingg lebih ramping.  Pintu ini juga cocok bagi Anda yang suka menyembunyikan furniture atau membuat ruang rahasia. 

Kekurangan Pintu Pivot 

Meskipun praktis dan mudah digunakan, namun jenis pintu satu ini juga memeliki kekurangan. Kelemahan utamanya adalah tidak bisa mengunci dengan penuh seperti pintu tradisional pada umumnya. Kemudian pintu ini tidak tahan segala cuaca. Karena didesain untuk bisa memutar yang membuatnya pasti memiliki celah sehingga ketika ada badai, hujan, hingga serangga tetep bisa masuk ke dalam. 

Kemudian pintu bisa lepas atau terseret keluar jalur karena itu pastikan untuk menggunakan vendor yang memberikan garansi pembetulan saat pintu keluar jalur. Kelemahan lainnya adalah kemungkinan besar jari untuk terjepit jika tidak berhati-hati. 

Model Pivot 

Ada bebera model pintu pivot yang dibagi dalam beberapa jenis seperti berikut ini: 

1. Pivot Koboi 

Pintu pivot satu ini mendapatkan namanya karena sering digunakan pada saat kejayaan masa koboi di Amerika. Pintu ini bisa dibuka ke luar dan ke dalam hingga kembali ke posisi semula secara otomatis. Fungsi dari pintu ini adalah untuk menutup akses secara instan. Biasanya pintu berukuran pendek dan digunakan pada meja resepsionis, pintu mushola, pintu kantin, atau pintu kamar mandi. 

2. Pivot Standar 

Pintu pivot standar merupakan tipe pintu yang tidak bisa menutup secara otomatis namun dengan ukuran yang lebih besar dan lebih murah. Biasanya digunakan pada rumah yang memiliki lebar lebih dari 1 meter. Posisi engselnya juga tidak harus dipinggir namun bisa di tengah daun. Biasanya engsel akan dipasang atau ditanam ke lantai.

3. Pivot Floor Hinge 

Model pintu pivot satu ini memiliki kapasitas yang lebih tinggi dan bantingan pintunya bisa di setel dengan 2 jenis setelan yang menggunakan sistem hidrolik. Pintu jenis ini yang paling banyak digunakan pada area publik seperti kantor atau hotel. Bisa menutup otomatis sehingga memudahkan untuk pengguna. Biasanya diletakkan ada pintu lobby atau akses utama. 

Penutup 

Itulah seputar pintu pivot mulai dari pengertian hingga modelnya yang wajib Anda ketahui. Bila Anda ingin menggunakan jenis pintu ini pada hunian pribadi pastikan untuk menggunakan jasa desain interior profesional atau menanyakan kepada arsitektur terlebih dahulu. 

Karena bila melakukan perhitungan sembarangan maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan dan pintu menjadi mudah rusak. Karena itu sebelum menggunakannya pastikan Anda telah memahami kelebihan dan kekurangannya agar mengetahui cara maintenancenya supaya tak menyesal di kemudian hari.  

Maksimalkan budget dan dapatkan pintu pivot impian untuk hunian Anda bersama InteriorDesign. Kami akan membantu Anda mendapatkan pintu pivot terbaik dan yang cocok dan meningkatkan kesan estetik untuk hunian Anda. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id