fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Plafon PVC; Kelebihan, Kekurangan, dan Inspirasi pada Rumah Minimalis

kamar tidur modern dengan backdrop televisi

Plafon PVC dinilai sebagai pilihan plafon yang baik bagi hunian minimalis karena berbagai kelebihannya, khususnya kualitas ketahanannya terhadap air.

Plafon ada sebagai elemen desain tambahan. Ia tidak hanya bermanfaat untuk menambahkan keindahan tampilan ruangan, tetapi juga membuat keseluruhan ruangan bersifat hemat energi. Meningkatnya permintaan plafon membuat plafon PVC (Polyvinyl Chloride) banyak diproduksi. Dibandingkan dengan plafon gipsum yang memerlukan penanganan yang tepat, plafon PVC memiliki proses pemasangan dan perawatan yang lebih mudah.

Apa Itu Plafon PVC?

Plafon PCV adalah pelapis berbahan Polyvinyl Chloride untuk langit-langit bangunan perumahan atau ruang komersial. Material plafon yang satu ini kuat, tetapi ringan karena merupakan produksi dari pabrik. Hasil akhirnya bersifat mulus dan dapat dibuat dalam berbagai macam desain, warna, ukuran, dan panjang.

Setiap panel PVC memiliki inti berlubang dengan permukaan yang mengilap. Layaknya plafon gipsum, plafon PVC pun mempunyai sifat tahan air, sehingga ia lebih efektif dan memiliki daya tahan yang baik di area dengan kelembapan tinggi. Hal ini membuat plafon ini cocok untuk dipasang di area seperti balkon, kamar mandi, serta ruang bawah tanah.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Plafon PVC memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

Kelebihan Plafon PVC

  • Plafon PVC bersifat kokoh dan tahan lama. Ia bisa bertahan selama bertahun-tahun tanpa adanya aus yang besar.
  • Tidak mudah rapuh dan kemungkinan terjadi kerusakan saat penanganan cukup kecil.
  • Memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan plafon lainnya.
  • Pemasangannya mudah dan tidak menghasilkan debu pada area sekitarnya saat proses pemasangan.
  • Tahan air, anti rayap, dan tidak memungkinkan tumbuhnya jamur dan lumut.

Kekurangan Plafon PVC

  • Plafon PVC memperlihatkan langsung tampilan plastiknya ke dalam ruangan.
  • Sambungan antar panel terlihat dari dalam ruangan.
  • Karena plafon PVC terbuat dari plastik, ia mudah rusak saat terkena panas. Oleh karena itu, hanya lampu hemat energi yang dapat dipasang di plafon ini. Hindari lampu yang mampu memancarkan panas.
  • Plafon ini melepaskan gas klorin beracun selama periode waktu tertentu. Selain itu, ia pun berbahaya saat dibakar.

Perbandingan antara Plafon PVC dan Plafon Gipsum

Apabila Anda ingin memasang plafon PVC pada rumah minimalis Anda, Anda perlu membandingkannya dahulu dengan plafon gipsum. Kedua langit-langit ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sebagai berikut:

  • Plafon PVC memiliki keterbatasan desain, sedangkan plafon gipsum bersifat adaptif dan lebih menarik secara visual.
  • PVC sangat kokoh dan tahan lama, sedangkan gipsum tahan api dan cocok untuk dipasang di dapur.
  • Harga plafon PVC jauh lebih murah dibandingkan dengan plafon lainnya, sedangkan plafon gipsum merupakan pilihan yang tepat sebagai isolator panas.
  • Plafon PVC lebih mudah dipasang dan dirawat, sedagkan plafon gipsum memerlukan tenaga ahli saat proses pemasangannya.
  • Karena bersifat tahan air, plafon PVC dapat dipasang di kamar mandi. Sedangkan plafon gipsum cenderung ringan dan retakan tidak terlihat oleh mata biasa.

Inspirasi Gaya Plafon PVC untuk Rumah Minimalis

Plafon PVC dapat memiliki gayanya tersendiri bagi rumah minimalis Anda. Jika Anda membutuhkan inspirasi gaya plafon PVC untuk hunian minimalis Anda, berikut adalah beberapa rekomendasi gaya plafon yang bisa Anda coba:

#1 Model Plafon Bertingkat

plafon pvc minimalis bertingkat
via Houzz

Anda bisa mencoba model plafon PVC bertingkat untuk hunian minimalis Anda. Model ini dapat memudahkan Anda memasang penerangan rumah. Tampilan ruangan dengan model plafon seperti ini dapat menjadi unik serta menarik.

#2 Konsep Hidden Lamp pada Plafon PVC

Menghadirkan lampu LED dengan konsep hidden pada plafon PVC? Mengapa tidak? Konsep satu ini dapat membuat ruangan Anda memiliki pencahayaan yang unik. Selain minimalis, hunian Anda pun akan terlihat modern dan futuristik.

#3 Plafon Bergaya Polos dengan Penerangan di Tiap Sisi

Plafon dengan gaya ini mungkin banyak ditemukan di berbagai rumah di Indonesia. Biasanya, gaya plafon ini cocok untuk dipasang di kamar tidur. Pemasangan plafon ini dibuat cekung dengan penerangan di sisi-sisinya. Namun penggunaan lampu gantung di bagian tengah ruangan dinilai kurang tepat jika Anda menggunakan plafon polos dengan model ini.

#4 Gaya Kotak-Kotak pada Plafon Rumah

Kotak-kotak tidak hanya identik dengan lantai rumah. Gaya seperti ini pun dapat diterapkan pada plafon PVC rumah Anda. Petak-petak plafon Anda bisa diselingi dengan lampu tempel ukuran sedang. Alhasil, tampilan plafon Anda menjadi sangat unik.

#5 Plafon PVC Putih untuk Area Luar Ruangan

Tidak hanya area di dalam ruangan, area luar ruangan rumah Anda pun perlu memiliki plafon yang baik. Plafon PVC putih garis-garis satu ini cocok untuk Anda pasang di area luar ruangan rumah Anda. Contoh area yang cocok untuk dipasangi plafon ini adalah beranda Anda. Kehadiran plafon yang kinclong dan mengilap ini dapat membuat rumah Anda terlihat lebih indah.

#6 Kesederhanaan Plafon yang Polos untuk Kamar Mandi

Meskipun sederhana dan cenderung polos, plafon ini tetap bisa terlihat cantik dan rapi. Jika dilihat dari tampilannya, plafon ini cocok untuk dipasang di area kamar mandi yang memiliki dinding berwarna hangat seperti coklat atau krem. Nuansa minimalis terlihat amat kuat pada plafon polos satu ini.

#7 Plafon “Smile Box” yang Unik

Jika Anda ingin memiliki hunian yang sangat unik, Anda bisa menciptakannya dengan memasang gaya plafon unik layaknya smile box ini. Tampilan plafonnya layaknya seseorang yang tengah tersenyum lebar. Plafon smile box ini tidak hanya membuat rumah Anda menjadi lain dari yang lain, tetapi juga dapat menciptakan tampilan yang cenderung futuristik.

#8 Konsep Indirect Light pada Plafon di Ruang Tengah

Bagi Anda yang mendambakan ruang tengah dengan pencahayaan yang tidak terlalu banyak sehingga memunculkan kesan kalem dan menenangkan, Anda bisa mencoba konsep satu ini pada plafon ruang tengah rumah Anda. Adanya sumber pencahayaan tidak langsung karena nampak “bersembunyi” pada plafon bisa membuat ruang tengah rumah Anda terkesan tenang.

#9 Kombinasi antara Plafon PVC dengan Gipsum

Plafon PVC tidak harus selalu berdiri sendiri di rumah minimalis Anda. Ia juga bisa “bekerja sama” dengan gipsum pada bagian tepi plafon agar memiliki sisi-sisi yang rapi. Gaya plafon seperti ini dapat banyak Anda temukan di rumah-rumah di Indonesia.

#10 Model Plafon dengan Corak Kayu

Plafon PVC tidak hanya bermodel polos, ia pun memiliki corak kayu. Ini berguna seandainya Anda ingin plafon PVC rumah minimalis Anda terlihat senada dengan dominasi furniture kayu yang ada.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang plafon PVC dan penerapannya pada rumah minimalis. Plafon ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, tetapi ia tetap menjadi pilihan yang baik untuk menjadi langit-langit hunian minimalis Anda. Berbagai gaya plafon dapat disesuaikan agar hunian Anda tidak hanya nyaman, tetapi juga menarik dari segi estetika.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id