fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Plafon Rumah Minimalis; Kriteria dan 10 Inspirasinya

Posted by Brenda Brilianita Wednesday, July 7 2021
plafon rumah minimalis

PLAFON RUMAH MINIMALIS – Plafon tidak hanya berfungsi sebagai penutup sebuah ruangan, ini juga berperan penting dalam menentukan nilai atau kadar estetika ruangan tersebut.

Estimated reading time: 8 minutes

Plafon ada tidak hanya untuk menjalankan fungsinya sebagai penutup sebuah bangunan. Ia hadir untuk memainkan peran penting dalam hal menambahkan estetika terhadap ruangan. Desain plafon harus dapat menyesuaikan gaya interior yang diterapkan di dalam hunian. Apakah gagasan interior yang ada pada ruangan bergaya modern, skandinavia, atau minimalis? Plafonnya pun perlu disesuaikan dengan gaya tersebut.

Sebelum menyesuaikan plafon rumah dengan gaya yang dimiliki oleh ruangan tersebut, ada baiknya untuk kita mengetahui kriteria plafon seperti apa yang dinilai baik untuk sebuah bangunan.

Kriteria Plafon Rumah Berkualitas Baik

Berikut adalah beberapa kriteria plafon rumah yang dinilai memiliki kualitas baik untuk bangunan:

Memiliki Permukaan yang Rata

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dari plafon yang Anda pilih adalah permukaannya. Plafon berkualitas baik memiliki permukaan yang rata, lurus, serta tidak bergelombang. Permukaan plafon yang rata ini dapat memudahkan proses pengecatan. Selain itu, finishing plafon pun akan jadi lebih bagus.

Bobot Plafon Ringan

Kriteria kedua yang harus Anda perhatikan dari plafon rumah Anda adalah bobotnya. Plafon yang baik memiliki bobot yang cenderung ringan. Ada baiknya jika Anda memilih plafon yang bobotnya tidak lebih dari 15 kg. Bobot ringan pada plafon ini akan memudahkan Anda saat ingin melakukan proses instalasi.

Namun Anda harus memahami bahwa tidak semua plafon ringan memiliki daya tahan yang kuat. Ada beberapa plafon berbobot ringan, tetapi kekuatannya tidak sebesar plafon pada umumnya.

Plafon Bergaransi

Terakhir, Anda perlu memilih plafon rumah yang bergaransi. Hal ini untuk menjamin kerusakan yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada plafon Anda. Oleh karena itu, pastikan plafon Anda memiliki garansi saat Anda melakukan proses pembelian.

Inspirasi Plafon Rumah Bergaya Minimalis

Setelah Anda memahami plafon seperti apa yang dapat masuk ke dalam kriteria berkualitas baik, saatnya Anda menyesuaikan plafon Anda dengan gaya interior yang dimiliki oleh hunian Anda.

Anda yang memiliki hunian bergaya minimalis tentu menginginkan plafon dengan gaya yang sama. Untuk dapat memilih desain plafon rumah yang tepat bagi hunian minimalis Anda, berikut adalah beberapa inspirasi yang bisa Anda pilih.

#1 Plafon Rumah Minimalis dengan Downlight

Kehadiran plafon yang ada di ruang keluarga satu ini dikombinasikan dengan pencahayaan berkonsep downlight. Kesan hangat sepertinya ingin ditimbulkan oleh area ini, mengingat penggunaan warna dominan pada ruangan adalah coklat. Selain itu, penggunaan pintu serta jendela yang tinggi menjulang hingga ke plafon membuat ruangan terkesan luas. Kesan bersih dicitrakan langsung oleh ruang keluarga minimalis ini dan didukung oleh desain plafonnya itu sendiri.

#2 Konsep Minimalis dengan Aksen Farmhouse pada Plafon Kayu Solid yang Diekspos

Pembauran desain bergaya minimalis dengan aksen farmhouse adalah hal yang sangat memungkinkan. Harmoni kedua konsep ini dapat dilihat langsung pada salah satu vila yang ada di Bali ini. Areanya terkesan bersih dengan dominasi warna putih pada ruangan, penggunaan furniture kayu, serta plafon bermaterial kayu solid yang diekspos.

Elemen yang amat memperlihatkan nuansa farmhouse pada ruangan ini adalah plafonnya itu sendiri. Ini membuktikan bahwa aksen gagasan interior lain pada ruangan tidak hanya dapat dihadirkan oleh furniture atau warna, tetapi juga dapat dihadirkan oleh plafon.

#3 Plafon Kayu untuk Kamar Minimalis dengan Bentuk Segitiga

Anda yang menginginkan kamar tidur dengan konsep jendela segitiga seperti ini bisa menggunakan plafon bermaterial kayu. Kesan warm dicitrakan dengan kuat oleh kamar satu ini. Hal ini dikarenakan penggunaan furniture, material lantai, serta material plafon yang kesemuanya terbuat dari kayu. Selain itu, kehadiran spotlight pada plafon segitiga ini juga menambah nilai estetika langit-langit agar tidak terkesan polos.

#4 Ruang Keluarga Minimalis-Modern dengan Plafon Kayu dan Pencahayaan LED Downlight

Plafon kayu tidak hanya cocok untuk area kamar yang ingin mencitrakan kesan hangat. Material plafon satu ini pun dapat dipasang di ruang keluarga, sehingga menciptakan kesan yang sama. Gaya minimalis-modern pada ruangan ditunjukkan oleh keberadaan dekorasi yang bersifat geometris, termasuk elemen pencahayaan yang dipasang di langit-langit.

Pencahayaan yang digunakan pada ruangan ini adalah downlight, baik yang biasa maupun yang LED. Downlight dinilai amat menguatkan konsep modern yang ingin ditunjukkan oleh ruang keluarga ini.

#5 Plafon Ekspos Beton untuk Kamar Minimalis dengan Nuansa Industrial

Jika Anda ingin menghadirkan suasana industrial pada kamar minimalis Anda, Anda bisa menggunakan plafon beton yang diekspos. Plafon ini bisa disesuaikan dengan lantai plester atau ubin/keramik dengan motif yang selaras. Pembauran nuansa industrial dengan gagasan minimalis tidak hanya bisa menciptakan kamar yang memiliki citra bersih, tetapi juga bisa membuat ruangan serasa “dingin”. Selain itu, gagasan interior industrial juga dinilai dapat menonjolkan kesan maskulin.

#6 Ruangan Monokrom dengan Plafon Minimalis yang Polos

Ruang keluarga dengan gaya minimalis-modern ini didominasi oleh palet warna monokrom. Penggunaan warna hitam-putih-abu ini amat mencirikan gagasan interior modern. Agar plafonnya terlihat selaras dengan gaya interior ruangan, maka langit-langit rumah pun dibuat polos dengan kehadiran empat downlight yang berada sejajar. Meski minim akan dekorasi pada dinding, ruang satu ini tetap terlihat elegan.

#7 Plafon Bertingkat untuk Kamar Minimalis-Modern

Plafon dengan model seperti ini dapat Anda pasang di dalam kamar Anda yang bergaya minimalis-modern. Konsep pencahayaan yang dihadirkan di sini adalah downlight yang saling berpasangan serta hidden light yang berada pada sisi-sisi plafon. Selain itu, tanaman indoor ada di salah satu sudut ruangan untuk memberikan kesegaran pada kamar. Hidden light yang terpasang seolah ingin menciptakan kesan yang menenangkan pada kamar tidur.

#8 Menghadirkan Nuansa Ranch lewat Plafon yang Mengekspos Papan serta Balok

Anda yang mencintai hunian minimalis dengan nuansa layaknya farmhouse-rustic bisa menghadirkan kesan ranch lewat plafon yang Anda pakai. Plafon yang mesti Anda pilih adalah plafon ekspos papan yang dicat dengan warna putih, lalu kombinasikan ia dengan kehadiran plafon balok yang menyangga tiap sudutnya. Untuk menguatkan kesan ranch ini, Anda bisa memakai pencahayaan berupa bola lampu.

Plafon ekspos papan serta balok ini bisa memberikan nuansa berbeda pada rumah minimalis Anda. Kesan tradisional dan pedesaan bisa Anda rasakan pada hunian Anda.

#9 Plafon yang Dihiasi Jendela Loteng untuk Pemandangan Langit yang Cantik

Jika Anda mendambakan rumah minimalis denngan suguhan pemandangan langit yang indah, itu artinya Anda perlu menghadirkan jendela loteng pada plafon rumah Anda. Adanya jendela loteng pada plafon ini dapat menjadi jalan masuk pencahayaan alami di pagi dan siang hari. Selain itu, Anda pun bisa melihat pemandangan langit di malam hari. Adanya jendela loteng ini dapat membuat hunian Anda memiliki atmosfer romantis.

#10 Sama-Sama Bermaterial Kayu, Plafon Ini Selaras dengan Lantainya

Anda yang menginginkan hunian bergaya minimalis-skandinavia tentu tahu bahwa material kayu perlu mendominasi di dalam ruangan. Untuk menguatkan kesan minimalis-skandinavia ini, Anda bisa memakai plafon dan lantai dengan material yang selaras, yakni sama-sama terbuat dari kayu. Keselarasan yang tercipta antara plafon dan lantai ini akan membuat hunian Anda terlihat unik, nyaman, dan memiliki kesan hangat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai plafon rumah serta inspirasinya untuk hunian minimalis Anda. Adalah sesuatu yang wajar untuk memandang plafon tidak hanya sebagai penutup sebuah bangunan, tetapi juga sebagai elemen desain yang menambahkan nilai estetika pada ruangan. Oleh karena itu, pastikan hunian minimalis Anda memiliki desain plafon yang tepat dan sesuai dengan gagasan interior kediaman Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id