fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Plafon Triplek: Kelebihan, Kekurangan, Harga dan Model Desain

plafon triplek

InteriorDesign – Plafon triplek merupakan salah satu tipe plafon lama yang masih digunakan saat ini. Plafon jenis ini membuat rumah tampak terlihat lebih rapi dan lebih enak dipandang. Plafon triplek juga memiliki fungsi sebagai dekorasi untuk kelengkapan estetika interior.

Saat ini, plafon triplek juga banyak ditemukan di setiap bangunan, terutama di rumah-rumah. Jenis plafon yang terbuat dari kayu ini merupakan bahan yang tepat karena menawarkan berbagai keunggulan tertentu. Jika Anda ingin tahu lebih dalam mengenai plafon triplek, simak berikut ulasannya.

Apa Itu Plafon Triplek

Plafon triplek adalah tipe material plafon yang berasal dari bahan kayu triplek dengan ketebalan yang beragam. Ketebalannya dimulai dari 3 mm hingga 6 mm. Sebelum adanya plafon jenis gypsum, plafon triplek memang merupakan tipe plafon favorit karena keunggulan yang dimiliki.

Seperti halnya, harga plafon triplek yang relatif murah dan terjangkau dibandingkan dengan harga plafon akustik yang disinyalir lebih mahal. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakan plafon triplek untuk pembangunan rumah impian.

Kelebihan Plafon Triplek

Plafon triplek yang populer memang memiliki banyak fungsi. Selain harga terjangkau seperti yang dijelaskan di atas, kelebihan plafon sebagai material dalam pembuatan rumah dan mabel dipilih karena penempatannya yang mudah.

Di sisi lain, plafon triplek memiliki karakter yang lentur dan ringan, sehingga sangat mudah dibentuk dengan berbagai model dan desain yang diharapkan.

Selain menjadi penutup rumah, plafon triplek ternyata memiliki beragam kelebihan lainnya, yakni dapat sedikit menahan suara berisik yang diakibatkan air hujan. Selain itu, plafon triplek juga dapat melindungi ruangan dari debu, kotoran, atau air hujan yang bocor dari atap. 

Plafon triplek juga dapat menjaga temperatur ruangan tetap konstan. Hal tersebut membuat ruangan menjadi tidak begitu panas saat musim kemarau dan tidak begitu dingin ketika musim hujan. Terakhir, plafon triplek juga dapat memudahkan penempatan lampu atau hiasan yang akan dipasang di atap rumah.

Kekurangan Plafon Triplek

Tidak hanya memiliki kelebihan, plafon triplek tentu juga memiliki kekurangan. Plafon triplek tidak tahan api karena terbuat dari material kayu. Hal tersebut membuatnya mudah terbakar, sehingga penempatannya tidak disarankan terlalu dekat dengan sumber api.

Plafon triplek juga akan menjadi lembab apabila terkena air terus-menerus. Meskipun diklaim tahan air, plafon triplek yang sudah berumur tidak akan tahan dengan air sehingga mudah keropos.

Harga dan Model Desain Plafon Triplek

Palfon triplek dengan ketebalan berkisar 3 mm hingga 6 mm biasanya dihargai sekitar Rp40.000 hingga Rp.250.000 per lembar, tergantung pada jenisnya. Jika menggunakan plafon minimalis bertingkat, maka bisa dikenakan harga Rp250.000/m2. Sedangkan plafon yang membatasi persinggungan langsung dengan atap rumah dihargai sekitar Rp58.000/lembar/4 mm. 

Plafon triplek sendiri memiliki jenis desain tersendiri, yakni:

1. Desain Plafon Triplek Minimalis

Plafon triplek

Desain jenis ini menggunakan material triplek polos yang telah dicat dengan warna netral dan sesuai dengan warna lantai parket dan dinding. Meski dengan desain minimalis, jenis triplek ini dapat menambah kesan ruangan yang hangat dan nyaman.

2. Desain Plafon Triplek Mewah dan Elegan

Plafon triplek

Plafon triplek yang dicat dengan warna terang membuat kesannya menjadi bercahaya. Hal tersebut pula yang membuat ruangan terlihat mewah dan menawan. Dengan menambahkan mebel mewah, dinding serta lantai kayu juga dapat menambah kesan mewah. 

3. Desain Plafon Triplek dengan Kesan Antik Tradisional

Plafon triplek

Bukan hanya menggunakan plafon kayu, ternyata dengan plafon triplek pun dapat mendatangkan suasana rumah tradisional khas Jepang. Menggunakan plafon triplek juga dapat menekan budget, dengan harga murah namun tetap berkualitas.

4. Desain Plafon Triplek Unik Minimalis

Plafon triplek

Dengan desain ini, maka dapat menunjukkan bahwa plafon triplek juga dapat disulap menjadi unik. Plafon triplek tidak hanya dipasang dengan datar saja, tetapi juga dapat divariasikan dengan desain unik seperti membentuk pola-pola tertentu atau model plafon triplek timbul.

5. Desain Plafon untuk Rumah Gaya Kekinian

Plafon triplek

Desain ini sangat cocok untuk digunakan pada rumah kekinian yang kurang mebel dan dekor. Rumah jadi terlihat tampak luas dan menambah kesan hangat serta alami.

Plafon triplek meskipun memiliki kelebihan dengan harga yang murah, ternyata dapat memberikan desain yang variatif. Hal inilah yang dapat inspirasi Anda untuk desain plafon triplek seperti apa yang cocok digunakan untuk rumah impian.

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id