fbpx

9 Tips Menciptakan Ruang Keluarga yang Sederhana

desain ruang tengah rumah modern

Ruang keluarga sederhana adalah sebuah area yang menjadi tempat antar anggota keluarga saling bercengkrama dengan kesederhanaan dekorasi ruangan yang justru memberikan kesan hangat.

Estimated reading time: 6 minutes

Di antara banyak ruang yang ada di dalam rumah, ruang keluarga adalah area yang bisa dikatakan “paling aktif” dibandingkan dengan area lainnya. Banyak aktivitas terjadi di ruang keluarga. Dimulai dari kegiatan menonton televisi bersama, saling mengobrol atau berdiskusi, hingga mengisi waktu dengan anggota keluarga lainnya dengan memainkan board game.

Oleh karena itu, adalah sesuatu yang wajar untuk menginginkan ruang keluarga dengan suasana nyaman. Kenyamanan dalam ruang keluarga dapat tercipta jika ruangan ini memiliki area yang terkesan leluasa dan sederhana. Keleluasaan dan kesederhanaan dalam ruang keluarga inilah yang membuat segala aktivitas yang terjadi dapat terasa berarti.

Untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman dan sederhana, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan. Berikut adalah beberapa poin penting mengenai ruang keluarga bergaya sederhana yang perlu Anda ketahui:

Ruang Keluarga Sederhana Tidak Melulu tentang Sofa

Meski sofa selalu identik dengan ruang keluarga dan ruang tamu, furniture yang satu ini tidak harus selalu hadir di ruang keluarga Anda. Untuk menciptakan kenyamanan dengan nuansa lain pada ruang keluarga sederhana Anda, Anda dapat mengganti sofa dengan bean bag. Kehadiran bean bag dapat membuat ruang keluarga Anda terkesan lebih luas.

Warna Putih yang Cocok untuk Ruang Keluarga Sederhana Anda

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan warna putih pada ruang keluarga Anda. Salah satu di antaranya adalah ruangan Anda akan terkesan bersih dan juga luas. Selain itu, warna putih yang dominan untuk ruang keluarga Anda dapat membuat area ini terkesan ceria dan dapat mendorong produktivitas setiap orang yang ada di dalamnya.

Manfaatkan Ruang yang Ada di Bawah Tangga

kabinet ruang keluarga kontemporer

Apabila ruang keluarga Anda memiliki tangga dengan ruang tersisa di bawahnya, Anda bisa memanfaatkan area tersebut. Jadikan ruang sisa tersebut sebagai area penyimpanan yang fungsional. Di sana, Anda bisa menyimpan berbagai barang yang Anda punya agar tidak berserakan. Ruang keluarga Anda pun jadi tidak penuh sesak oleh barang-barang yang sekiranya jarang Anda pakai.

Gunakan Furniture yang Juga Minimalis

interior ruang keluarga

Furniture yang bersifat minimalis adalah mereka yang bersifat ringan dan tidak memiliki elemen dekoratif yang berlebihan. Anda bisa menggunakan meja ruang keluarga dengan kaki-kaki yang ramping, kursi dengan bobot ringan, serta furniture minimalis lainnya. Biasanya, furniture yang bersifat minimalis memiliki harga yang lebih terjangkau.

Pasang Dekorasi Seminimalis Mungkin

desain interior ruang keluarga scandinavian

Hal ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan foto-foto keluarga Anda sebagai pajangan di dinding. Pilih bingkai foto dengan warna dan material senada dengan furniture yang ada. Pajang berbagai momen keluarga yang menurut Anda penting. Dinding rumah Anda pun akan terlihat cantik meski hanya berhiaskan foto-foto keluarga.

Sederhana tetapi Fungsional; Ruang Keluarga yang Menyatu dengan Ruang Makan

ruang tengah minimalis

Ini cocok bagi Anda yang memiliki ruang keluarga sederhana dengan area terbatas. Anda bisa menata sedemikian rupa keberadaan meja makan Anda di ruang keluarga. Ruang keluarga Anda akan terasa lebih fungsional, karena di sana, Anda tidak hanya dapat bersantai, tetapi juga dapat menikmati sajian yang terhidang di meja makan.

Tips: 11 Cara Menciptakan Ruang Tamu yang Minimalis dan Mewah

Tidak Ada Salahnya Mencoba Sofa Berbentuk “L”

Sofa berbentuk “L” dapat Anda hadirkan di ruang keluarga sederhana Anda. Selain cenderung besar, sofa ini dapat menjadi spot terbaik bagi keluarga Anda untuk berkumpul. Ia bisa jadi tempat yang nyaman bagi Anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu dengan menonton berbagai film favorit.

Ruang Keluarga Sederhana Membutuhkan Tanaman Indoor untuk Kesegaran Ruangan

ruang tengah modern

Hal lain yang bisa Anda tambahkan pada ruang keluarga sederhana Anda adalah tanaman indoor. Tanaman ini dapat memberikan kesegaran pada ruangan dan berperan penting dalam proses pertukaran udara. Tanaman indoor dengan jenis tertentu pun memiliki kemampuan menyaring udara kotor yang masuk ke dalam ruangan.

Baca juga: Jenis Tanaman Hias untuk Taman Kecil di Rumah

Maksimalkan Setiap Sudut Ruang Keluarga untuk Area Penyimpanan

area ruang keluarga kontemporer

Kehadiran area penyimpanan di berbagai sudut ruang keluarga dapat membuat ruangan ini terlihat semakin rapi. Jangan lupa untuk senantiasa mengelompokkan barang-barang yang Anda simpan atau pajang, agar saat Anda membutuhkannya lagi suatu hari, Anda tidak akan kesulitan untuk mengambilnya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda garis bawahi dan hadirkan di ruang keluarga Anda. Ruang keluarga yang sederhana bukan berarti sebuah area tempat berkumpulnya keluarga dengan dekorasi dan interior yang terlalu apa adanya. Kesederhanaan di sini lebih mengedepankan sisi fungsi dibandingkan sisi dekorasi sebuah ruangan. Oleh karena itu, sederhana yang ada pada ruangan Anda ini bukan berarti tidak ada apa-apanya.

Memiliki ruang keluarga yang sederhana berarti menciptakan sebuah area hangat tempat interaksi antar anggota keluarga yang benar-benar fungsional dan jauh dari kesan berlebihan. Kesederhanaan yang ditunjukkan ruang keluarga ini justru membuat hunian Anda benar-benar menjadi rumah yang nyaman bagi setiap anggota keluarga Anda untuk pulang.

Portfolio: Ruang Keluarga Minimalis – Parung Panjang, Bogor

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×