fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Berbagai Tips Menciptakan Ruang Makan Terbuka di Rumah

Posted by Aisah Wolfard Friday, August 6 2021
ruang makan terbuka

Ruang makan terbuka bisa memberikan pengalaman menyenangkan terhadap aktivitas bersantap yang dilakukan.

Estimated reading time: 7 minutes

Apakah Anda tinggal di sebuah tempat yang memungkinkan untuk memiliki ruang makan di area terbuka? Contohnya adalah peternakan yang luas, rumah dengan area balkon atau halaman belakang yang besar, dan masih banyak lagi. Ruang makan ini bisa Anda pakai untuk momen-momen tertentu atau saat cuaca sedang bersahabat.

Untuk menciptakan ruang makan terbuka yang nyaman dan bergaya ini, Anda hanya perlu mengubah area yang tersedia di sekitar Anda, baik halaman, balkon, maupun area lainnya. Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum membangun ruang makan ini. Yang jelas, area satu ini perlu Anda rencanakan dengan matang sebelum Anda ciptakan.

Pertimbangkan Lokasi Tempat Ruang Makan Terbuka Berada

ruang makan terbuka berdasarkan lokasi
via Shoppe

Idealnya, ruang yang Anda desain harus menyesuaikan gaya hidup Anda, bukan gaya hidup Anda yang didesain untuk menyesuaikan ruang yang ada. Jadi, jika Anda adalah seseorang yang senang menghibur orang lain, Anda bisa mencoba menghadirkan meja makan sebesar mungkin.

Namun jika Anda hanya akan mengutamakan keluarga dekat Anda saat menggunakan ruang makan terbuka tersebut, pastikan furniture Anda dapat mengakomodir kebutuhan tersebut. Harus ada cukup ruang untuk setiap orang bergerak di area makan Anda.

Selain itu, sangat ideal bagi ruang makan terbuka untuk ditempatkan di area dekat titik akses ke dapur. Anda pun perlu membuat ruangan ini memiliki akses yang mudah ke rumah agar saat Anda ingin ke kamar mandi, hal itu mudah untuk dilakukan. Kemudian, jangan tempatkan meja makan Anda terlalu dekat dengan panggangan karena hawa panas dan asap yang dihasilkannya.

Memilih Set Makan yang Tepat untuk Ruang Makan Terbuka

Jika Anda berpikir untuk membeli set makan baru untuk ruang makan terbuka Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu:

  • Berapa banyak orang yang akan menggunakannya? Anda harus mengetahui set makan yang Anda beli akan digunakan oleh siapa saja. Apakah keluarga dekat, banyak teman, atau hanya Anda dan seseorang yang istimewa?
  • Bentuk meja makan seperti apa yang Anda suka? Sebagian besar meja makan memiliki bentuk oval, bulat, persegi panjang, atau persegi.
  • Apakah ukuran set makan Anda sesuai dengan ruang makan terbuka Anda? Furniture berukuran besar bisa membuat ruang yang sempit menjadi semakin sempit. Sedangkan furniture berukuran kecil dapat terlihat hilang di ruangan yang luas. Ukur luas ruang makan Anda sebelum mulai berbelanja furniture.
  • Apakah kenyamanan adalah sesuatu yang paling Anda cari? Jika iya, pertimbangkan untuk menggunakan kursi berbantal pada meja makan Anda.
  • Apakah ada gaya yang ingin Anda padukan? Jika iya, cocokkan gaya dan warna eksterior rumah Anda dengan furniture ruang makan terbuka yang Anda pakai.

Desain set makan pada ruang makan terbuka Anda pada akhirnya akan disesuaikan dengan preferensi pribadi Anda. Namun Anda perlu ingat bahwa makan di luar ruangan pada dasarnya bersifat informal. Tidak ada satu pun aturan yang mengatakan bahwa meja dan kursi harus cocok.

Terkadang, tampilan yang bersifat eklektik menjadi jauh lebih mengundang dan nyaman dibandingkan set makan yang seragam. Banyak orang justru mencari tampilan eklektik ini dan membeli outdoor furniture yang murah dan tidak serasi.

Tips Menciptakan Ruang Makan di Area Terbuka

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui saat ingin menciptakan ruang makan di area terbuka:

#1 Atur Meja Makan Anda

Anda bisa mengatur meja makan Anda sesuai dengan tingkat formalitas acara Anda. Kehadiran taplak meja amat dibutuhkan untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan pada meja makan Anda. Jika Anda berencana untuk sering-sering makan di ruang makan terbuka, beli satu set peralatan makan yang bisa digunakan kembali.

Piring dan gelas yang terbuat dari bahan melamin atau bahan tahan lama lainnya ideal untuk Anda gunakan, karena banyak aktivitas sering terjadi di sebuah ruang makan terbuka. Aktivitas ini dapat meningkatkan kemungkinan tumpahan yang tidak disengaja. Akan sulit bagi Anda membersihkan pecahan kaca atau piring di ruang terbuka rumah Anda.

#2 Pertimbangkan Sajian Hidangan Berbentuk Buffet

Sediakan meja atau area prasmanan agar setiap orang bisa melayani diri mereka sendiri saat waktu makan dimulai. Bentuk sajian makan ini sejalan dengan sifat informalitas yang dimiliki oleh ruang makan terbuka. Anda pun bisa mendandani area prasmanan Anda sesuai dengan set meja makan Anda.

Pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk menampung prasmanan Anda tanpa berdesakan. Jaga jarak sekitar 4 kaki antara meja prasmanan dan meja maka untuk memudahkan akses.

#3 Maksimalkan Pemandangan yang Ada

Maksimalkan pemandangan alam yang ada di sekitar Anda saat Anda akan mengatur sebuah acara makan-makan di luar ruangan. Jika kebetulan Anda tinggal di puncak bukit, suguhan pemandangan lembah bisa menjadi sesuatu yang menarik.

Perhatikan berbagai daya tarik yang ada di sekitar rumah Anda. Apakah Anda memiliki pemandangan halaman yang indah? Adakah taman yang rimbun atau fitur air di sekitar Anda? Atau Anda memiliki rumah dengan banyak jendela kaca yang bisa menyuguhkan pemandangan lampu saat malam? Atur area makan ini di tempat yang bisa menyuguhkan berbagai pemandangan indah.

#4 Jangan Lupakan Suasana

Suasana di luar ruangan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap ruang makan terbuka. Jika Anda tinggal di daerah dengan pemandangan indah, suasana menyenangkan bisa terbentuk di ruang makan Anda. Namun Anda pun bisa membentuk suasana itu sendiri. Hal ini bisa Anda mulai dengan menambahkan berbagai dekorasi alami di sekitar area makan seperti bunga atau tanaman hijau.

Untuk menghidupkan suasana, Anda bisa mengatur speaker dan memperdengarkan musik saat makan. Suaranya tidak perlu terlalu kencang, yang penting ia bisa dinikmati dengan baik. Jika kebetulan ruang makan terbuka Anda gelap, tambahan pencahayaan yang dibutuhkan.

#5 Manfaatkan Kolam Renang (Jika Ada)

via Modish

Jika Anda kebetulan memiliki kolam renang yang terpelihara dengan baik di rumah, Anda bisa menempatkan ruang makan terbuka Anda di dekat area ini. Bersantap di dekat kolam renang bisa memberikan efek menenangkan dan terasa elegan. Untuk membangun suasana, Anda bisa menambahkan efek seperti lampu yang dapat berubah warna atau air mancur. Efek seperti ini bisa meningkatkan pengalaman bersantap Anda.

Itulah beberapa tips yang harus Anda ketahui saat sedang ingin menciptakan ruang makan terbuka di rumah Anda. Sesuaikan suasana dan dekorasi area ini dengan selera Anda, agar aktivitas makan bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id