fbpx
Hello, Guest

Serba-serbi Kaca Jendela yang Perlu Diketahui

Posted by Kumala Devanty Thursday, February 2 2023
Ilustrasi kaca jendela

InteriorDesign.id – Kaca jendela adalah elemen yang paling esensial dari sebuah bangunan. Hal tersebut dikarenakan setiap ruangan membutuhkan sinar dan pencahayaan yang baik.

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan jenis-jenis kaca jendela yang cocok digunakan untuk hunian Anda. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kaca jendela.

Apa Itu Kaca Jendela

Kaca jendela adalah material yang digunakan untuk menutup ventilasi di ruangan. Untuk dapat mempercantik arsitektur rumah, Anda harus mengetahui apa saja jenis-jenis kaca jendela yang cocok.

Apa Fungsinya

Fungsi kaca jendela adalah memiliki peranan yang penting karena dapat memengaruhi interior rumah Anda. Kaca jendela tentunya akan membuat ruangan Anda menjadi tidak gelap karena membiarkan cahaya alami dari matahari bisa masuk ke dalam dengan mudah. 

Hunian yang mendapatkan cahaya alami tentu akan menjadi lebih terang dan terasa hangat. Anda juga jadi lebih hemat listrik dan tidak perlu lagi membutuhkan pencahayaan tambahan ketika di siang hari.

Jenis-jenisnya

Berikut jenis-jenis kaca jendela yang bisa jadi pilihan untuk rumah Anda.

1. Kaca Jendela: Clear Float Glass

Clear float glass adalah kaca dengan ketebalan dari 2 mm hingga 19 mm yang di produksi dengan sistem float sehingga menghasilkan permukaan yang rata dan memiliki pantulan yang sempurna. 

Ketebalan kaca yang umumnya digunakan pada jendela atau pintu, yaitu 5mm, 6 mm, 8 mm, 10 mm, dan 12 mm, tergantung dari luas area jendela dan pintunya. 

Pada umumnya, produk yang ditawarkan dari jendela dengan ukuran normal adalah dengan ketebalan 5mm. Sedangkan untuk pintu adalah dengan ukuran normal, yakni 6mm. Kaca float merupakan kaca standar bagi Anda yang tidak memiliki spesifikasi khusus dan mencari harga paling terjangkau. 

2. Kaca Jendela: Frosted Glass

Frosted glass atau yang disebut kaca es memiliki sisi yang bertekstur dan permukaannya buram (tidak transparan). Teksturnya terletak pada sisi yang menghadap keluar, sedangkan sisi yang rata menghadap bagian dalam rumah.

Di Indonesia, kaca jendela ini disebut juga kaca Indofigur. Kelebihan jenis kaca ini adalah sanggup menghalangi pandangan dari luar sekaligus memecah gelombang sinar matahari. Jika Anda memasang jendela dari kaca es, ruangan akan nampak terang tapi sinarnya lembut (tidak menyilaukan mata).

Selain memiliki fungsi dekoratif, kaca ini juga digunakan sebagai penyekat agar orang lain tidak bisa melihat isi ruangan pada rumah Anda.

3. Mirror Glass

Kaca jendela cermin atau mirror glass hanya terlihat transparan dari satu sisi saja. Sedangkan sisi lainnya terlihat seperti cermin biasa. Kaca cermin dibuat dengan memberikan lapisan pemantul berupa lapisan tipis oksida logam. Coating atau pelapis tersebut bisa diberikan pada kaca bening maupun kaca warna.

Fungsi dari kaca ini adalah dapat menjaga privasi Anda di dalam ruangan Selain itu, dapat memantulkan cahaya dan panas sehingga ruangan akan tetap sejuk. 

Hal itu membuat kaca jenis itu cocok sebagai jenis jendela kaca rumah. Ditambah lagi tampilan kaca cermin ini dapat membuat rumah atau bangunan terlihat lebih mewah.

4. Rayban Glass

Rayban glass

Kaca rayban atau rayban glass adalah kaca jendela bening yang diwarnai dengan penambahan bahan metal. Hal tersebut membuat kaca dapat menyerap sampai dengan 55% dari panas matahari sehingga dapat mengurangi penggunaan daya pendingin ruangan. 

Kaca Rayban ini hanya tersedia dalam ukuran 5 mm dan 6 mm. Kaca jenis ini sesuai untuk Anda yang ingin meredam pencahayaan berlebih yang masuk dari luar. Suasana ruangan pun jadi lebih sejuk sehingga dapat menghalangi pandangan orang untuk melihat ke dalam ruangan. 

5. Tempered Glass 

Tempered glass dianggap sebagai kaca yang sangat kuat terhadap benturan. Hal tersebut dikarenakan jenis kaca jendela ini memiliki kemampuan menahan benturan 3-5 kali lipat dibanding kaca biasa. Proses pembuatannya berasal lembaran kaca polos panas yang didinginkan secara mendadak.

Kaca ini biasanya digunakan untuk dinding kaca, pintu kaca tanpa rangka (seperti pintu utama pertokoan), partisi kamar mandi dan tempat-tempat lain yang bukan hanya menampilkan segi estetika, tapi juga membutuhkan ketahanan ekstra.

Meski disebut-sebut lebih kuat dari kaca jendela lainnya, tempered glass juga bisa pecah. Ketika tempered glass pecah, akan berbentuk serpihan-serpihan kecil yang tumpul sehingga tidak melukai seperti pecahan kaca biasa yang panjang dan tajam.

Kaca jendela menjadi hal yang esensial untuk ruangan di hunian Anda. Dapat menunjang desain interior, ada beragam jenis kaca jendela yang bisa Anda gunakan sesuai selera. Temukan tips dan inspirasi interior desain lainnya melalui interiordesign.id.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
desain jendela kamar tidur
Tuesday, May 31 2022
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan
desain kamar tidur modern kontemporer
Wednesday, September 22 2021
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id