fbpx
Hello, Guest

Step by Step! Cara Pasang Plafon Akustik

Posted by Iqbal Mujahid Wednesday, February 1 2023
Ilustrasi Plafon Akustik

InteriorDesign.ID – Plafon akustik merupakan salah satu jenis plafon yang umum dijumpai oleh sebagian besar orang. Plafon ini sering Anda temukan pada ruangan perkantoran modern, lobby, restauran, bioskop, ruang rapat dan studio. 

Keunggulan dari plafon ini adalah mampu meredam suara. 

Selain itu, keunggulan lainnya terletak pada kemudahan memasangnya. Anda dapat memasang sendiri plafon akustik untuk rumah Anda. Nah, dalam artikel kali ini, Interiordesign akan membahas tentang cara memasang plafon akustik. 

Peralatan dan Perlengkapan

Sebelum memasang plafon akustik, Anda terlebih dahulu harus menyiapkan beberapa peralatan dan material. Peralatan ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam memasang plafon akustik. Berikut ini peralatan dan material yang harus Anda siapkan. 

1. Peralatan

Dalam memasang plafon akustik, alat yang digunakan adalah gergaji besi, palu, paku, tang dan meteran. Gergaji digunakan untuk memotong besi dan plafon sesuai ukuran. Palu digunakan untuk memancapkan paku dibagian tertentu pada plafon, tang untuk memotong hollow dan meteran untuk mengukur serta memastikan ukuran plafon akustik yang akan dipasang pada atap. 

2. Perlengkapan

Beberapa perlengkapan dan bahan pendukung yang diperlukan untuk memasang plafon akustik adalah papan gypsum, paku beton, kawat dan hollow. Untuk ukuran hollow yang diperkukan adalah ukuran 4×4, sedangkan skrup gypsum berukuran 2×4. Siapkan juga tangga portable untuk mempermudah pengerjaan plafon akustik ini. 

Cara Memasang Plafon Akustik

1. Membuat Kerangka

Sumber : Arsiteki.com

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan saat memasang plafon akustik adalah membuat kerangka plafon. Kerangka ini bertujuan untuk mempermudah pemasangan plafon akustik. Bentuk dari plafon ini persegi, namun beberapa bagian digantungkan menggunakan paku dan kawat. 

2. Mengukur Ruangan

Langkah berikutnya adalah mengukur luas ruangan. Tujuan dari langkah ini adalah agar kerangka plafon akustik dan luas ruangan yang akan dipasang sesuai dan seukuran. Anda bisa mengukur luas ruangan dengan menggunakan meteran atau selang timbang. 

3. Memasang Wall Angle

Sumber : chichijaya.com

Langkah ketiga adalah memasang dudukan dari plafon atau biasa disebut dengan wall angle. Wall angle ini dipasang di bawah atap dan di semua bagian ruangan. Tujuan dari pemasangan wall angle ini adalah sebagai penopang dari plafon akustik. 

4. Memasang Hollow

Sumber : Bildeco.com

Langkah keempat adalah memasang hollow. Ukuran hollow yang pertama dipakai adalah hollow 2×4 dan dipasang setiap 60cm wall angle. Pasanglah hollow ukuran ini hingga menutupi semua bagian yang akan dipasangi plafon akustik. Lalu, pasang kembali hollow dengan ukuran 4×4 di atas hollow 2×4. Jarak pemasangannya adalah setiap 100cm. Pastikan semua hollow telah menempel dengan sempurna pada dinding. 

5. Memasang Gantungan dan Plafon

Sumber : pengadaan.web.id

Langkah terakhir adalah memasang gantungan dan plafon. Pemasangan gantungan ini bertujuan untuk menghubungkan rangka hollow bagian atas dan bawah. Buatlah jarak gantungan serapat mungkin agar hasilnya kokoh. Pasangkan juga sekrup agar rangka dan gantunganya tidak bergoyang. Setelah selesai memasang gantungan, Anda baru dapat memasang plafon akustik pada gantungan untuk menutupi bagian-bagian rangka sebelumnya. 

Harga Pemasangan Plafon Akustik

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengerjakan plafon akustik secara sendiri, Anda dapat meminta pemasangan plafon akustik secara profesional. Namun, kekurangan dari hal ini adalah Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal tergantung dari biaya plafon dan luas ruangannya. 

Saat ini, di pasar Indonesia, harga plafon akustik cukup beragam. Untuk ukuran plafon akustik ukuran 60×60 dapat Anda peroleh dengan biaya Rp. 95.000,- hingga Rp. 257.000,-. 

Sedangkan untuk plafon akustik ukuran 120 x 60, Anda dapat memperolehnya dari harga Rp. 135.000,- hingga Rp. 257.000,- per meter. Untuk menghitung biaya pemasangannya, Anda dapat mengalikan harga ukuran plafon akustik per meter dengan volume plafon.

Nah, itulah beberapa cara pemasangan plafon akustik beserta biaya pemasangannya. Jika Anda menemukan kendala dalam pemasangan plafon akustik, Anda dapat menghubungi Interiordesign.id. Kami dapat membantu Anda dalam pemasangan plafon akustik untuk rumah Anda. Segera hubungi kami dan dapatkan harga terbaik dari kami disini!

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
inspirasi plafon pvc
Sunday, December 18 2022
Posted by Gabriella Calysta Taslim
Rekomendasi Model Plafon PVC Terbaik
Friday, November 18 2022
Posted by Christoper Wibisono

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id