fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

T.A.D.A: 4 Layer Pencahayaan Ruangan yang Harus Anda Ketahui

pencahayaan ruangan

Illumination system, atau sistem pencahayaan ruangan, atau penerangan dalam desain interior dikenal dengan istilah metode TADA. TADA adalah singkatan dari Task, Accent, Decorative, dan Ambient.

Estimated reading time: 3 minutes

Interiordesign.id – Desain interior adalah ilmu dan seni bagaimana mengubah dan menjadikan ruangan memiliki nilai estetika sekaligus nyaman. Dengan kata lain, desain interior adalah seni bagaimana membuat ruangan benar-benar liveable alias layak huni.

Nah, salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam mengubah ruangan menjadi memiliki tingkat kenyamanan maksimal, adalah soal pencahayaan atau iluminasi.

Sistem iluminasi, atau sistem pencahayaan ruangan dalam desain interior dikenal dengan istilah metode TADA.

Apa itu T.A.D.A?

TADA adalah singkatan dari Task, Accent, Decorative, dan Ambient.

Menurut Brad Faber, anggota Master Builders Association of King and Snohomish Counties, Asosiasi homebuilders tertua yang berbasis di Washington Amerika Serikat, seperti dikutip seattletimes; untuk mendapatkan sistem pencahayaan yang benar-benar baik untuk ruangan, Anda harus memertimbangkan penggunaan 4 layer pencahayaan ruangan dengan menggunakan metode TADA.

Berikut adalah penjelasan mengenai sistem pencahayaan interior yang dikenal dengan istilah TADA tersebut.

“T” alias Task Lighting, Pencahayaan Ruangan yang Terkonsentrasi

Apakah menulis, membaca, memasak adalah aktivitas-aktivitas yang Anda lakukan di rumah? Task Lighting adalah cara dan metode yang tepat untuk mendukung semua aktivitas tersebut.

Lampu meja dapat memberikan pencahayaan yang terkonsentrasi pada penerangan maksimal untuk mendukung aktivitas Anda. Atau jika Anda menginginkan pencahayaan maksimal pada area kamar mandi misalnya, task lighting merupakan metode yang harus Anda pilih dan gunakan.

Atau penempatan lampu di bawah kabinet di area dapur, di mana sebagian besar tugas dan aktivitas berada di sekitar, adalah metode task lighting yang paling tepat untuk hal ini.

warna cat dapur

“A” alias Accent Lighting, Pencahayaan Ruangan yang Merata

Accent lighting sangat cocok untuk rumah yang memiliki langit-langit atau atap yang tinggi. Pencahayaan ini sangat ideal untuk dapur dan atau ruang makan.

Penggunaan lampu gantung misalnya, tidak saja memberikan aksen dekoratif, tetapi juga pencahayaan yang terfokus dan merata, serta lembut. Menjadikan suasana terasa “kalem” dan menenangkan.

interior ruang makan

“D” alias Decorative Lighting, Pencahayaan Dekoratif

Hadirnya berbagai inovasi dan penemuan terbaru lampu dan teknologi LED, menciptakan bentuk dan model pencahayaan yang kreatif dan artsy.

Model decorative lighting sangat cocok pada ruang tamu atau ruang keluarga untuk menambah fokus dan penerangan pada karya-karya seni yang Anda koleksi.

Pencahayaan dekoratif adalah salah satu cara untuk menambah nilai estetik dan artistik pada ruangan.

pencahayaan ruangan interior ruang keluarga

“A” alias Ambient Lighting, Pencahayaan yang Menenangkan

Metode pencahayaan ambient adalah pengaturan tingkat pencahayaan ruangan yang memberikan suasana temaram dan menenangkan. Seperti pengunaan lilin atau lampu tersembunyi pada atap atau langit-langit.

Pencahayaan ambient dapat juga membuat ruangan terlihat lebih besar dan luas.

Ambient lighting sangat cocok untuk kamar tidur agar memberikan suasana yang relaxing. Tambahkan dimmer untuk pengaturan pas agar sesuai dengan kebutuhan dan mood Anda.

pencahayaan ruangan interior kamar tidur
Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room
Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id