fbpx

Calathea Ornata & Perawatannya yang Mudah

calathea ornata

Calathea ornata adalah tanaman yang menonjol karena keunikan pola pada daunnya. Selain itu, ia pun dianggap sebagai tanaman yang ramah hewan peliharaan, sehingga dapat menjadi pilihan tanaman indoor terbaik. Tanaman ini bisa berbagi tempat dengan hewan peliharaan yang penuh rasa ingin tahu.

Estimated reading time: 3 minutes

Interiordesign.id – Di negara-negara tropis seperti Brasil, daun Calathea yang berwarna-warni biasanya digunakan sebagai bahan kerajinan tangan dan bungkus makanan. Karena bentuk daunnya yang beragam, keranjang akan dianyam dan makanan akan dibungkus menggunakan dedaunan yang lebih lebar.

Warna-warni daun Calathea juga membuatnya populer sebagai tanaman rumahan. Bahkan popularitas tersebut mengalami peningkatan saat ini.

Spesies populer dari Calathea antara lain adalah Calathea veitchiana ‘Medali’ (Calathea Medali), Calathea lancifolia (Calathea Ular Derik), Calathea ornata (Calathea Garis Halus), dan Calathea roseopicta ‘Dottie’ (Calathea Dottie).

Gerakan Calathea Ornata

Tumbuhan ini merupakan bagian dari keluarga prayer plant, Marantaceae. Panggilan prayer plant ini datang dari pergerakan tanaman itu sendiri di kesehariannya. Berbagai tanaman dari kategori ini membuat daunnya jadi lebih tinggi pada malam hari dan merendahkan daunnya pada siang hari. Gerakan tanaman ini mengikuti ritme sirkadian.

Calathea ornata menggerakkan daunnya dengan cara mengubah tekanan air pada bagian pulvini, yakni benjolan bengkak yang ada di pangkal daun, di sepanjang tangkai daun. Dipercaya bahwa gerakan yang dilakukan oleh Calathea ini mengikuti matahari di langit untuk memaksimalkan penyerapan cahaya.

Cara Merawat Calathea Ornata

Intesitas cahaya matahari: Intensitasnya berkembang dari medium ke terang secara tidak langsung. Dapat menoleransi cahaya tidak langsung berintensitas rendah.

Kadar air yang dibutuhkan: Disiram 1x selama 1-2 minggu dan biarkan tanah mengering setengahnya saat proses penyiraman. Lakukan penyiraman lebih sering di bawah cahaya terang dan kurangi kegiatan ini saat intensitas cahaya sedang rendah.

Kelembapan: Lebih baik berada di tempat dengan kelembapan tinggi

Suhu: 18°C-30°C dan jangan disimpan pada suhu di bawah 15°C

Masalah Umum & Saran untuk Pemilik Tanaman

Apabila dedaunan Calathea ornata layu, melengkung, dengan pot yang kering, itu tandanya tumbuhan ini kekurangan air. Namun, apabila daunnya menguning dengan dasar yang hitam, berarti Calathea ornata kelebihan air.

Calathea ornata dapat terserang infeksi jamur dengan tanda kemunculan bercak pada daunnya. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan air suling dan sirami secara langsung area tanah pada potnya.

Baca juga: Monstera Deliciosa dan Cara Jitu untuk Merawatnya

Saran bagi para pemilik Calathea ornata adalah meskipun tanaman ini ramah hewan peliharaan, pastikan ia disimpan di tempat yang berada di luar jangkauan anak-anak dan hewan.

Artikel terkait: Jenis-Jenis Calathea & Metode Perawatannya

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×