fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

6 Rekomendasi Tangga Lipat dengan Kualitas Baik

Posted by Faris Afza Wednesday, July 14 2021

Tangga lipat adalah salah satu kebutuhan rumah tangga yang amat diperlukan dan kerap jadi penolong saat masalah-masalah kecil mengenai perbaikan rumah terjadi.

Tangga merupakan alat konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bidang berbentuk vertikal. Penghubungan ini dilakukan agar pengguna dapat mencapai bidang horisontal.

Terdapat dua jenis tangga yang perlu Anda ketahui, yakni tangga permanen dan non-permanen. Biasanya, tangga permanen ada di dalam bangunan dan digunakan untuk menghubungkan lantai bangunan yang berbeda. Sedangkan tangga non-permanen salah satu contohnya adalah tangga lipat, yang biasanya digunakan untuk mencapai bidang horisontal yang lebih tinggi. Tangga ini biasanya digunakan hanya pada waktu-waktu tertentu, sehingga ia dapat dipindahkan atau disimpan.

Tangga jenis ini dibuat dari berbagai material, dan salah satunya adalah alumunium. Namun, saat ini, tangga lipat yang sedang populer adalah tangga telescopic. Dari segi keamanan, tangga lipat jauh lebih aman dibandingkan tangga yang hanya memiliki satu penyangga. Dua penyangga pada tangga lipat dapat memberikan keamanan karena keseimbangan yang dimiliknya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tangga lipat yang bisa Anda pilih untuk kegiatan konstruksi atau sebagai pelengkap alat rumah tangga Anda:

#1 Tangga Alumunium Glory Home

tangga lipat glory home
via Blibli

Fitur yang unik ditawarkan oleh tangga alumunium Glory Home, karena ia memiliki engsel otomatis. Keunikan yang dimiliki tangga ini membuat Anda tidak perlu memasang kait atau pengunci untuk menyeimbangkan kedua tangga.

Walaupun tangga ini memiliki engsel otomatis, keamanan dan keseimbangannya tetap berkualitas baik. Seseorang dengan berat 100kg bahkan dapat ditahan oleh tangga ini. Yang membuat tangga ini unggul adalah sistem penguncian, daya topang, serta materianya yang kokoh. High quality alumunium yang digunakan untuk membuat tangga ini membentuk Glory Home menjadi tangga yang kuat, tahan lama, dan antikarat.

Tangga alumunium Glory Home ini bisa Anda gunakan di dalam maupun di luar ruangan. Bagian kaki dari tangga ini dilapisi karet anti-slip, sehingga membuatnya aman saat digeser atau dipindah. Produk ini memiliki tiga pilihan ketinggian, yaitu 150 cm, 175 cm, dan 200 cm. Ukuran ini dihitung saat tangga sedang dilipat. Hal ini membuat tangga memiliki panjang dua kali lipat saat diluruskan.

#2 Krisbow 1 Step Stool

Tangga lipat produksi Krisbow ini memiliki ukuran kecil dengan nama Krisbow 1 Step Stool. Untuk ukuran tangga lipat, tangga ini memang tergolong sangat kecil karena hanya memiliki satu anak tangga. Meski begitu, tangga ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memasang lampu, menaruh pajangan, menggapai puncak rak, dan kegiatan lainnya. Karena ukurannya kecil, Anda jadi dapat menyimpan dan memindahkannya dengan mudah. Bahkan Anda bisa menggunakan tangga ini sebagai tempat duduk.

Meski memiliki ukuran yang kecil, tangga ini punya nilai yang baik dari segi keamanan karena ia terbuat dari bahan alumunium yang kuat dan ringan. Keselamatan pengguna pun terjamin lewat hadirnya dua buah engsel pada tangga. Tangga ini cocok untuk Anda yang menginginkan tangga yang bersifat compact. Apabila tangga ini dirasa kurang tinggi, Anda bisa membeli Krisbow 2 Step Stool atau 3 Step Stool dengan ukuran lebih tinggi.

#3 Krisbow Ladder Step Slim 1.1 MTR 5 Step

Anda yang menginginkan tangga lipat yang ringan dan kuat dapat memilih Krisbow Ladder Step Slim. Tinggi tangga ini mencapai 1,1 meter dengan berat 4,5 kg. Meski bobotnya ringan, Krisbow Ladder Step Slim dapat menopang berat satu orang dewasa hingga 100 kg. Tangga ini terbuat dari alumunium dengan bahan yang dikenal ringan dan antikarat.

Tangga ini memiliki kelebihan berupa pijakannya yang datar sehingga ia lebih aman dan tidak licin. Bagian kaki-kakinya diberi anti-slip sehingga aman digunakan di permukaan yang tidak rata. Saat dilipat, dimensi tangga ini cukup tipis sehingga mudah untuk disimpan. Ada tiga varian ketinggian dari tangga ini yaitu 1,1 meter, 0,9 meter, dan 0,7 meter.

#4 Tangga Lipat Liveo LV-604

Tangga lipat LV 604 produksi Liveo merupakan multipurpose ladder yang dapat dibentuk dengan berbagai pola. Banyak bentuk dapat dibuat oleh tangga telescopic ini seperti menyerupai huruf A, menjadi tangga lurus, dan tangga dengan pola-pola lainnya. Tangga ini memiliki panjang total 485 cm dengan 4×4 anak tangga dalam setiap lipatan. Apabila difungsikan sebagai tangga segitiga, LV 604 punya panjang mencapai 223 cm saja.

Bahan utama dari tangga ini adalah alumunium yang kokoh yang mampu menopang berat sampai 150 kg. Tangga ini sudah dilengkapi antislip dan mendapatkan sertifikat EN131 standar Eropa yang sudah pasti aman. Apabila Anda memerlukan varian lain dari tangga ini dengan ukuran lebih tinggi, Anda bisa memilih tipe LV-603 dengan 3×4 anak tangga atau LV-606 dengan 5×4 anak tangga.

#5 Alca Scope Multi 260

via Blibli

Tangga lipat yang diproduksi oleh Alca Scope Multi 260 memiliki ukuran yang panjang tetapi cenderung mudah disimpan. Hal ini dikarenakan adanya sistem triple lock hinge, sehingga dapat memberikan keamanan dan variasi pada penggunanya. Tangga ini bisa dibentuk jadi tangga lurus sepanjang 260 cm (8 injakan). Selain itu, ia pun bisa dibentuk menjadi tangga segitiga dengan tinggi 130 cm. Supaya tangga ini mudah disimpan, Anda bisa menjadikannya tangga tertutup sepanjang 81 cm.

Bahan yang membentuk tangga ini adalah alumunium alloy yang terkenal kokoh dan dapat menopang berat sampai 150 kg. Pada bagian kaki, tangga ini memiliki karet yang berfungsi sebagai antislip. Bahan yang kuat dan sistem penguncian yang baik membuat Anda tidak perlu meragukan keamanan produk ini.

#6 Tangga Lipat Toraya Living SCH-60 WHCO

via Shopee

Toraya Living SCH-60 WHCO adalah tangga lipat unik berbentuk menarik. Ia memiliki tampilan menyerupai kursi dengan tiga pijakan yang masing-masing tingginya sekitar 60 cm. Ukuran tangga ini membuat Anda bisa menggunakannya di rumah atau kantor. Anda bisa memanfaatkan tangga ini sebagai kursi atau dekorasi ruangan. Desainnya yang unik, warnanya yang cantik, serta gayanya yang klasik membuatnya cocok untuk menjadi dekorasi dalam ruangan.

Kelebihan tangga lipat ini adalah bahannya kuat dan memiliki sifat tahan lama. Hal ini dikarenakan tangga ini terbuat dari material berupa kayu solid mahoni. Kayu ini dikenal karena kekuatan, ketahanan, serta materialnya yang tidak akan berkarat. Selain itu, tangga ini pun memiliki pijakan cukup lebar dan kuat, sehingga ia terasa nyaman saat dipijak. Sayangnya, Toraya Living SCH-60 WHCO punya bobot cukup berat dan lumayan memakan tempat saat disimpan.

Itulah keenam rekomendasi tangga lipat yang memiliki kualitas baik untuk Anda. Masing-masing tangga memiliki kelebihan serta keunikannya sendiri-sendiri. Anda tinggal menyesuaikan tangga mana kira-kira yang paling pas untuk mengakomodir kebutuhan Anda.

Pastikan Anda memerhatikan dengan cermat material pembentuk tangga lipat pilihan Anda. Apakah tangga lipat tersebut dapat menopang bobot tubuh Anda? Bagaimana dengan ketahanannya? Memilih tangga lipat yang dapat Anda jadikan bagian dari dekorasi rumah pun bisa menjadi nilai plus tersendiri. Selamat memilih tangga lipat yang sesuai!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id