fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Tangga Putar Minimalis; Kelebihan, Kekurangan, dan 5 Inspirasi Modelnya

Tangga putar minimalis dengan daya tarik visual dan berbagai keunggulannya dalam hal penghematan area dalam rumah.

Estimated reading time: 8 minutes

Ingin rumah memiliki kesan tak biasa? Menghadirkan tangga putar di dalamnya bisa jadi salah satu solusi. Tangga dengan tampilan minimalis serta modern ini dapat memberikan warna dan ciri tersendiri terhadap hunian Anda. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan tangga ini di dalam rumah Anda, Anda harus mengenal beberapa kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan Tangga Putar

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tangga putar yang nantinya mungkin ada di kediaman Anda:

Menghemat Ruang

Tangga dengan jenis ini dapat menghemat ruang yang ada pada rumah Anda. Oleh karena itu, tangga putar cocok untuk dihadirkan di rumah kecil bergaya minimalis. Menghadirkan tangga putar hanya memerlukan ruang seluas 45 meter persegi. Tangga rumah ini cocok untuk Anda yang tidak ingin terus menerus menggunakan tangga tradisional.

Menambahkan Daya Tarik Visual pada Rumah

Keberadaan tangga putar berhasil menambahkan daya tarik visual pada rumah minimalis. Meski tangga ini mungkin terlihat rumit, sebenarnya tangga ini cukup mudah untuk dirakit. Sisi rumit inilah yang menjadi bagian dari pesona sang tangga putar. Selain itu, pemasangan tangga putar dapat menghemat waktu dan uang Anda, sekaligus membuat rumah Anda terlihat unik, menyenangkan, dan modern.

Lebih Menarik Dibandingkan Tangga Tradisional

Secara penampilan, tangga putar terlihat lebih menarik dibandingkan tangga tradisional. Ketertarikan manusia pada nilai estetika tangga putar ini berasal dari kenyataan bahwa rupanya otak manusia tertarik pada bentuk kurva.

Ilmuwan pernah melakukan penelitian terhadap manusia, di mana mereka diminta untuk memilih objek linier atau melengkung. Sang objek penelitian ini berkali-kali tetap memilih benda yang melengkung. Selain itu, Psikolog Oshin Vartanian dari University of Toronto di Scarborough pernah melakukan penelitian serupa. Ia menunjukkan 200 gambar interior berbentuk linier dan melengkung pada objek penelitian. Lalu dapat disimpulkan bahwa komponen arsitektur yang melengkung dinilai jauh lebih bagus.

Tangga Putar Memberikan Akses pada Cahaya

Keberadaan tangga putar dapat membuat cahaya “mengalir”. Berbeda dengan tangga tradisional yang cenderung menghalangi aliran cahaya di sekitar rumah atau apartemen. Tangga putar memungkinkan cahaya tersaring melalui besi tempanya. Oleh karena itu, tangga ini amat melengkapi hunian dengan konsep terbuka dan dapat membuat area kecil terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Bersifat Lebih Tahan Lama

Tangga putar bersifat lebih tahan lama karena material yang digunakannya. Pada umumnya, tangga ini terbuat dari logam, bukan kayu, sehingga ia memiliki bobot yang jauh lebih baik. Tangga ini bisa bertahan hampir seumur hidup, sedangkan tangga tradisional bisa rusak setelah satu dekade atau lebih.

Anda Tidak Akan Terhempas Jatuh ke Dasar Tangga

Apabila Anda jatuh di tangga ini, Anda tidak akan terhempas sejauh yang bisa terjadi di tangga tradisional. Lekukan pada tangga putar dapat mencegah seseorang yang terpeleset agar tidak tergelincir sampai ke dasar tangga.

Kekurangan Tangga Putar

Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh sebuah tangga putar:

Rawan Tergelincir

Lama-lama, Anda memang akan terbiasa dengan model tangga putar yang memiliki tiang di tengahnya. Namun, bentuk anak tangga dari tangga ini menyempit di bagian tiang porosnya dan hanya memiliki pegangan tangan di satu sisi. Itulah sebab, tangga putar minimalis dapat membuat Anda tergelincir apabila tidak berhati-hati.

Untuk mencegah hal ini, Anda dianjurkan untuk berlatih naik-turun tangga putar apabila Anda belum terbiasa dengan model tangga satu ini. Pastikan saat menaiki dan menuruni tangga putar ini, Anda melihat ke mana kaki Anda memijak. Berjalanlah secara perlahan, pegang pegangan tangga dengan kuat, dan jangan mencoba membawa sesuatu yang berat bersama Anda.

Bersifat Agak Curam

Tidak semua orang cocok dengan sifat curam tangga putar. Orang-orang lanjut usia dan mereka yang kesulitan berjalan akan sulit menaiki tangga jenis ini dibandingkan tangga tradisional. Meski potensi terhempas hingga ke dasar tangga amat kecil, tetapi jatuh dari tangga putar dapat menyebabkan cedera yang cukup serius pada orang-orang lanjut usia.

Perlu Jaminan Keamanan bagi Anak-Anak

Pastikan tangga putar ini aman bagi anak-anak. Anak kecil tentu akan sedikit kesulitan menaiki tangga putar, terlebih yang memiliki model memutari sebuah tiang pemancang di tengahnya. Anda bisa memasang pagar pelindung untuk memastikan anak Anda tidak mencoba menaiki dan menuruni tangga ini tanpa bimbingan.

Sulit untuk Memindahkan Barang Besar

Memindahkan barang yang cukup besar dan berat agaklah sulit jika harus melalui tangga putar. Apabila Anda memiliki rumah yang kecil dan memilih tangga jenis ini untuk menghemat ruangan, ini bukanlah suatu masalah.

Namun, jika Anda memiliki rumah yang lebih besar dengan furniture yang juga besar, Anda perlu memikirkan ulang saat Anda ingin menghadirkan tangga putar di rumah Anda.

Inspirasi Tangga Putar Minimalis

Setelah Anda memahami kelebihan dan kekurangan model tangga putar ini, saatnya Anda mengumpulkan inspirasi tangga putar minimalis yang paling cocok untuk hunian Anda. Berikut adalah beberapa contohnya:

#1 Tangga Putar Minimalis dengan Warna Putih dan Elemen Kayu

Anda yang mendambakan rumah minimalis dengan dominasi warna putih dan kehadiran elemen kayu bisa menghadirkan tangga putar satu ini. Meski terlihat sederhana, kesan bersih dicutrakan dengan kuat oleh tangga putar ini. Kombinasi warna putih dan hangatnya elemen kayu memberikan rasa tenang pada penghuni.

#2 Kehadiran Material Stainless Steel pada Tangga Putar

Tangga putar pada hunian minimalis ini berada di dapur yang mengarah ke teras luar ruangan. Kesan modern terpancar dari tangga yang terbuat dari material baja satu ini. Keberadaan tangga putar ini cocok dengan area dapur yang memiliki lantai beton yang dipoles halus.

#3 Tangga Putar Minimalis pada Apartemen di Montreal, Kanada

via The Urban Realist

Tangga putar minimalis ini ada pada sebuah apartemen di Montreal, Kanada. Didesain oleh Anne Sophie Goneau, apartemen dengan kehadiran tangga ini memiliki kesan yang cerah dan terbuka. Salah satu keinginan penghuni adalah optimasi area, itulah kenapa tangga putar ini dihadirkan di dalam apartemennya.

#4 Keunikan Tangga Putar di sebuah Rumah di Lisbon, Portugal

via Dwell

Sebuah rumah mungil di Lisbon, Portugal, memilih untuk menghadirkan tangga putar minimalis berwarna putih ini. Tangga ini diletakkan di area belakangan rumah dan berfungsi untuk menyambungkan empat buah lantai yang ada di rumah ini. Warna putih yang ada pada tangga tidak hanya membuatnya terlihat bersih, tetapi juga menjadikan tangga ini terlihat cukup elegan.

#5 Tangga Putar Kantilever untuk Rumah di Cornwall, Inggris

Tangga ini dihadirkan di sebuah rumah di area Cornwall, Inggris. Ia ada tidak hanya sebagai pelengkap, tetapi sebagai elemen interior utama yang meneruskan akses dari pintu masuk. Anak tangga dari tangga putar ini terbuat dari batu yang diimpor langsung dari Jerman. Kesan yang diciptakan oleh tangga ini adalah ringan dan lapang.

Itulah penjelasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan tangga putar, serta inspirasinya untuk model minimalis. Anda tinggal menyesuaikan, tangga putar dengan model seperti apa yang ingin Anda hadirkan pada rumah minimalis Anda?

Portfolio: Rumah Mungil Gaya Industrial Minimalis – Michigan, Amerika Serikat

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id