fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Panduan Ukuran Tempat Tidur: Mana yang Paling Tepat untuk Anda?

desain interior kamar di rumah modern tropis

Panduan ukuran tempat tidur.

Estimated reading time: 8 minutes

Tempat Tidur dengan Ukuran Tepat – Saat mengisi sebuah rumah baru, furniture pertama yang harus Anda pikirkan untuk dapat memenuhi kebutuhan penting Anda adalah tempat tidur. Perabot satu ini harus benar-benar dipikirkan agar bisa memenuhi kebutuhan.

Berbicara soal kamar tidur, terdapat beragam jenis ranjang yang bisa kita pilih berdasarkan ukuran. Jenis-jenis ranjang ini meliputi twin atau single bed, double atau full bed, Queen bed, standard King atau Eastern King, serta California King atau Western King.

Lantas, apa yang membedakan satu ranjang dengan ranjang yang lainnya? Berikut adalah penjelasan rincinya:

#1 Tempat Tidur Custom

ide interior kamar di rumah modern tropis

Jenis ranjang satu ini memang belum disebutkan sebelumnya, karena ia bersifat customizable atau dapat dikustomisasi.

Anda yang membutuhkan ranjang dengan ukuran khusus bisa memilih ranjang custom satu ini. Ada beberapa produsen yang siap menyediakan ranjang yang ukurannya dapat disesuaikan.

Namun, sesuatu yang harus benar-benar Anda perhatikan dalam memilih jenis ranjang satu ini adalah pencarian ukuran kasur yang pas. Hal ini membuat Anda juga harus menemukan kasur dengan ukuran khusus agar pas dengan ranjangnya.

#2 Twin, Single, dan Extra Long Twin pada Tempat Tidur

Ranjang dengan ukuran twin, single, serta extra long twin memiliki rincian kurang lebih sebagai berikut:

Twin & Single Bed

kamar anak

Ranjang twin sebenarnya sama dengan ranjang single. Jenis ini merupakan pilihan yang paling umum jika Anda sedang mencari ranjang untuk kamar anak atau kamar tamu.

Jika kebetulan kamar yang tersedia berukuran kecil, maka furniture satu ini dapat dengan mudah dimasukkan.

Biasanya, ranjang ini memiliki trundle di bawahnya. Trundle ini merupakan ranjang tambahan di kolong tempat tidur yang dapat mengakomodir tamu kedua yang kebetulan menginap. Selain itu, jenis ranjang ini banyak digunakan untuk ranjang dengan model susun atau bunk bed.

Dimensi Keseluruhan: 1,9 m (panjang) x 1 m (lebar)

Kelebihan: Ukurannya yang kecil memudahkan ranjang ini masuk ke kamar yang berukuran kecil. Seprai yang dibutuhkan untuk menutupi ranjang ini pun cenderung lebih kecil dan lebih murah di antara yang lainnya. Selain itu, menciptakan kamar dengan twin bed pun cenderung amat mudah.

Kekurangan: Panjang ranjang standar ini kebanyakan terlalu pendek untuk orang dewasa.

Extra Long Twin Bed

kamar kost minimalis

Ranjang satu ini 13 cm lebih panjang dari ranjang standar twin atau single. Biasanya, ranjang ini banyak hadir di kamar asrama perguruan tinggi untuk digunakan oleh mahasiswa.

Dimensi Keseluruhan: 2 m (panjang) x 1 m (lebar)

Kelebihan: Ukuran ranjangnya yang lebih panjang membuat extra long twin bed cocok untuk remaja dan dewasa yang memiliki tubuh tinggi. Apabila Anda membutuhkan fleksibilitas di kamar tamu, Anda bisa menghadirkan ranjang extra long twins.

Ranjang ini bisa digunakan sebagai ranjang single atau ranjang berukuran king apabila kedua ranjang ini disatukan.

Kekurangan: Ranjang ini agak sulit ditemukan dan tidak memiliki banyak varian

#3 Tempat Tidur Double/Full atau Queen-Size Bed

Ukuran tempat tidur ini cocok untuk kamar dengan luas yang normal. Namun, banyak pasangan yang merasa bahwa ranjang ini cenderung terlalu sempit untuk digunakan setiap hari. Terkecuali jika ranjang ini digunakan untuk tidur malam sesekali seperti di vila atau hotel.

Ranjang ini tidak membutuhkan ruang terlalu besar dan tetap bisa memberikan area tidur yang cukup bagi masing-masing penggunanya.

Double/Full Beds

desain interior kamar tidur skandinavia

Ranjang ini 38 cm lebih lebar dari twin bed. Namun, jika double/full bed dibagi dua, masing-masing lebarnya hanya 70 cm. Besaran lebar ini jauh lebih kecil dibandingkan single bed.

Sedangkan ranjang Queen 16 cm lebih lebar dibandingkan double/full bed. Ini membuat Queen bed memiliki lebih banyak ruang bagi setiap penggunanya. Namun ukuran tersebut tetap 23 cm lebih sempit dibandingkan twin bed.

Double bed (yang juga dikenal sebagai full bed) adalah ranjang yang paling umum digunakan untuk tidur dua orang hingga tahun 1960-an. Ranjang ini hanya 38 cm lebih lebar dibandingkan single bed, tetapi hanya menyisakan area tidur untuk masing-masing orang dewasa selebar 69 cm. Panjangnya yang 190 cm membuat tempat tidur ini mungkin terlalu pendek untuk beberapa orang dewasa yang lebih tinggi.

Dimensi Keseluruhan: 1,9 m (panjang) x 1,3 m (lebar)

Lebar per Orang: 69 cm

Kelebihan: Muat untuk di kamar yang kecil. Cocok untuk pengguna yang tingginya di bawah 165 cm. Seprainya lebih murah dibandingkan untuk ranjang ukuran Queen atau King.

Kekurangan: Banyak orang merasa double bed terlalu sempit untuk 2 orang dewasa dan berukuran terlalu pendek.

Portfolio: Kamar Anak Gaya Skandinavia – Tanjung Bunga, Makassar

Queen-Size Beds

kamar tidur scandinavian

Tempat tidur ini 53 cm lebih lebar dan 12 cm lebih panjang dari twin bed. Ia pun 15 cm lebih lebar dan 12 cm lebih panjang dibandingkan double bed. Walaupun dimensi queen bed masih lebih baik dibandingkan double bed, tetapi masing-masing orang dewasa di ranjang ini masih memiliki lebar 23 cm lebih sedikit dibandingkan saat mereka tidur di atas twin bed.

Ranjang ini cocok untuk kamar tamu dan kamar tidur utama kecil. Ia pun merupakan pilihan yang baik untuk pasangan yang suka meringkuk.

Dimensi Keseluruhan: 2 m (panjang) x 1,5 m (lebar)

Lebar per Orang: 76 cm

Kelebihan: Ranjang ini memberikan lebih banyak ruang bagi 2 orang dewasa dibandingkan double bed. Ukurannya yang 12 cm lebih panjang cocok untuk orang dewasa. Selain itu, seprai dan selimut untuk ranjang ini mudah untuk ditemukan dan harganya lebih murah.

Kekurangan: Ruang pribadi untuk tiap orang yang hanya selebar 76 cm (8 cm lebih lebar dari double bed) membuat ranjang ini mungkin terlalu sempit untuk aktivitas tidur pasangan sehari-hari. Bahkan ada ranjang yang katanya merupakan double bed atau Queen bed, tetapi ukurannya tidak seperti pakemnya yang asli. Oleh karena itu, pastikan dimensi ranjang yang Anda beli memiliki ukuran yang pas dan nyaman.

Portfolio: Kamar Tidur Anak Gaya Modern – Kebonsari, Madiun

#4 Tempat Tidur King-Size

Ranjang ini mungkin cukup membingungkan bagi Anda. Ini dikarenakan ranjang King-size memiliki empat nama dan dua ukuran ranjang yang berbeda.

Nama yang pertama adalah standard King bed atau Eastern King bed, sedangkan yang kedua adalah California King bed atau Western King bed. Ranjang standard King punya ukuran 10 cm lebih lebar, sedangkan ranjang California King punya ukuran 10 cm lebih panjang.

Saat dua orang tidur di ranjang King-size, mereka akan mendapatkan jumlah ruang tidur pribadi yang sama seperti twin bed. Lalu jika Anda menyatukan dua extra long twin bed, ukurannya akan hampir sama dengan Eastern King bed.

Apabila Anda ingin menciptakan kamar tidur tamu yang nyaman, Anda bisa menggunakan 2 extra long twin bed jika tamu Anda bukanlah pasangan. Anda bisa menyatukan kedua ranjang tersebut dan membentuk King-size bed jika kebetulan tamu Anda adalah pasangan.

Standard King Bed atau Eastern King Bed

Ranjang ini berukuran 41 cm lebih lebar dibandingkan Queen-size bed, tetapi mereka memiliki panjang yang sama. Perabot ini dijual dengan dua pegas atau bingkai kotak serta satu kasur. Inilah yang membuat standard king bed mudah untuk dipindahkan.

Dimensi Keseluruhan: 2 m (panjang) x 1,9 m (lebar)

Lebar per Orang: 97 cm

Kelebihan: Sebagai ranjang terluas yang biasanya ada di toko, standard king bed adalah ranjang ternyaman untuk dua orang dewasa. Dengan panjang 2 meter, ranjang ini cukup untuk kebanyakan orang. Seprai dengan label “king-size” cocok untuk standard king bed.

Kekurangan: Ranjang ini tidak cocok untuk pengguna yang hanya berjumlah satu orang. Cukup sulit untuk pengguna membawa ranjang ini ke lantai atas, melalui lorong sempit, dan menempatkannya di kamar yang kecil. Selain itu, ia pun tidak cukup panjang untuk orang yang sangat tinggi. Harganya cukup mahal dan ranjang ini membutuhkan 3 bantal standar atau 2 bantal queen atau king.

California King Bed atau Western King Bed

inspirasi desain kamar tidur modern

California King bed atau Western King bed berukuran 30 cm lebih lebar dan 10 cm lebih panjang dari Queen-size bed. Tempat tidur ini merupakan ranjang terpanjang yang tersedia di toko. Hal ini membuatnya cocok untuk dipakai oleh orang-orang tinggi,

Seperti Eastern King bed, California King bed dilengkapi dengan satu kasur dan dua pegas kotak setengah lebar yang mudah diatur saat bergerak. Seseorang yang sangat tinggi dapat tidur di ranjang ini dari sudut ke sudut dengan nyaman.

Dimensi Keseluruhan: 2,1 m (panjang) x 1,8 m (lebar)

Lebar per Orang: 91 cm

Kelebihan: California King bed cukup lebar untuk dua orang bisa tidur dengan nyaman. Ia pun merupakan ranjang dengan ukuran terpanjang. Ini membuatnya cocok untuk digunakan oleh orang-orang yang tinggi.

Kekurangan: Kasur satu ini cukup sulit untuk dipindahkan. Tidak mudah membawanya menaiki tangga, melalui lorong sempit, atau menempatkannya di kamar tidur kecil.

Portfolio: Interior Kamar Tidur Utama Gaya Kontemporer – Bekasi Selatan

Itulah keempat jenis tempat tidur yang bisa Anda pilih untuk Anda tempatkan di kamar Anda. Pastikan ukuran ranjang tersebut sesuai dengan ruangan tempat ia berada. Anda pun harus memastikan berapa orang yang menggunakan ranjang pilihan Anda, untuk menjaga ruang pribadi tiap pengguna agar tetap cukup.

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id