fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Standar Tinggi Meja Dapur yang Ideal untuk Orang Dewasa

Posted by Fadhil Rahman Monday, October 11 2021
desain interior dapur

InteriorDesign.id – Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan saat ingin merenovasi dapur, adalah mengatur tinggi meja dapur yang ideal. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan peran meja dapur dan membuat Anda nyaman saat menggunakannya.

Mungkin banyak dari Anda yang kurang menyadari, bahwa dalam menentukan tinggi meja dapur, ada aturan khusus dan ketinggian ideal yang sudah ditetapkan. Namun, masih banyak orang yang menyepelekan hal ini dan membuat meja dapur dengan asal hingga berakibat pada kegiatan memasak yang dilakukan. Hasilnya, banyak yang merasa tidak nyaman saat memasak karena hal ini.

Meski terdengar mudah, Anda harus memerhatikan banyak hal saat akan membuat meja dapur. Berbagai aspek perlu diperhatikan dengan baik agar peran meja ini dapat dimaksimalkan untuk proses memasak.

Mengapa Tinggi Meja Dapur Perlu Disesuaikan?

dapur

Banyak hal menjadi alasan mengapa tinggi meja perlu diperhatikan. Salah satunya diakibatkan kegiatan memasak yang umumnya berlangsung lama. Jika meja dibuat dengan tinggi yang ideal, proses memasak bisa berjalan dengan baik dan ditunjang kenyamanan.

Lain halnya jika Anda mengatur tinggi meja dapur secara asal. Anda akan merasa tidak nyaman karena pegal dan linu pada bagian punggung serta masalah lainnya. Dus, mengukur ketinggian meja sangat peting untuk dilakukan.

Pengukuran Meja

desain interior ruang keluarga modern kontemporer

Bagi Anda yang belum tahu, pengukuran ini sendiri dilakukan dengan menghitung dari bagian lantai hingga ke bagian permukaan meja. Nah, kendati demikian, setiap Negara dan perusahaan memiliki karakteristik sendiri terkait tinggi dari meja dapur yang berlaku. Namun, yang lebih penting untuk dilakukan adalah menyesuaikan tinggi dengan dimensi luasan ruangan.

Dalam hal ini, jika bangunan tidak terlalu tinggi, jangan membuat meja yang juga tinggi. Ini akan berdampak pada estetika ruangan, juga menjadikan ruangan terlihat lebih sempit. Idealnya, tinggi meja dapur dari lantai hingga ke permukaan berada di kisaran angka 80 cm hingga 90 cm. Selain itu, lebar ideal meja dapur yang disarankan adalah pada kisaran 60 cm.

Langkah Penyesuaian Tinggi Meja

dapur dengan desain interior modern-kontemporer

Ada beberapa langah yang perlu Anda lakukan saat Anda ingin membuat meja dapur. Anda perlu menyesuaikan tingginya agar sesuai dengan ketentuan yang ada.

Pertama, hal yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan material penyusun meja. Setelah itu, Anda harus memastikan ketinggian, baik dialkukan secara manual, ataupun tidak.

Dalam hal ini, Anda bisa menyesuaikan ketinggian tinggi meja dengan tinggi badan, serta ketinggian bangunan.

Pelu diingat, meski sudah ada patokan ukuran ketinggian dan lebar, hal ini akan terasa percuma jika Anda tidak merasa nyaman. Dengan kata lain, kenyamanan Anda tetap masih menjadi pertimbangan utama yang perlu dipikirkan.

Memposisikan Meja Dapur

interior dapur minimalis dengan meja dapur kayu

Setelah selesai mengukur dan menentukan tinggi serta lebar meja, posisikan meja sesuai dengan selera. Banyak opsi yang bisa Anda pilih mulai dari menempatkannya persis di sudut ruangan, atau bahkan bagian tengah ruangan. Jika dapur Anda cukup luas, posisikan meja persis di tengah area agar menambah kesan elegan dan juga mewah pada ruangan dapur.

Namun, jika dapur Anda sempit, Anda bisa mengukur tinggi meja ini dan menempatkannya di bagian pinggir atau sudut dapur. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan inovasi dengan membuat meja berbentuk L untuk menambah kesan nyaman dan rapi ruangan dapur.

Finishing Meja

desain interior dapur

Setelah Anda selesai mengukur dan menempatkan meja di posisi yang Anda inginkan, Anda perlu melakukan proses finishing. Hal ini penting bagi Anda untuk memastikan kembali tinggi dan lebar meja dapur.

Finishing dilakukan agar nantinya tidak ada kesalahan dan “penyesalan” saat meja sudah dipatenkan. Sebab, untuk mengubahnya, prosesnya cukup panjang dan sedikit sulit dibutuhkan.

Setelah selesai mengukur tinggi meja ini, Anda juga bisa menambahkan detail pada meja Anda. Misalnya Anda bisa menambahkan keramik atau kayu di pinggiran meja untuk menjadikannya terlihat mewah dan elegan. Ini juga akan menjadikan meja sebagai akses ornamen dapur yang sangat penting untuk diperhatikan.

Saat semua proses sudah selesai, hal yang perlu Anda perhatikan adalah jangan langsung menggunakan meja tersebut. Sebab, jika permukaan masih basah dan ornamen tambahan belum terpasang dengan benar, kemungkinan Anda akan merusak tampilannya. Usahakan untuk mendiamkannya selama sehari atau bahkan dua hari untuk memastikan semuanya terpasang.

desain interior dapur

Itulah beberapa beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang standar tinggi meja dapur yang ideal. Kenali pula ukuran ideal dari meja dapur serta tingginya yang disesuaikan dengan tingkat kenyamanan yang Anda butuhkan, agar proses memasak berjalan optimal, serta ruang dapur juga bisa memiliki nilai estetika yang baik.

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id