fbpx
Hello, Guest

Tips dan Cara Mewarnai Sofa Bahan Kulit, Pemula Juga Bisa

Posted by Iqbal Mujahid Thursday, February 9 2023
Sofa bahan kulit

InteriorDesign.id – Fungsi sofa sebagai salah satu furniture terpenting dalam rumah memang tidak bisa diragukan lagi. Sofa kulit menjadi salah satu jenis sofa yang paling banyak dicari. Namun dalam beberapa kesempatan, untuk merawatnya Anda perlu mewarnai ulang agar tidak pudar. Kali ini kami akan membahas lengkap mengenai sofa bahan kulit. 

Apa itu Sofa Bahan Kulit?

Sofa bahan kulit adalah sofa yang dibuat menggunakan material kulit. Entah itu kulit sintesis maupun kulit asli. Ada banyak daya tarik dan kelebihan yang dimiliki oleh jenis sofa satu ini. 

Jika Anda pecinta konsep hunian mewah, maka sofa satu ini bisa jadi pilihan. Meskipun perawatannya tidak sulit, namun sofa jenis ini harus dirawat secara konsisten dengan carian khusus untuk mencegah kulit menjadi mudah retak, pecah, hingga pudar. 

Kelebihan Sofa Bahan Kulit 

Ada banyak kelebihan sofa bahan kulit selain keindahan estetik yang diberikan karena mampu membuat hunian terlihat lebih mewah dan elegan. Kelebihan lainnya adalah jenis sofa satu ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki alergi, karena sofa kulit tidak mudah menampung debu, bulu hewan peliharaan, dan penyebab alergen lainnya. 

Selain itu, sofa satu ini juga memiliki perawatan yang mudah terlebih lagi kulit termasuk material yang tahan lama dan kuat. Seiring bertambahnya umur, maka sofa akan semakin lembut dan nyaman untuk digunakan. 

Sofa jenis ini juga tak lekang oleh waktu, semakin lama sofa kulit digunakan maka akan terlihat semakin indah. Karena itu pastikan untuk melakukan perawatan dengan benar agar sofa bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Salah satunya adalah dengan mewarnai sofa bahan kulit. 

Cara Mewarnai Sofa Bahan Kulit

Mewarnai sofa kulit bisa jadi pilihan terutama ketika Anda ingin mengubah konsep ruangan dengan sentuhan yang berbeda. Tidak perlu membeli sofa baru, Anda cukup mengganti sofa berbahan kulit dengan warna yang diinginkan. 

Cara ini juga bisa dipilih jika sofa Anda telah benar-benar kotor dan membutuhkan pembaharuan. Namun pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati dan teliti karena kulit merupakan material yang sensitif dan mudah rusak. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa Anda ikuti untuk mewarnai sofa bahan kulit dengan benar: 

1. Bersihkan Dengan Cairan Khusus

Bersihkan sofa dengan bahan pembersih khusus untuk kulit sebelum mewarnai. Gosok dengan lembut untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada permukaan sofa, sehingga warna yang Anda aplikasikan akan lebih merata dan tahan lama.

2. Berikan Minyak Kulit Sebelum Mewarnai

Pelapis kulit atau minyak kulit ini akan membantu mencegah warna menyerap terlalu dalam ke dalam kulit, sehingga warna menyerap lebih merata, lebih tahan lama, dan tidak akan memudar dengan cepat.

3. Pilih Warna yang Tepat 

Jika Anda ingin menggunakan warna yang sama dengan warna asli sofa, maka carilah warna yang paling mirip atau mendekati dengan warna asli sofa. Jika Anda ingin menggunakan warna yang berbeda, pilihlah warna yang sesuai dengan gaya dan desain interior ruangan tempat sofa Anda berada. 

Gunakan satu lapisan per lapisan agar warna tidak crack dan tidak tumpang tindih jika Anda ingin menggunakan dua warna atau lebih. Buat satu lapisan warna, tunggu hingga kering biasanya membutuhkan waktu 24 jam sebelum melapisinya dengan warna lain. 

4. Gunakan Kuas atau Roller 

Gunakan kuas atau roller yang lembut untuk menerapkan cat. Pastikan untuk mengecat dengan gerakan yang lembut dan merata agar warna tersebar secara merata dan tidak terdapat bagian yang terlalu tebal atau terlalu tipis.

5. Keringkan Cat 

Biarkan cat benar-benar mengering sebelum menggunakan sofa. Biasanya, cat kulit membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk benar-benar kering. Jadi, pastikan untuk tidak menggunakan sofa sebelum 24 jam, agar cat tidak tergores atau terkelupas.

6. Lapisi dengan Sealent Kulit Setelah Selesai

Pelapis kulit atau sealant kulit ini mampu mencegah kulit pada sofa menjadi kering dan retak, serta membantu mencegah terjadinya kerusakan akibat paparan sinar matahari atau kelembapan yang berlebihan.

Penutup 

Itulah pengertian hingga cara mewarnai kulit sofa. Seteleh warna kembali seperti baru, jangan lupa untuk membersihkan sofa secara berkala. Setelah mewarnai sofa, pastikan untuk membersihkannya secara berkala dengan bahan pembersih khusus. Rawat dengan baik agar sofa bisa bertahan lama. 

Bagi Anda yang bingung memilih jenis sofa kulit mana yang cocok untuk hunian Anda, maka Anda bisa konsultasikan pada jasa desain interior profesional seperti InteriorDesign. Kami akan membantu Anda mendapatkan sofa berbahan kulit terbaik yang mampu meningkatkan kesan estetik untuk hunian Anda. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id