fbpx

Tips Kamar Aesthetic dan Nyaman untuk Work From Home

Posted by Angeline Christie 3 weeks ago
inspirasi kamar tidur modern klasik skandinavia

Tips Kamar Aesthetic – Temuan Virus Corona jenis SARS-CoV-2 di Wuhan, China, pada bulan Desember 2019, membuat banyak perubahan pada kehidupan manusia. Virus ini memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi, sehingga dapat menyebar dengan cepat ke berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

Penyebaran cepat ini membuat pemerintah Indonesia harus memberlakukan kebijakan lockdown. Kebijakan yang lebih kita kenal dengan istilah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini bertujuan untuk menekan angka penyebaran virus. Hal ini membuat banyak orang harus belajar dan bekerja dari rumah.

Imbauan Learn from Home (LFH) dan Work from Home (WFH) membuat kita menghabiskan 90% waktu yang kita miliki di rumah selama berbulan-bulan. Hal ini membuat kita harus beradaptasi dengan keadaan baru dan berperang melawan rasa bosan dan stress yang timbul.

Rasa Bosan yang Timbul selama Karantina

Menurut beberapa artikel, Virus Corona jenis SARS-CoV-2 ini membawa dampak yang lebih buruk dibandingkan kesehatan fisik. yaitu kesehatan mental karena adanya imbauan untuk di rumah saja. Tak jarang orang-orang merasa bingung, cemas, stress, dan frustasi karena kerisauannya. Masalah finansial, pekerjaan, serta masa depan yang terdampak menimbulkan perasaan takut dan panik.

Selain itu, timbul pula perasaan terasingkan selama karantina karena jauh dari orang yang dikasihi. Arus informasi yang perlu dipertanyakan kebenarannya juga menciptakan perasaan cemas serta bingung. Hal-hal itulah yang membuat manusia kemudian merasa sedikit kehilangan jati diri, sebab manusia diciptakan sebagai makhluk sosial.

Tips Kamar Aesthetic untuk Mengatasi Rasa Bosan selama PSBB

Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa suasana baru dapat menjadi solusi kebosanan yang dialami oleh seseorang. Hal ini berarti, rasa bosan seseorang selama menjalani PSBB bisa teratasi salah satunya dengan menata ulang ruang kerja atau kamar. Proses penataan ulang ini tidak memerlukan tenaga dan biaya yang besar.

Biarkan Cahaya Matahari Masuk ke Kamar

Pertama, Anda perlu memanfaatkan bukaan atau jendela besar untuk membuat cahaya matahari masuk ke dalam kamar secara maksimal. Sinar UV yang dihasilkan oleh matahari dapat diubah oleh tubuh kita menjadi vitamin D untuk keperluan imunitas tubuh. Seperti yang kita semu atahu, imunitas adalah sesuatu yang kita perlukan selama pandemi.

Adanya cahaya alami yang masuk ke dalam rumah juga dapat membantu penghematan energi. Selain hemat listrik, bukaan ini pun membuat sirkulasi udara rumah menjadi lebih baik dan bisa membuat Anda jadi lebih sehat. Ruangan pun jadi terasa lebih segar dan terkesan lebih luas.

Pasang Indoor Plant di Meja Kerja

Indoor plant atau tanaman dalam ruangan bisa menjadi salah satu item dekorasi yang membuat kamar menjadi lebih aesthetic, sehingga bisa mereduksi stres. Selain itu, warna hijau pada tumbuhan dapat mempengaruhi seseorang secara psikologis. Menurut para ahli, hijau merupakan warna yang dapat memberikan rasa segar dan nyaman.

Selain itu, beberapa penelitian mengatakan bahwa tanaman dapat mereduksi stres secara ampuh. Kelebihan lainnya yang dimiliki tanaman adalah ia dapat menyegarkan ruangan, mengurangi debu, serta mereduksi zat kimia berbahaya dalam ruangan.

Pilih jenis tanaman yang paling cocok untuk hadir dalam ruangan. Contohnya, tanaman lidah mertua yang dapat menghilangkan polusi udara, bunga anggrek, bunga peace lily, dan masih banyak lagi.

Untuk Anda yang tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman, Anda bisa memakai artificial plant atau tanaman palsu sebagai ganti tanaman aslli. Hiasan ini pun dapat menghilangkan stres dan menimbulkan kesan segar dalam ruangan. Sayangnya, tanaman palsu tidak dapat membantu membersihkan udara dalam ruangan.

Pasang Cermin Besar dalam Kamar

Cermin adalah sesuatu yang wajib ada di dalam kamar. Keberadaan cermin ini dapat memanipulasi ruangam sehingga kamar terlihat lebih luas dan juga aesthetic. Selain itu, ia pun dapat membatu kita merasa seolah ruangan tidak penuh dan sesak.

Miliki Organizer Wall untuk Kamar yang Lebih Aesthetic

Kehadiran organizer wall bisa jadi solusi untuk Anda yang sering merasa lupa akan tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Pada hiasan dinding ini, Anda bisa menuliskan jadwal, tugas, atau to do list apapun yang mesti Anda selesaikan. Organizer wall ini biasanya terbuat dari besi atau aluminium. Dekorasi satu ini dinilai dapat membantu kita agar jadi lebih teratur dan produktif.

Pasang Hiasan Dinding di Kamar

Apabila Anda bosan dengan dinding yang polos, Anda bisa memajang foto keluarga sebagai dekorasi. Dekorasi ini pun tidak hanya sebatas foto keluarga. Anda bisa memasang pigura berisi motivasi, poster idola, dan dekorasi dinding lainnya. Menempelkan cetakan polaroid yang telah dirangkai juga bisa menjadi ide yang bagus. Dekorasi dinding dapat membuat kamar jadi lebih aesthetic.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat kamar jadi lebih nyaman dan aesthetic untuk tujuan belajar maupun kerja di rumah. Jangan lupa untuk menyingkirkan hal yang sudah tidak Anda perlukan lagi. Eliminasi barang-barang ini bisa membuat kamar Anda jadi lebih nyaman dan tidak penuh sesak. Kamar yang nyaman dan aesthetic juga rupanya juga dapat memudahkan penghuninya untuk tidur dan terhindari dari insomnia.

Barang-barang yang direkomendasikan untuk ada di dalam kamar Anda dapat ditemukan di berbagai e-commerce di Indonesia dengan harga terjangkau. Anda pun bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah ada di rumah Anda. Karena untuk membuat sebuah kamar menjadi lebih aesthetic, barang-barang baru tidak selalu diperlukan.


ANGELINE CHRISTIE SOETANTO
Mahasiswi Semester 6 Program Studi Desain Interior di Universitas Kristen Petra, Surabaya. Lahir di Surabaya, 9 Mei 2000. Sejak kecil senang menghias kamar tidur dengan melihat tutorial Do It Yourself (DIY) di Youtube. Sekarang belajar lebih dalam mengenai desain interior, sekaligus menerapkan hobi dan menambahkan teori desain dengan benar. Senang membuat kamar tidur terlihat baik secara visual, psikologis, serta fungsi.


InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×