fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Tips Mengubah Rumah Lama Menjadi ‘Smart Home’

Posted by Jovan Kesuma Sijoatmojo Tuesday, November 17 2020
smart home rumah pintar

Smart home adalah bangunan otomasi untuk rumah. Melibatkan kontrol dan otomasi pencahayaan, pemanasan, ventilasi, pendingin udara, dan keamanan, serta berbagai peralatan rumah tangga.

Interiordesign.id – Di era digital seperti saat sekarang, ekosistem teknologi adalah bagian penting yang menjadi kebutuhan dari pengembangan Internet of Things (IOT). Dan tidak hanya itu, desain rumah pun banyak mengggunakan pendekatan berbasis teknologi ini. Ini kita kenal sebagai smart home atau rumah pintar.

Smart home atau rumah pintar ini diklaim bisa memberi berbagai kemudahan saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Beberapa aktivitas, terutama yang berhubungan dengan rumah, dapat diautomasi. Konsep rumah pintar ini bahkan juga diklaim memberi jaminan keamanan maksimal jika dibanding model rumah konvensional, atau yang belum mendapatkan pendekatan berbasis tech.

Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh soal apa itu smart home, dan terutama bagaimana mengubah atau menjadikan rumah lama menjadi rumah pintar berbasis teknologi terkini, simak beberapa tips berikut.

Namun, sebelumnya, mari kita cari tahu dulu sekilas apa itu smart home?

Apa Itu Smart Home

Mengutii Wikipedia, smart home adalah bangunan otomasi untuk rumah. Melibatkan kontrol dan otomasi pencahayaan, pemanasan (seperti smart thermostat), ventilasi, pendingin udara (HVAC), dan keamanan, serta peralatan rumah tangga seperti mesin cuci/pengering, oven atau lemari es/freezer.

Dalam konsep smart home, teknologi wi-fi sering digunakan sebagai pemantauan dan kontrol jarak jauh. Sebuah sistem modern yang umumnya terdiri dari switch dan sensor yang terhubung ke hub pusat yang terkadang disebut “gateway” di mana sistem dikendalikan dengan antarmuka pengguna yang berinteraksi baik dengan terminal yang terpasang di dinding, perangkat lunak telepon genggam, komputer tablet atau antarmuka web.

Nah, dengan demikian, smart home bisa kita artikan sebagai sebuah rancangan rumah dengan sentuhan teknologi terkini. Ini melibatkan dan mengintegrasikan perkembangan teknologi internet dalam menata dan mendesain tempat tinggal atau hunian.

Mengubah Rumah Lama Menjadi Smart Home

Ada beberapa cara mudah bagaimana menjadikan rumah lama menjadi rumah pintar. Di antaranya adalah dengan mengintegrasikan berbagai teknologi terkini ke dalam rumah. Mengganti lampu, handle pintu, hingga penggunaan cctv.

Berikut adalah beberapa pilihan perangkat pintar yang bisa kita coba, agar rumah bisa semakin ‘pintar’ dan memberikan kemudahan saat beraktivitas.

  1. Lampu Smart LED berbasis aplikasi
smart led buld untuk smart home
Smart LED buld. ~ via bardi.co.id

LED adalah lampu hemat energi yang berfungsi penting dalam ekosistem penerangan. Saat sekarang, lampu LED sudah bisa terotomasi dan dinamakan Smart LED yang dapat dikendalikan melalui aplikasi. Smart LED ini dapat berubah warna sesuai keinginan dan juga bisa dijadwalkan kapan lampu ini mati, atau menyala hanya melalui sebuah aplikasi di smartphone.

  1. Kunci berbasis fingerprint
rumah pintar smart home
Handel pintu berbasis wifi. ~ via bardi.co.id

Pintu dengan handle kunci biasa saat ini sudah dianggap ketinggalan zaman dan terbilang kurang aman. Itulah sebab, dalam konsep rumah pintar, penggunaan kunci pintu pun sudah berbasis fingerprint dan wifi.

Di samping itu, baik untuk alasan praktis atau yang lainnya, pintu dengan kunci berbasis fingerprint juga diklaim lebih aman. Bahkan, dengan modelnya yang cenderung lebih ‘kekinian,’ bisa juga sebagai tambahan estetika.

desain rumah pintar smart home
Fitur fingerprint pada handle pintu. ~ via spacestock.id

Selain fitur fingerprint, model pintu dalam smart home juga memberi kemudahan kepada penghuni, di mana setiap penghuni bisa memiliki akses langsung secara otomatis melalui jaringan internet untuk membuka dan atau mengunci pintu. Sekali lagi ini dilakukan melalui sebuah aplikasi di ponsel pintar.

Kunci berbasis fingerprint dan jaringan wifi ini sudah banyak diproduksi dan dijual dengan harga terjangkau.

  1. Smart Plug
konsep rumah pintar, smart home
Smart plug. ~ via bardi

Smart plug merupakan inovasi terbaru dari beberapa produk smart home lainnya. Smart plug secara otomatis jauh lebih aman dan lebih praktis jika dibandingkan versi plug biasa.

Smart plug memiliki fitur di mana dapat dikontrol dari jarak jauh menggunakan koneksi internet. Selain itu, ini juga bisa dikendalikan melalui timer yang disetting langsung dari applikasi di dalam smartphone.

  1. Smart universal remote
rumah pintar smart home
Smart universal remote. ~ via yoswit.com

Smart remote adalah sebuah alat yang bisa membantu menyulap barang-barang elektronik yang menggunakan remote menjadi makin ‘pintar.’

Beberapa barang elektronik biasa dengan sebuah remote, dapat diubah menjadi cukup ‘smart‘ menggunakan smart universal remote ini. Seperti TV, AC, ataupun DVD misalnya. Semua perangkat tersebut bisa dikendalikan melalui aplikasi di ponsel pintar.

Selain itu, aplikasi juga dapat diakses oleh semua anggota atau penghuni rumah. Peranbkat pintar ini juga bisa diakses menggunakan voice command apps seperti SIRI ataupun google assistant. Ini tentu sangat memudahkan bukan.

  1. Smart CCTV

Seperti kita sama-sama ketahui, CCTV adalah salah satu perangkat umum dan cukup penting yang digunakan dalam keamanan. Dan saat ini, penggunaan cctv pun semakin canggih dengan kemudahan aksesnya melalui ponsel pintar.

Hanya dibutuhkan koneksi internet untuk melakukannya.

smart home rumah pintar
Smart cctv. ~ via medcom.id
  1. Video Doorbell
smart home rumah pintar
Video doorbell. ~ via ring.com

Bel pintu adalah juga sesuatu yang cukup penting dalam konsep sebuah hunian. Dalam konsep smart home sendiri, ada yang namanya smart doorbell. Ini bisa membantu memantau keadaan sekitar dari mana saja.

Smart doorbell dilengkapi dengan kamera yang dapat menampilkan video dengan kualitas HD 1080 di smartphone. Selain itu, ring doorbell ini dilengkapi dengan speaker dan microphone, sehingga kita dapat berbicara dengan pengunjung yang datang. Ini juga dilengkapi dengan sensor gerak dan infrared night vision.

smart home rumah pintar
Video doorbell. ~ via ring
  1. Smart Bin

Smart bin adalah inovasi lain yang bisa menjadikan rumah terasa lebih higienis sekaligus praktis. Produk smart bin yang saat ini muncul di pasaran juga banyak menggunakan sentuhan teknologi.

Seperti tutup tong sampah ini, yang dapat terbuka secara otomatis. Dengan introduction cover sensing, dari jarak antara 0-35 cm tutup tong sampah bisa langsung terbuka. Sangat memudahkan karena kita tidak perlu lagi membuka tutup tempat sampah secara manual.

smart home rumah pintar
Xiaomi smart bin. ~ via Gizmochina

Selain itu, smart bin juga menggunakan teknologi Thermaplastic Sealing yang akan secara otomatis membungkus dan merobek plastik saat tempat sampah sudah penuh, dan lalu menggantikannya dengan kantong plastik yang baru. Canggih bukan!

Hal-hal Penting yang saat Memilih Perangkat Smart Home

Selain mengetahui perangkat apa saja yang bisa menjadikan rumah semakin ‘smart’ ada beberapa hal cukup penting yang harus diperhatikan sebelum membeli atau memilikinya. Ini adalah dua di antaranya:

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Untuk menjadikan rumah menjadi makin ‘pintar,’ lebih selektiflah dalam memilih perangkat apa saja yang menjadi kebutuhan. Merk juga tidak menjadi faktor penentu, karena saat ini banyak sekali produsen perangkat rumah pintar.

Pilihlah perangkat-perangkat rumah pintar yang memiliki fungsi yang bisa mendukung dan memberi kemudahan berbagai aktivitas sehari-hari. 7 perangkat smart home di atas hanyalah beberapa di antaranya.

  1. Ekosistem Internet yang Memadai

Internet adalah syarat dan bahkan pra-syarat penting untuk sebuah rumah pintar. Tanpanya, ini tidak akan berhasil.

Segala macam fitur yang tersedia di dalam perangkat rumah pintar mensyaratkan koneksi internet. Koneksi ini haruslah cukup kencang dan stabil, meski ada juga beberapa perangkat yang tidak memerlukan koneksi internet, seperti lock door fingerprint dan atau cctv.

desain smart hoem rumah pintar
Ilustrasi smart home atau rumah pintar. ~ via techtarget

Itulah beberapa tips dan trik bagaimana mengintegrasikan teknologi ke dalam rumah. Simpulannya, untuk memiliki sebuah smart home atau rumah pintar ternyata tidaklah sulit. Intinya hanya ada pada pilihan perangkat pintar yang bisa kita coba dan integrasikan ke dalam rumah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Ayo, jadikan teknologi untuk menunjang dan memudahkan berbagai kegiatan atau aktivitas kita sehari-hari. Tidak terkecuali mengintegarasikannya ke dalam rumah.***


Jovan Kesuma Sijoatmojo
Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya.
A trustworthy and responsible person that coming with crazy idea to make a better design in modern way and always dealing with the times.


Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id