Tren dan Perkembangan Desain Interior Terbaru yang Harus Anda Tahu

Posted by Aisah Wolfard  •  Tuesday, January 14 2020

Mobilitas dan fleksibilitas adalah kunci tren perkembangan desain interior dari tahun ke tahun.

Interiordesign.id – Teknologi baru, inovasi-inovasi dan penemuan-penemuan baru telah mengubah dunia kita dengan begitu cepat dan drastis. Berbagai kecenderungan terbaru dalam desain interior pun menjadi salah satu yang tak terelakan. Di tahun ini perkembangan desain interior bisa dibilang mengejutkan sekaligus menarik.

Namun, ia juga memberikan sesuatu yang sangat menyegarkan.

Selain penyempurnaan-penyempurnaan dari model dan konsep desain interior yang telah ada sebelumnya, maupun modifikasi, serta inovasi, perkembangan gagasan desain ini pula diikuti oleh perubahan pada berbagai model dan desain perabotan atau furniture, serta tambahan beberapa elemen-elemen dekoratif yang disesuaikan.

Mobilitas dan fleksibiltas adalah kunci dari tren perkembangan desain interior tahun ini.

Bagaimana menciptakan berbagai tempat tinggal dan atau hunian yang mampu mengakomodasi gaya hidup serba cepat dan instan sebagai cerminan gaya hidup urban modern.

Nah, secara umum, inilah tren perkembangan desain interior di tahun ini:

Kamar Mandi Minimalis

Menyoal ukuran dan bentuk, khususnya komposisi, konstruksi dan ukuran, serta bentuk kamar mandi, tren perkembanganya dapat dilihat dari kebutuhan ruang privat ini yang mengambil space atau ukuran yang sangat terbatas dan kecil pada sebuah rumah atau apartemen.

Tetapi, pertanyaannya kemudian, adalah bagaimana ukuran kecil atau mini ini tetap dapat memberikan kebutuhan maksimal dengan pilihan gaya desain interior yang tetap memadai?

interior kamar mandi kecil

~ via cyclest

Bentuk dan ukuran zincs toilet dan bathtub sudah sangat jauh berkurang, tidak hanya diperuntukan dan didesain agar lebih cocok untuk ukuran kamar mandi dalam sebuah mini apartemen saja, tetapi juga sekaligus memperkenalkan tampilan elegan yang lebih mengedepankan fungsionalitas.

desain kamar mandi kecil minimalis. ~ via House BeautifulDesain kamar mandi ukuran kecil.~ via house beautiful

Furniture Sistem Modular

Modularitas adalah tren masa depan.

Tren furniture modular ini sangat dipengaruhi dari kebutuhan akan sebuah inovasi dengan dukungan perkembangan teknologi terkini.

Furniture sistem modular tidak saja menawarkan fungsi tetapi juga semangat kreativitas dan inovasi. Ini dapat dilihat dan diperhatikan pada setiap konsep dan gagasan desain interior rumah atau apartemen berukuran kecil dengan rancangan interior yang sangat nyaman serta fungsional.

Ruang-ruang yang memiliki ukuran kecil saat sekarang sangat bisa dirancang sangat fleksibel, yang didukung oleh furniture atau berbagai perabotan dengan desain yang kompak serta fungsional, serta dalam beberapa hal, multifungsi.

furniture sistem modular

furnitur sistem modular. ~ via interiorzine

Sistem modular pada furniture dirancang sedemikian rupa agar memiliki fleksibilitas yang sangat dibutuhkan.

Mencampur dan mencocokkan berbagai elemen pada satu bentuk dan ukuran sebuah furniture, menjadi tantangan dan inovasi para desainer untuk menjawab kebutuhan akan perabotan yang bisa disesuaikan dengan ukuran space yang tersedia.

Funriture sistem modular

furnitur sistem modular. ~ via interiorzine

Sistem modular akan segera mengambil alih keseluruhan kebutuhan akan sebuah perabotan, terutama pada hunian-hunian tipe kecil dengan gagasan desain minimalis yang minim dekorasi.

modular furniture

furnitur sistem modular. ~ via interiorzine

Pengaturan sistem modular adalah soal maksimalisasi fungsi tanpa mereduksi estetika dan nilai artistik dari sebuah perabotan.

Rumah Mini/Apartemen Mini

Tren rumah atau apartemen berukuran kecil dianggap sangat mewakili gaya hidup urban di tahun ini.

Ini sekaligus menjadi ajang menarik bagi para desiner interior, arsitek, stylist, maupun dekorator untuk menemukan style terbaik memodifikasi dan mempersonalisasi setiap ruangan agar pas dan tepat bagi setiap penghuninya, meski space yang bisa dieksploitasi sangat terbatas.

desain interior apartemen kecil

Desain interior apartemen mini. ~ via idesignarch

desain interior rumah kecil minimalis

desain interior rumah kecil. ~ via freshome

Gaya modern kontemporer, minimalis, minim dekorasi, serta lebih mengedepankan fungsi, adalah inti dari penampilan dari rumah-rumah atau apartemen berukuran kecil ini.

interior rumah kecil

~ via pinterest

Tetapi, tantangannya kemudian, adalah bagaimana sebuah gagasan desain interior bisa tetap menarik dan tidak mengurangi kebutuhan akan space serta elemen-elemen dekoratif yang juga dibutuhkan?

Semenjak setiap ruangan tetap membutuhkan penampilan atau visual yang menarik serta estetik, yang bisa dihadirkan melalui elemen-elemen dan aksesori-aksesori dekoratif, persis di sinilah inovasi perabotan sistem modular menjadi solusi paling praktis.

Penting untuk diingat; tidak ada ruang yang kekecilan, yang ada adalah penggunaan perabotan yang kebesaran.

Tidak ada ruang yang kekecilan, yang ada adalah penggunaan perabotan yang kebesaran.

Tren Warna

Menyoal pewarnaan, tren yang berkembang yang menjadi inspirasi dan rujukan para desainer adalah bagaimana menampilkan suasana atau nuansa yang bersahaja namun tetap memiliki “semangat.”

tren warna cata interior rumah

~ via pinterest

Warna-warna modis yang terang, atau warna-warna soft yang cenderung pucat, bisa memberikan sebagian besar harapan para desainer dan pemilik rumah.

Kombinasi warna menjadi pilihan paling sering digunakan agar penampilan ruang benar-benar terlihat bersahaja serta bersemangat.

Beberapa masih menggunakan warna-warna netral dengan sedikit campuran dan kombinasi warna lain, tetapi kombinasi warna-warna yang fresh mulai banyak digunakan di tahun ini.

warna cat interior

~ via lushome

Oiya, soal warna, ini dapat berarti bahwa Aanda sedang berbagi keceriaan kepada semua orang.

Sebagai catatan, kombinasi warna terbaik tidak didapat dari pilihan warna dinding, langit-langit, dan lantai saja, tetapi juga bagaimana mengombinasikannya dengan berbagai aksesori dan pilihan perabotan atau furniture.

warna cat interior rumah

~ via pinterest

Nah, itulah beberapa tren dan perkembangan dunia desain interior di tahun ini.

Gaya hidup kekinian membutuhkan kecepatan, efektifitas, efisiensi, fleksibilitas, serta fungsionalitas di segala bidang. Menjadi alasan utama dari sedikit penemuan-penemuan tersebut.

Sudah siapkah Anda mengikuti tren desain interior untuk rumah atau apartemen Anda?

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , ,

Aisah Wolfard

By Aisah Wolfard

Creative Director, Designer.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...