gaya desain interior urban modern

Urban Modern; Konsep Interior Simpel dan Minimalis yang Ngetren Saat Ini

Posted by Rio Stefanus  •  Friday, March 22 2019

Interiordesign.id – Pernahkah Anda mendengar tentang istilah urban modern? Ya, urban modern adalah salah satu konsep interior yang sedang hype saat sekarang.

Seperti kita ketahui, saat ini terdapat banyak sekali variasi penataan ruangan yang disesuaikan dengan karakter dan kepribadian pemiliknya. Setiap penataan dan desain ruangan tersebut memiliki ciri khas dan identitasnya masing-masing sesuai dengan pilihan dan kesukaan subjektif dari setiap individunya.

Dan salah satu dari banyak variasi desain yang banyak dibicarakan saat ini adalah gaya interior urban modern.

Gaya desain interior urban modern dianggap bisa mewakili karakter dan kepribadian orang-orang di zaman sekarang. Ia saat ini the next contemporary style yang menjadi rujukan setiap desainer, serta acap kali digunakan sebagai satu-satunya pilihan gaya interior untuk rumah dan atau apartemen-apartemen kecil, terutama yang berlokasi di kota-kota besar.

Persoalannya kemudian, seperti apa sebenarnya gaya interior urban modern ini? Apakah benar ia menjadi satu-satunya pilihan gaya interior terbaik untuk saat ini?

Saya akan memberi penjelasan sedikit tentangnya, plus juga tips sederhana bagaimana menata ruangan menggunakan gaya urban modern.

Pertama mari kita mulai dari definisinya terlebih dahulu.

Definisi ”Urban Modern”

Desain interior urban modern adalah gaya penataan ruang dengan pengaruh atau nuansa kosmopolitan yang kental. Terdapat banyak bauran eleman cool, trendi, dan bergaya muda yang semuanya melebur menjadi satu. Peleburan berbagai elemen ini sengaja diciptakan untuk menghadirkan estetika ruangan yang lembut, nyaman dengan tetap memertahankan nuansa modern.

interior ruang tamu gaya urban modern

Interior ruang keluarga gaya urban modern. ~ via decoraid

Siapapun yang memasuki sebuah ruangan yang menggunakan gaya urban modern, akan seketika merasakan pesona ruang yang apik, kasual, namun tetap tampak santai.

Pada dasarnya, gaya interior urban modern diarahkan untuk menampilkan sisi lembut dari ruangan. Meski arus kehidupan kota besar cenderung berat dan melelahkan, rumah atau apartemen dengan konsep interior ini akan tetap terasa kontemporer dengan unsur soft dan homey yang memberikan rasa tenang.

Tips Penataan Ruang ala Urban Modern

Berikut adalah tips sederhana bagaimana menata ruangan menggunakan pendekatan atau gaya urban modern:

  1. Memilih furnitur yang nyaman dan natural

Pilihan furnitur untuk ruangan urban modern cenderung bergaya rendah dan modular yang minim dekorasi atau ornamen yang mendetail.

Intinya, setiap perabotan, aksesori, dan elemen-elemen dekoratif yang digunakan, memiliki manfaat yang jelas dan tidak berlebihan.

penampilan ruang yang lembut dan santai dengan gaya urban modern

penampilan ruang keluarag/ruang tamu yang lembut dan santai dengan gaya urban modern. ~ via pinterest

Dalam penataan ruang keluarga atau ruang tamu dengan gaya interior ini, sofa menjadi salah satu furnitur paling penting. Sofa rendah yang empuk, meja kopi yang kecil dan simpel, hingga lukisan besar adalah contoh-contoh titik fokus furnitur yang mencerminkan ruangan bergaya urban modern.

  1. Pilih warna- warna netral yang alami

Warna menjadi salah satu elemen desain yang bisa sangat menentukan ruangan dengan penampilan urban modern. Paduan warna netral, adem dan alami seperti putih, abu-abu, atau bahkan hitam sangat tepat jika diaplikasikan sebagai palet utama.

Baca juga:

Warna Interior Rumah; Pilihan Warna “Mute” atau Warna yang Diredam

Selain itu, dominasi warna non-monoton akan memberikan kesan modis dan urban yang nyaman.

Namun, jauhi atau hindari pilihan warna-warna hip dan kontras seperti hijau, oranye dan warna primer lainnya.

penampilan interior urban modern dengan palet warna lembut

~ via Blue Lizard Gallery & Framers

  1. Konsep desain yang lapang

Konsep urban modern banyak digunakan untuk mengatasi keterbatasan luasan ruangan.

Fokus pada gaya desain interior ini adalah praktik pemanfaatan ruang semaksimal mungkin dengan tata peletakan furnitur yang tidak berlebihan sehingga flow ruangan tetap terasa sangat leluasa meski dengan luasan terbatas.

Seperti dalam kamar tidur di bawah ini. Meski memiliki ukuran terbatas, tetapi dengan pemilihan perabotan khususnya pada bagian tempat tidur, kesan kasual, santai dan nyaman bisa sangat terasa.

Konsep interior urban modernnya sendiri bisa terlihat dari perpaduan atau peleburan dari gaya minimalis yang simpel, gaya kontemporer yang kasual, serta sedikit sentuhan gaya industrial yang tampak dari dinding bata eksposnya.

kamar tidur kecil dengan gaya interior dan pilihan furnitur urban modern

Kamar tidur kecil dengan gaya interior dan pilihan furnitur urban modern. ~ via Zin Home

Nah, sekarang semuanya kembali kepada Anda. Lewat penjelasan singkat ini, apakah Anda sudah bisa mendapatkan gambaran jelas mengenai seperti apa konsep interior urban modern? Dan apakah konsep ini benar-benar bisa sangat cocok untuk mensiasati keterbatasan luasan hunian di tengah arus kehidupan kota besar?

Anda sendiri lah yang menentukan.

Ingat, konsep interior apapun sebenarnya bisa cocok untuk hunian Anda. Yang mesti diperhatikan adalah sesuaikanlah selalu dengan kebutuhan. Ukuran ruang yang kecil ataupun ruangan besar, selalu tampilkanlah yang terbaik dan sesuai dengan karakter dan kepribadian Anda.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , ,

interiordesignid-iqbal-desainer

By Rio Stefanus

Lulusan Universitas Maranatha 2017 dengan predikat cum-laude. Penyuka dan penyayang binatang. Memiliki Anjing peliharaan jenis "Siberian Husky" bernama 'exel'.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader