fbpx
Hello, Guest

10 Jenis Talang Hujan Dan Langkah Untuk Pemilihannya

Posted by Iqbal Mujahid Tuesday, March 19 2024

“Pelajari sistem jenis mana yang sesuai dengan rumah kamu”

 

Interiordesign.id – Sebagaimana fungsi dari talang, dirancang sedemikian rupa untuk menampung air hujan dan di alirkan lewat rangkaian saluran yang saling berhubungan menuju kebawah dan keluar rumah.
Hal ini bukan hanya dimaksudkan untuk mencegah air hujan yang mengguyur piggiran rumah.

Banyak sekali jenis dari talang, dari mulai bentuk sampai beberapa gaya dan bahan seperti aluminium, vinil, baja galvanis, tembaga, dan juga seng.
Juga tersedia dalam berbagai pilihan warna untuk menonjolkan estetika pada rumah kamu.

Pelajari sistem jenis talang, dan beberapa tips untuk menentukan jenis talang yang tepat untuk rumah kamu.

Baca Juga :

 

via – Getty Images TheSpruce

 

01 Talang Yang Dipotong Dan Disambung

  • Terbaik Untuk : Perbaikan, pemasangan, perawatan DIY, termasuk bahan vinil, aluminium, baja galvanis

 

Talang yang disambung dengan panjang tiga meter ini dibuat untuk bisa langsung dipasang ke papan fasia rumah dengan memakai gantungan.
Gaya talang seperti ini bisa diterapkan dalam berbagai jenis bahan, hal ini kamu memerlukan tenaga profesional untuk melakukannya.

Dengan menerapkan sistem ini akan lebih terjangkau daripada dengan talang yang tanpa sambungan, walaupun jenis bahan bisa saja menambah atau mengurangi biaya keseluruhan.

Faktor menguntungkan yang akan kamu dapatkan jika memilih metode ini adalah, jika ada satu bagian yang rusak atau mengalami kebocoran, kamu cukup mengganti bagian yang rusaknya saja daripada mengganti keseluruhan talang sepanjang tiga meter.

 

02 Talang Utuh

  • Terbaik untuk : Pemasangan profesional, terdapat banyak pilihan warna, penampilan yang halus dan serasi.

 

Seperti namanya, talang yang utuh sengaja dibuat sesuai dengan ukuran yang sesuai dengan rumah kamu.
Sangat berbeda dari talang yang disambung yang hanya memiliki panjang tiga meter yang berbeda, namun untuk talang yang utuh hampir tidak memiliki batas ukuran atau panjang.

Pemasangan talang dengan ukuran utuh mampu membuat talang air dengan panjang berapa pun, karena pembuatan talang ini khusus yang diukur dan diproduksi secara khusus untuk rumah kamu.

Layanan seperti ini memang untuk biaya akan lebih tinggi, namun kelebihannya lebih unggul daripada sistem talang yang di sambung.

Kelemahannya terletak pada bahannya saja yang hanya tersedia dalam jenis aluminium yang digulung. Sedangkan untuk talang yang dilapisi bisa dibuat dengan bahan dari vinil, baja galvanis, tembaga, aluminium dan seng.

 

 

03 Talang Setengah Bulat

  • Terbaik untuk : Pemasangan DIY, tampilan sederhana, klasik.

 

Sistem talang seperti ini biasanya seperti yang kamu lihat memiliki tampilan tradisional setengah bulat dengan bentuk yang seperti leter U.
Jika talang seperti ini membuat kamu tertarik menggunakannya, maka kamu bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan talang yang berbahan tembaga dan seng biasanya dibuat dengan bentuk setengah bulat.

 

 

04 Talang Leter K

  • Terbaik untuk : Pemasangan DIY, tampilan modern, kapasitas isi air lebih tinggi, juga meningkatkan kekuatan.

 

Bentuk yang seperti paling umum digunakan sebagian besar telah mengganti talang dari setengah bulat ke leter K karena memiliki volume air yang cukup tinggi dan integritas struktural yang lebih besar. Mengurangi kemungkinan air tumpah kesamping.

Kelemahan dari talang ini adalah membuat lebih banyak puing, dan bisa menyebabkan tersumbatnya saluran air yang disebabkan oleh daun, ranting pohon, dan kotoran lainnya.
Pada mulut talang juga bisa mengumpulkan jamur dan lumut.

 

 

05 Talang Custom

  • Terbaik untuk : Pemasangan profesional, tampilan utuh, estetika dan kotemporer.

 

Tujuan dari ide sistem talang seperti ini adalah khusus untuk memberikan tampilan yang kontemporer yang tidak dapat diberikan oleh jenis talang lainnya.

Memiliki desain yang mulus, namun kamu perlu menggunakan jasa profesional dalam hal pemasangan talang seperti ini. Dan biasanya talang ini hampir mirip dengan talang leter K, namun lebih kecil.

 

 

06 Talang Kotak

  • Terbaik untuk : Pemasangan profesional, volume air tinggi, ketahanan besar.

 

Bentuk kotak dan besar biasanya dibuat untuk sebuah properti seperti perumahan komersil, industri, tapi kamu juga bisa bisa memasang talang seperti ini jika dirumah kamu membutuhkan kapasitas volume air yang besar.

Jenis talang kotak bisa mencapai kedalaman dan lebar 10 inci, solusi untuk menangani hujan deras.

 

 

07 Talang Vinil

  • Terbaik untuk : Pemasangan DIY sambungan, murah, banyak pilihan warna

 

Merupakan salah satu bahan yang umum dan banyak digunakan karena harganya yang murah, dan mudah untuk dipasangkan.
Bahan vinil memiliki kualitas yang tahan lama, dan ketika talang penyok sekalipun mereka akan kebali normal dengan sendirinya.

 

 

08 Talang Aluminium

  • Terbaik untuk : Pemasangan DIY sambungan, murah, tahan karat

 

Aluminium dan vinil menjadi bahan yang paling umum karena dari harganya yang murah, pemasangan mudah, dan ketersediaan produk yang banyak.
Jenis talang alulminium tahan terhadap karat dan bisa juga di cat dengan berbagai jenis warna supaya sesuai dengan estetika rumah kamu.

 

 

09 Talang Baja Galvanis

  • Terbaik untuk : Pemasangan profesional, memiliki daya tahan cukup, volume air tinggi

 

Talang baja akan cenderung memiliki ketahanan sekitar 20-30 tahun, itupun tergantung pada perawatannya. Bahan baja galvanis tahan pada karat, dan hujan yang deras.

 

 

10 Talang Tembaga atau seng

  • Terbaik untuk : Pemasangan profesional, tahan terhadap cuaca tinggi, dan tahan karat.

 

Pilihan utama untuk pemasangan talang premium adalah tembaga.
Bahan tembaga biasanya digunakan untuk membuat pipa air panas dan dingin untuk infrastruktur rumah, jadi kamu sudah mengetahui akan kualitas yang ditawarkan dari bahan ini.
Sistem talang ini tidak akan mudah bengkok, atau berkarat dalam kondisi cuaca yang ekstrim.

 

Cara Memilih Talang Hujan

Ketika kamu sedang mencari sistem talang air, penting untuk kamu pelajari tentang berbagai jenis talang seperti dari bentuk, gaya, dan bahan sebelum kamu putuskan untuk memasang. Talang sambungan merupakan pilihan yang bagus jika kamu akan memasang sendiri. Dan perlu diingat bahwa beberapa jenis talang memang sudah dirancang khusus untuk pemasangan profesional termasuk untuk talang tembaga dan seng.

 

Pertimbangkan dalam hal biaya, kemudahan pemasangan, dan ketahan setiap produk sebelum kamu membuat keputusan untuk memasang jenis talang yang akan kamu pakai.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id