fbpx
Hello, Guest

16 Warna Cat Plafon Minimalis Jadikan Ruangan Lebih Elegan dan Estetik

Posted by Fadhil Rahman Wednesday, February 1 2023
Plafon warna

InteriorDesign.id – Cat plafon minimalis merupakan elemen penting agar interior rumah Anda tampak sempurna. Pemilihan warna yang tepat disinyalir mampu mengubah ruang yang biasa-biasa saja menjadi berkesan bagi tamu dan penghuninya.

Cara memilih cat plafon minimalis juga tak sekedar menentukan selera, semuanya harus dipertimbangkan dengan baik. TIdak semua plafon bisa dicat pun tidak semua cat bisa sesuai dengan ruangan. 

 

Oleh sebab itu interiordesign.id perlu menginfomasikan kepada Anda tentang warna-warna yang cocok untuk plafon rumah minimalis yang bisa diterapkan di rumah.

Baca Juga :

Apakah Penting Mewarnai Plafon?

Source: Pexels Max Vakhtbovych

Apapun warnanya, plafon yang Anda lihat saat ini di rumah maupun di kantor merupakan hasil penyempurnaan atau finishing.  Cat adalah salah satu elemen terpenting agar plafon terlihat menarik. Plafon dari toko atau bahan mentah biasanya memperlihatkan bahan baku dengan jelas seperti susunan-susunan pembentuknya dan juga warnanya tidak halus.

Bahkan plafon gypsum yang dari toko sudah terlihat sempurna bisa terlihat jelas serat-seratnya atau celahnya jika tidak melalui proses finishing. Lubang listrik, bor, paku, dll bisa membuat plafon tidak halus sehingga cat dan juga compound bisa membantu agar langit-langit terlihat menarik. 

Bagaimana Cara Memilih Warna Plafon?

Source: Pexels Pixabay

Memilih warna plafon harus memperhatikan aspek interior nantinya. Misalnya, sofa atau lampu yang akan menghiasi ruangan. Tema interior rumah secara keseluruhan juga mempengaruhi warna dan bahan plafon yang akan Anda gunakan. Berikut tahap untuk menentukan warna plafon yang tepat:

1. Tentukan tema interior ruangan

Tema interior ruangan penting untuk Anda tentukan sejak awal karena akan mempengaruhi segala aspek ke dalam rumah Anda. Model plafon, atau apakah Anda membutuhkan lis plafon? Jika butuh, lis plafon dengan bahan apa? 

Menentukan tema interior ruangan tak perlu jauh-jauh mencari inspirasi. Cukup renungkan rumah seperti apa yang Anda inginkan, serta kondisi ruangan apa yang menurut Anda ideal dan merepresentasikan penghuni rumah. Tentukan juga jenis perabot dan aksesoris yang menurut Anda menarik lalu konsultasikan dengan tenaga ahli yang bertugas. 

2. Pertimbangkan kesan apa yang ingin Anda tampilkan?

Masyarakat perkotaan biasanya lelah dengan rutinitas sehingga ketika sampai di rumah ingin suasana begitu tenang. Maka pilihlah warna yang bisa menenangkan mata dalam waktu yang cepat dan sesuaikan dengan warna tembok yang ingin diaplikasikan. 

Ada pula orang yang ingin warna interior rumahnya mencolok karena tinggal di daerah yang sepi sehingga butuh suasana lain di dalam rumah. Masing-masing dari Anda bisa menentukan warna sesuai keinginan dan respon psikologis. 

Inspirasi Warna Cat Plafon Minimalis

Untuk mempermudah referensi Anda dalam memilih warna plafon, interiordesign.id telah merangkum berbagai warna dan model plafon minimalis yang bisa Anda aplikasikan pada rumah atau apartemen. Berikut warna dan ulasannya

  1. Putih

Source: Pexels Vecislavas Popa

Warna putih selalu menjadi pilihan utama orang-orang masa kini, karena warnanya yang sederhana dan mudah menyatukan berbagai model interior dan furniture. Warna putih pas diterapkan pada berbagai jenis desain rumah, mulai dari yang kecil hingga besar sekelas mansion dan rumah mewah. 

Source: Pexels Max Vakhtbovych

Kekuatan warna putih adalah menimbulkan efek yang cerah sekaligus menangkal panas matahari, sehingga cocok untuk rumah daerah pantai. Tapi jika Anda tinggal di daerah pegunungan, memilih plafon warna putih juga tak masalah, apalagi warna putih bisa menimbulkan kesan lebih luas untuk rumah yang sempit. 

2. Warna Putih Kombinasi

Keunggulan warna putih adalah mampu menyesuaikan segala situasi, yang artinya bersifat netral. Salah satunya adalah mencampur dua jenis plafon yang berbeda atau mencampurkan warna yang berbeda pada satu area langit-langit. 

Source: Pexels Max Vakhtbovych 

Kombinasi LED dan plafon hitam pada bagian tepi merupakan alternatif yang baik untuk plafon berwarna putih. Hanya dengan satu jenis plafon, Anda bisa mengkreasikan langit-langit dengan warna dan juga tingkat lapisan yang berbeda. 

Adanya plafon yang dicat hitam pada bagian sisi, mungkin bisa menutupi kerusakan plafon akibat kebocoran talang sehingga setelah diperbaiki Anda tak perlu mengecat ulang karena warna hitam yang bisa mengcover bercak air.

Source: Pexels Max Vakhtbovych

Misalnya mencampurkan gypsum warna putih dengan plafon eternit yang kemudian dipoles dengan pelapis anti bocor berwarna bening. Tanpa menutupi material mentah eternit, ruangan bisa terlihat modern. Jika Anda menyaksikan dengan seksama, plafon warna putih lebih dominan sementara plafon eternit merupakan bagian pelengkap langit-langit yang menambah kesan modern pada ruang keluarga. 

3. Senada Dengan Dinding 

Source: House Beautiful

Mengaplikasikan warna yang sama dengan dinding secara langsung menghemat anggaran pewarnaan dan juga tak perlu khawatir bila ada cat tembok yang tersisa. Sebenarnya pewarnaan yang sama dengan dinding tidak bisa 100% sama secara keseluruhan. Alangkah baiknya ada bagian tembok yang berbeda sehingga ruangan tidak terkesan monoton. 

Source: Pexels Vecislavas Popa

Interior rumah akan terasa hidup dengan warna dan kontur dinding yang berbeda. Menyamakan warna tembok dengan langit-langit sah sah saja namun Anda perlu mengimbangi porsinya. 

Misal, ada bagian dinding yang terbuat dari batu dan tidak tercover semen sama sekali. Mengaplikasikan cat tembok warna putih dan menyatukan elemen batuan mungkin bisa memberi kesan hommy pada rumah, tapi kurang meninggalkan kesan minimalis.

Maka disinilah peran warna abu-abu pada satu sisi ruang keluarga yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah kesan modern, tanpa harus mengubah keseluruhan ruangan. Hommy, modern, dan hangat semuanya semakin lengkap dengan perabot antik dan lampu klasik bercahaya kuning. 

4.  Warna Gelap

Source: Pinterest Real Simple 

Warna gelap tak melulu meninggalkan kesan sempit, selama warna terang dan halus bisa lebih dominan rumah akan terlihat hommy dan menyejukkan. Warna kontras justru menegaskan batas plafon dan dinding, serta menjadi kombinasi warna yang baik untuk lis plafon. 

Source: Pexels Vecislavas Popa

Warna hitam justru meninggalkan kesan elegan jika dipadukan dengan material dan warna yang tepat. Kuncinya, matang sejak proses perencanaan menjadi keberhasilan cat plafon. 

Source: The Nordroom

Mengawinkan warna yang sekelompok adalah cara paling aman untuk mendekorasi interior rumah. Hitam dan abu-abu merupakan satu shades yang cocok untuk diterapkan ke dalam interior. Warna putih pada sofa dan perabot lain berperan sebagai warna pengimbang, sehingga seisi ruangan tidak terkesan misterius.

5. Biru

Source: Lushome

Setiap kali melihat langit dan lautan, mata kita akan terasa lebih tenang, oleh sebab itu mengaplikasikan cat warna biru pada plafon bisa membantu menjernihkan pikiran sekaligus memberi warna yang berkesan pada penghuni rumah.

Source: Building and Interiors

Suasana yang menenangkan pikiran tak hanya tercermin pada bagian langit-langit, Anda juga bisa menambahkannya pada tirai atau sprei kamar. Sehingga ketenangan ruangan menjadi maksimal dan Anda bisa beristirahat dengan nyenyak.

Source: The Colorado Nest

Warna biru identik dengan ketenangan dan relaksasi, sehingga terdapat unsur ketenangan yang mungkin akan terpancar. Memilih langit-langit warna biru pada kamar anak memancing emosi dan kesedihan tersendiri, sehingga menggugah si kecil untuk berkarya dalam hal seni.

6. Pink

Source: Benjamin Moore

Merah muda selalu menjadi identitas perempuan dan gadis muda. Tak salah memang, karena pink adalah warna yang memancarkan energi feminin, rasa manis, dan kebahagiaan.

Merah muda adalah warna yang membangkitkan empati dan kebahagiaan di benak seorang anak. Secara perlahan warna ini merangsang ia menjadi energik dan bahagia. 

7. Kuning

Source: HGTV

Warna kuning melambangkan cahaya matahari, yang mampu membangkitkan energi positif. Secara tidak langsung kuning meninggalkan kesan energik dan suasana penuh perhatian bagi orang yang memandangnya. Ruang keluarga dengan elemen warna kuning pada langit-langit sangat sesuai untuk menerima tamu dengan terbuka.

8. Ungu

Source: Pinterest RemoveAndReplace .com

Nuansa ungu ini membuat kita merasa nyaman, tenang, dan merasa puas saat istirahat. Ungu yang lebih terang, seperti violet adalah nuansa warna yang fleksibel sehingga cocok untuk orang yang bangun pagi dan pulang larut malam karena kesibukan pekerjaan. Warna ungu pada ruang makan meningkatkan kenyamanan saat menikmati santapan. 

9. Jingga

Source: Homedit

Warna orange atau jingga menyajikan keceriaan sehingga cocok jika diaplikasikan pada ruang yang mempertemukan banyak orang. Ruang tamu dengan warna jingga memberi kesan psikologis yang menyenangkan saat bertemu kawan atau kerabat. 

Simpulan

Mengecat plafon dengan berbagai varian warna memberi dampak positif secara visual. Celah plafon yang cacat akan dengan mudah tertutupi dan juga menambah estetika ruangan. Warna putih adalah warna paling netral untuk dekorasi ruangan sehingga pas untuk plafon.

Apapun warna plafon Anda, akan sangat cocok jika pemilihan material dan perencanaannya sempurna. Agar segala proses perencanaan desain rumah berjalan dengan baik, interiordesign.id siap membantu proses pewarnaan plafon hunian Anda. 

Bahkan jika plafon rusak, kami siap membantu renovasi langit-langit dan menggantinya dengan bahan yang lebih baik. 

Baca selanjutnya

Monday, January 16 2023
Posted by Fadhil Rahman

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
kamar tidur anak perempuan
Tuesday, July 19 2022
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id