fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

3 Langkah Mudah Merawat Meja Dapur Marmer Beserta Bahan Pembersihnya

Posted by Brenda Brilianita Monday, January 17 2022
desain interior dapur

Perawatan meja dapur marmer sebenarnya tidaklah sulit. Bahkan, bahan-bahan yang digunakan dapat dengan mudah kita temukan.

Estimated reading time: 5 minutes

InteriorDesign.id – Ruang dapur lebih dari sekadar tempat memasak. Banyak interaksi anggota keluarga yang terjadi di dalamnya. Kehangatan keluarga juga kerap terjadi di area ini, terutama pada area meja. Itulah sebab, sangat penting saat kita memutuskan material meja –meja dapur– seperti apa yang akan digunakan.

Tidak hanya itu, pemilihan material meja dapur ini tidak bisa dilakukan sembarang. Kita harus teliti, terutama menyoal perawatannya.

Nah, salah satu yang akan kita bahas adalah soal perawatan meja dapur dengan material marmer.

Perawatan Meja Dapur Marmer

Bagi pengguna meja dapur dengan material marmer tentu ingin mempertahankan kualitas dan keindahannya. Diperlukan ketelitian saat melakukan perawatan terhadapnya, mengingat biaya yang dikeluarkan untuk sebuah meja dapur dengan material ini tidaklah murah.

Perawatan meja dapur marmer sebenarnya tidaklah sulit. Bahkan, bahan-bahan yang digunakan dengan mudah dapat kita temukan.

Pertama, ini tentu yang paling substansial, untuk menjaga meja marmer agar tetap indah dan mewah, kuncinya terletak pada kebersihan meja tersebut. Dalam hal ini, pembersihan secara rutin sangat penting dilakukan.

Berikut adalah cara merawat dan membersihkan meja dapur marmer. Mulai dari langkah pembersihan, hingga cara agar meja marmer terlihat kembali mengkilap dan indah.

1. Melindungi Meja Marmer dari Goresan

Dengan alasan estetika, sering kali kita menambahkan dekorasi seperti vas bunga, atau hiasan-hiasan lainnya yang memiliki potensi terjadinya “goresan” pada bagian atas meja. Goresan, meski halus, bisa mengurangi keindahan meja.

Nah, salah satu solusinuya, jika Anda tetap ingin mendekorasi meja dengan barang-barang yang menurut Anda bisa menambah estetika, meski ini berpotensi merusak bagian atas meja, gunakan semacam “alas” dan sesuaikan dengan ukuran benda atau dekorasi yang akan digunakan. Dengan seperti itu, permukaan benda tidak akan menyentuh langsung permukaan meja.

meja dapur marmer
via homestratosphere

2. Mengembalikan Kilapan Marmer

Untuk menjaga atau mengembalikan kilapan marmer ternyata cukup mudah. Kita hanya perlu sediakan lap chaimos, atau biasa kita kenal kanebo.

Kanebo memiliki daya serap yang baik sehingga dapat mengeringkan permukaan basah secara maksimal.

3. Melakukan Pembersihan Noda Secara Rutin

Aktivitas-aktivitas berat hingga ringan di ruang dapur, membuat meja dapur rentan terkena noda. Berbagai jenis kotoran seperti noda teh, kopi, makanan, atau bahkan cipratan minyak, sudah dipastikan akan mengotorinya. Beberapa dari bahan makanan dan kotoran-kotoran ini bisa sangat sulit untuk dibersihkan.

Namun, jangan khawatir, berikut adalah beberapa bahan pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan meja dapur marmer.

Bahan-bahan Pembersih Meja Dapur Marmer

jeruk nipis untuk merawat meja dapur marmer

Jeruk Nipis dan Garam

Jeruk nipis dan garam menjadi kombinasi bahan pembersih alami yang bisa kita gunakan.

Yang perlu kita lakukan adalah memotong jeruk nipis menjadi dua bagian atau lebih. Lalu peras jeruk hingga terkumpul airnya dan campurkan garam ke dalamnya, aduk hingga larut.

Cairan jeruk dan garam ini semprotkan pada bagian yang bernoda dan lalu kita gosok menggunakan kain lap lembut.

Setelah noda menghilang, jangan lupa untuk membilas menggunakan air dan keringkan kembali permukaan marmer. Dengan begitu, noda di atas permukaan marmer tidak akan menempel atau bahkan mengerak.

Perlu Anda ketahui, kandungan dari jeruk nipis memang sudah sering digunakan sebagai senyawa pembersih. Begitu juga penggunaan garam dalam produk pembersih, ini sering digunakan sebagai senyawa anti bakteri.

Sabun Cuci Piring

Sama seperti saat membersihkan alat memasak, sifat sabun cuci piring juga berfungsi untuk membersikan noda pada bagian permukaan meja dapur marmer.

Untuk menggunakannya kita hanya perlu mencampur air hangat dan cairan sabun cuci piring.

Tuang cairan sabun kedalam air hangat lalu aduk hingga larut. Selanjutnya celupkan kain ke dalam cairan dengan permukaan lembut untuk mengelap permukaan marmer yang terkena noda. Menggunakan gerakan memutar dan sedikit tekanan masih aman dilakukan agar permukaan marmer tidak tergores.

Baking Soda

Meskipun baking soda berbentuk pertikel-partikel kecil yang menyerupai pasir, tetapi penggunaan bahan ini aman dan tidak akan menggores permukaan marmer.

Kita hanya perlu mencampurkan air dengan baking soda hingga berbentuk pasta. Lalu gunakan lap halus dan oleskan pasta baking soda dan oleskan pada noda membandel di permukaan marmer.

Seperti halnya jeruk nipis dan garam, penggunaan baking soda juga sering digunakan sebagai bahan pembersih perabotan dapur.

bahan untuk merawat meja dapur marmer

Hidrogen Peroksida

Menggunakan bahan ini untuk membersihkan marmer memiliki dua keunggulan. Selain membersihkan noda (terutama noda sifat asam), bahan ini juga dapat membersihkan goresan halus pada bagian permukaan marmer.

Caranya sangat mudah. Kita hanya perlu menggunakan kain lap lembut yang sudah diberi hidrogen peroksida lalu gosokan secara perlahan pada permukaan marmer.

Amonia

Penggunaan amonia dalam cairan pembersih perlu diperhatikan takarannya. Cairan yang bersifat basa ini akan aman digunakan untuk membersihkan marmer dengan cara mengetes terlebih dahulu pada sedikit ujung meja dapur marmer kita.

Jika meja tidak memperlihatkan reaksi buruk, maka bahan ini aman untuk digunakan.

Dalam penggunaannya, kita perlu mencampur satu sendok teh cairan amonia ke dalam satu cangkir air, lalu aduk hingga larut, dan campuran ini siap digunakan.

Seperti biasa, gunakan lap berbahan lembut untuk menggosok larutan amonia pada permukaan marmer.

Simpulan

Penggunaan meja dapur marmer memang terkenal menambah nilai kemewahan dapur dan memiliki gengsi tersendiri bagi pemiliknya. Plus, marmer memiliki pola atau “urat” pada setiap lempengangannya, ini menjadikannyamemiliki keunikan tersendiri.

Intinya, meja dapur marmer mungkin saja mahal, tetapi ini sepadan dengan ketahanan dan juga keindahan yang dibawanya. Area dapur dengan sebuah meja dapur marmer, tentu bisa terlihat mewah dan berkelas. Namun, penting untuk diingat, jaga dan rawatlah baik-baik. Untuk melakukannya, tidaklah sulit.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id