fbpx
Hello, Guest

5 Ide Desain DIY Lemari Buku, Untuk Tampilan Unik dan Murah

Posted by Rio Stefanus Sunday, February 19 2023
Lemari buku ideas

InteriorDesign.id – Bila mendengar kata lemari mungkin Anda lebih familiar dengan lemari baju. Namun pernahkah Anda mendengar kata lemari buku? Apa bedanya dengan rak buku? Apa fungsinya? Dan apa kelebihan dari menggunakan lemari satu ini? Simak selengkapnya berikut ini! 

Apa Itu lemari Buku?

mydomaine.com

Lemari buku atau sering disebut dengan rak buku adalah sebuah tempat yang memang dikhususkan untuk menyimpan buku. Ada dua macam lemari buku, rak terbuka dan tertutup. Bentuk rak terbuka seperti yang sering Anda lihat di perpustakan. 

Sedangkan untuk versi tertutup merupakan rak pintu yang ditambah dengan penutup pintu yang biasanya terbuat dari kayu atau kaca. Meskipun begitu, tak banyak yang menggunakan versi satu ini karena dianggap bisa membuat buku mudah lembap. 

Baca Juga : 8 Pilihan Desain Lemari Baju Minimalis Terbaik

Manfaat Lemari Buku 

Meredithcorp.io

Ada banyak manfaat dari menggunakan lemari buku seperti membuat buku lebih tertata rapi dan memudahkan Anda untuk menemunkan buku yang diinginkan, terlebih lagi jika Anda memiliki banyak koleksi buku. Rak buku yang besar juga bisa digunakan sebagai sekat antar ruangan dan tempat penyimpanan barang lain karena bentuknya yang cukup luas. 

Banyak sekat yang ada pada rak buku ini juga memudahkan Anda untuk proses pembersihan buku dan memilah buku sesuai dengan jenis dan klasifikasi tertentu sehingga memudahkan orang untuk menemukan buku yang dibutuhkan. 

Inspirasi Desain Lemari Buku 

Nah berikut ini kami rangkum deretan inspirasi desain lemari buku yang bisa Anda gunakan pada hunian Anda. 

1. Rak Japandi Style 

Patio design

Bagi pecinta Japandi style, rak buku satu ini bisa jadi pilihan. Memiliki model khas jepang dengan material kayu dan pintu geser, lemari satu ini bisa membuat anda lebih mudah dalam menyimpan dan mengambil buku. Bentuknya yang lebar dan besar juga memungkinkan untuk menyimpan barang lain seperti action figure, tanaman hias mini, dan lainnya. 

Model rak satu ini terbilang jarang dijual di pasaran sehingga untuk membuatnya Anda harus custom terlebih dahulu. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan sederhana di rumah. Gunakan kayu untuk membuat sekat dan penyangga buku dan gunakan bambu yang ditumpuk dan dijejer untuk membuat pintu geser. 

2. Rak Buku Barrister

Aliexpress 

Rak buku minimalis ini merupakan jenis tertutup karena memiliki tempat penyimpanan buku dengan pintu yang terbuat dari kaca sehingga orang lebih mudah untuk melihat isi di dalamnya dan memudahkan dalam memilih buku yang diinginkan. Biasanya rak satu ini terbuat dari kayu yang mahal dan tahan lama seperti mahoni atau jati.

Namun Anda bisa membuatnya sendiri dari berbagai jenis kayu yang ada sesuai budget, jika penutup kaca dirasa terlalu mahal maka Anda bisa menggantinya dengan penutup yang terbuat dari bahan plastik bening. 

3. Rak Buku Sekat 

Bhg.com

Tidak harus membeli rak buku baru, Anda bisa mengubah dinding rumah yang menjadi sekat antar ruang sebagai rak buku. Meskipun harus membongkar sedikit bagian dinding untuk digunakan sebagai rak buku, namun cara ini lebih mudah diaplikasikan jika sudah didesain sebelum membangun rumah. 

Memiliki rak buku yang menempel pada dinding bisa menghemat ruang dan tahan lama karena selama dinding tidak retak atau patah maka selama itu pula tempat tesebut bisa digunakan sbeagai rak. Membuat rak satu ini termasuk lebih hemat karena Anda hanya membutuhkan kayu untuk penyangga buku. 

4. Rak Kabinet 

Bhg.com 

Anda bisa memanfaat rak kabinet yang memiliki banyak sekat untuk meletakkan banyak barang termasuk buku. Hal ini cocok bagi Anda yang memiliki banyak buku namun tidak terlalu banyak sehingga tidak harus menggunakan rak buku terpisah. Memiliki bentuk klasik elegan, model rak satu ini sangat cocok bila dipadupadankan dengan dekorasi rumah yang didominasi warna putih. 

5. Rak Buku Besar 5 Bagian

Bhg.com

Meski namanya 5 bagian, namun rak buku satu ini tidak benar-benar terdiri dari 5 bagian saja. Memiliki sekitar 35 sekat yang bisa diisi hingga ratusan buku, lemari satu ini sangat cocok bagi Anda yang penggemar berat buku dengan banyak koleksi. Selain menata sesuai jenis, Anda juga bisa menata buku sesuai warna agar terlihat lebih aesthetic. 

Modelnya yang sederhana membuat Anda bisa membuatnya secara mandiri di rumah. Cukup kumpulkan kayu dan potong ukuran sesuai dengan keinginan dan sambungkan setiap bagiannya untuk membentuk rak yang utuh. Gunakan cat warna putih agar lemari terlihat lebih estetik. 

   Baca Juga : 7 Rekomendasi Lemari Laci Plastik, Mulai dari yang paling Murah

Penutup 

Itulah pengertian, kelebihan, dan inspirasi mengenai lemari buku yang bisa Anda coba terapkan pada hunian. Tergantung dari banyak buku yang dimiliki, Anda bisa memilih ingin menggunakan model terbuka atau tertutup. 

Jika bingung harus memilih model lemari seperti apa yang cocok dengan konsep hunian Anda, maka konsultasikan dengan jasa desain interior terbaik seperti InteriorDesign yang telah membantu beribu klien untuk bisa mewujudkan hunian yang telah mereka impikan.

Kami akan membantu Anda mendapatkan lemari buku terbaik yang cocok dengan konsep hunian sehingga mampu memberikan nilai estetik tambahan pada hunian. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
dekorasi dapur
Tuesday, May 4 2021
Posted by Faris Abdurrachman Afza

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id