desain interior jepang skandinavia, japandi

5 Konsep Desain Interior yang Perlu Diketahui

Posted by HinaYana  •  Monday, November 19 2018

Mengetahui konsep desain interior bisa membantu menemukan jawaban akan dilema desain saat berupaya mengubah setiap ruang di rumah sesuai dengan kebutuhan.

Interiordesign.id – Apakah anda sudah mengetahui dengan pasti konsep interior seperti apa yang dibutuhkan untuk rumah? Jika jawabannya sudah, maka beberapa hal berikut tidak usah lagi untuk dipikirkan.

Namun, bagaimana jika sebagian dari anda ternyata masih bingung dengan apa yang harus dilakukan saat berupaya mengubah dan menata rumah? Terutama yang berhubungan dengan pilihan gaya interior untuk menjadikan penampilan rumah menjadi lebih baik dari keadaan seperti saat pertama kali anda membelinya?

5 konsep desain interior berikut akan membantu anda menemukan jawaban seperti apa dan bagaimana cara yang tepat mendekorasi setiap ruangan di rumah agar sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam dunia desain interior dan juga arsitektur.

Dilansir dari anantawiguna, berikut adalah 5 konsep desain interior yang penting untuk diketahui:

  1. Konsep Interior Gaya Rustik

Konsep rustic adalah gaya interior yang memberikan penekanan pada alam dan unsur natural. Rustic juga biasa dikenal sebagai konsep interior pedesaan. Ia mengutamakan suasana alam yang diadopsi ke dalam setiap ruang.

Desain interior gaya rustic banyak menggunakan bahan-bahan dan material dari alam seperti kayu, bambu atau bebatuan. Memilih konsep interior ini Anda bisa meminimalkan penggunaan bahan finishing sehingga sangat mengandalkan kualitas material produknya.

Kesulitan memakai konsep interior rustic terletak pada proses pemilihan material yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Pemilihan material yang tidak pas dan jelek akan berdampak pada hasil yang tidak maksimal.

konsep desain interior

konsep desain interior

google/pinterest

  1. Konsep Interior Klasik

Gaya klasik berasal dan terinspirasi dari gaya romawi dan yunani kuno yang mengandalkan pada susunan, keteraturan, keseimbangan dan harmonisasi yang nyaris sempurna. Konsep interior ini biasanya ditandai dengan banyaknya titik focus (focal point) dan juga terdapatnya banyak ukiran-ukiran. Interior klasik memiliki kelebihan pada tampilan yang dihasilkan, elegan dan mewah.

Kekurangan pada konsep interior ini adalah borosnya bahan baku dan pemrosesan yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

konsep desain interior

konsep desain interior

google/pinterest

  1. Konsep Modern Minimalis

Konsep desain interior ini mengutamakan fungsi dan efektivitas sebuah ruangan dan perabotan atau furnitur. Modern minimalis adalah kebalikan dari gaya klasik. Penggunaan konsep ini lebih menenkankan pada terciptanya sebuah ruang dengan penampilan yang minimalis serta fungsional.

Karena fokus pada fungsi dan efektivitas, desain yang dihasilkan mungkin akan terlihat sedikit kaku akibat minimnya ornamen hiasan dan juga unsur dekoratif yang digunakan. Tetapi, salah satu kelebihan dari gaya interior ini terletak pada waktu pemrosesan yang tidak terlalu lama dan material yang digunakan pun tidak terlalu banyak.

Satu-satunya kekurangan pada konsep interior ini adalah anda dituntut untuk memiliki teknik finishing yang mumpuni. Karena jika tidak, hasil akhir akan terlihat tidak presisi dan kasar.

konsep desain interior

konsep desain interior

google/pinterest

  1. Konsep Futuristik

Konsep Futuristik adalah gaya interior yang didasarkan pada imajinasi dan pemahaman seorang desainer tentang sebuah ruangan dan objek-objek masa depan.

Gaya interior futuristik banyak menggunakan material berbahan logam atau kombinasi dan model yang biasa digunakan dalam sebuah pesawat ulang-alik. Konsep ini menghasilkan sesuatu yang luar biasa dan sangat ikonik. Namun bukan tidak memiliki konsekuensi. Ia berdampak pada harga material yang digunakan sangat mahal.

konsep desain interior

konsep desain interior

pinterest

  1. Konsep Interior Eklektik atau Combo

Eklektik dihasilkan dari perpaduan antara dua atau lebih konsep desain interior. Mampu menghasilkan ruangan dengan suasana yang formal, luwes, fleksibel dan tidak kaku.

Gaya eklektik juga memiliki konsekuensi tertentu jika tidak dilakukan dengan hati-hati, yaitu sebuah ruangan yang akan tampak terlihat tumpang tindih akibat penggabungan dua atau lebih gaya desain.

konsep desain interior

konsep desain interior

pinterest

Bacaan lanjutan:

Keunikan dan Kekhasan Gaya Desain Interior dari 8 Negara Berbeda

Gaya Desain Interior Kontemporer; Pengertian, Asal-usul & Ciri Khas

5 Pilihan Gaya Desain Interior yang Mencerminkan Gaya Hidup

5 Konsep dan Gaya Desain Interior Pilihan, Gaya Interior Seperti Apa yang dapat Menggambarkan Diri Anda?

Itulah beberapa konsep desain interior secara umum. Semua pilihan gaya desain tentu tergantung preferensi atau selera Anda pribadi. Semuanya kembali kepada anda, konsep desain interior seperti apa yang sekiranya sangat pas dan cocok untuk diaplikasikan ke dalam setiap ruang di rumah anda.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram