desain rumah islami, interior rumah islami

5 Prinsip Dasar Bagaimana Mendesain dan Mendekorasi Interior Rumah yang Islami

Posted by HinaYana  •  Friday, January 4 2019

“Sesungguhnya Allah adalah dzat yang maha indah dan mencintai keindahan”. (HR. Thabrani dan Al Hakim)

Interiordesign.id – Desain dan dekorasi rumah adalah refleksi dari diri karakter dan kepribadian Anda. Konsep desain dan dekorasi yang digunakan untuk setiap ruang di rumah bisa menentukan dan menggambarkan siapa dan seperti apa diri Anda sesungguhnya.

Bagi orang yang beragama Islam, kehidupan dipandang sebagai sesuatu yang terintegrasi satu sama lainnya. Hal ini mengembangkan dan melahirkan sebuah kebutuhan untuk menjadikan segala lini kehidupan dapat terintegrasi dengan baik, tentunya untuk mendukung keislamannya.

Bagi umat muslim, hal terpenting yang ingin didapatkan dalam gagasan desain interior rumah mereka adalah suasana yang hangat, bersih, indah dan penuh cinta. Hal tersebut dipandang sebagai perwujudan dari gaya hidup sederhana sesuai ajaran dan keyakinan dalam islam.

Islam sendiri memiliki kekhasan dalam desain interior. Bahkan menurut sejumlah para ahli, islam kaya akan sejarah arsitektur yang khas dan memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan dunia arsitektur dan desain interior hingga saat ini.

Memiliki rumah dengan dekorasi yang islami tentu didambakan oleh setiap muslim. Desain rumah islami yang modern yang menampakan dan memancarkan keislaman yang menjadi karakter kuat dalam diri Anda.

Dari beberapa sumber, inilah 5 prinsip dasar desain rumah islami yang wajib Anda ketahui jika menginginkan suasana rumah dengan karakter keislaman yang kuat.

1. Figurative Object

Salah satu ciri khas interior rumah islami adalah tidak menyertakan objek-objek mahluk hidup seperti hewan dan manusia. Dekorasi pada bagian dinding atau yang lainnya lebih diutamakan berbentuk kaligrafi yang jadi seni dalam Islam.

Meniadakan figurative object, dan menggantinya dengan objek yang tak kalah nyeni seperti kaligrafi, bisa melahrikan suasana islami yang mendalam pada setiap ruang.

desain rumah islami, interior rumah islami

eclectic design, islamic wall decor. ~ via Houzz

desain rumah islami, interior rumah islami

islamic living room interior design. ~ via Houzz

Desain Interior Rumah; Kenapa Dekorasi Menjadi Sesuatu yang Penting?

2. Ruangan Khusus

Sebagai umat muslim yang taat, Anda harus menyediakan ruangan khusus untuk menjalankan ibadah sholat 5 waktu. Hal ini sangat penitng, karena Anda tentu tidak mau kehilangan atau ketinggalan waktu untuk selalu beribadah bukan.

desain rumah islami, interior rumah islami

Praying room. ~ via Pinterest

3. Pilihan Warna

Pilihan warna cat interior yang menandakan suasana Islami dan banyak digunakan mungkin adalah warna hijau. Tetapi, saat ini navy blue, gray, dan hitam juga banyak digunakan dan menjadi beberapa alternatif pilihan warna yang populer dalam gaya arsitektur arabik atau islami.

Jadi, warna cat interior rumah sebenarnya tergantung waktu dan bagaimana Anda dapat menyelaraskannya dengan gaya dan konsep interior yang digunakan.

desain rumah islami, interior rumah islami

islamic room with colour combination. ~ via home synchronize

4. Privasi

Privasi adalah salah satu hal paling penting dalam kultur seorang muslim. Tidak hanya dalam aktivitas peribadatan, tetapi juga dalam keseluruhan desain rumah.

Salah satu saran dari ahli untuk mendapatkan cukup privasi adalah mengupayakan penggunaan kaca jendela dengan dekorasi geometrik yang khas islam. Selain mengutamakan fungsi, desain kaca geometrik juga merupakan elemen dekoratif yang menjadi ciri khas seni dalam islam. Ia dijamin mampu memberi tambahan kadar estetika pada keseluruhan ruangan.

desain rumah islami, interior rumah islami

Islamic Windows Style. ~ via Home

5. Lantai

Kebanyakan Muslim, modern atau tradisional lebih menyukai melepas alas kaki saat berada di dalam rumah. Penggunaan karpet yang tepat untuk flooring dapat mendatangkan suasana islami yang hangat dan inviting.

desain rumah islami, interior rumah islami

Mediterranean Iislamic Living Room. ~ via Home Synchroniz

Prinsip-prinsip yang telah disebutkan di atas mungkin dapat Anda tambahkan sesuai perkembangan model, gaya dan konsep desain interior dan arsitektur termutakhir. 5 prinsip ini hanya beberapa ciri khas saja dan banyak digunakan oleh beberapa dekorator maupun desainer interior saja.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram