fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

5 Tips Hunian Sehat Anti Corona: Tren Interior Rumah di Era ‘New Normal’

Posted by Isaura Desianage Tuesday, November 10 2020
desain interior rumah

Penataan ruangan yang cermat akan berdampak sangat positif, baik terhadap suasana atau bahkan estetika ruangan itu sendiri, serta terutama untuk kesehatan penghuninya atau penggunanya.

Interiordesign.id – Pandemi covid-19 memberi pengaruh yang cukup signifikan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Diakui atau tidak, pagebluk corona menghambat interaksi dan aktivitas-aktivitas penting, terutama sekolah dan bekerja.Akibatnya, mau tidak mau, tuntutan untuk bisa beradaptasi dan produktif meski di tengah kecemasan masih meningkatnya penyebaran dan penularan virus, tetap harus dilakukan.

Di sisi lain, pandemi juga ternyata mendorong kesadaran masyarakat untuk memiliki gaya hidup bersih. Dengan satu dan lain cara, masyarakat dituntut memiliki kesadaran bagaimana menangkal dan meminimalisir ancaman virus. Salah satunya adalah dengan selalu menjaga kebersihan rumah atau hunian, atau tempat tinggal.

Sebagai seorang desainer interior, Saya sangat mengapresiasi bahkan mendukung gagasan ini. Ini krusial, terutama di saat semua aktivitas-aktivitas penting seperti disinggung sebelumnya, -sekolah dan kerja-, harus dilakukan dari rumah.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana menjadikan hunian atau tempat tinggal, atau rumah kita tetap nyaman dan sehat?

Untuk hal itu, saya sangat merekomendasikan untuk mengaplikasikan berbagai fitur tambahan di dalam ruangan rumah. Ini bisa menjadi semacam perlindungan ekstra, untuk kita, dan atau anggota keluarga tercinta.

Lalu, seperti apa yang dimaksud ‘pengaplikasian perlindungan ekstra’ di dalam rumah tersebut?

Ada beberapa yang sangat saya rekomendasikan. Mulai dari maksimalisasi penggunaan cahaya alami, penambahan fungsi ruang interior, hingga penggunaan berbagai alat-alat tertentu dan spesifik yang berhubungan dengan kebersihan dan upaya menangkal penyebaran virus.

Berikut adalah 5 tips bagaimana menjadikan interior rumah atau hunian kita tetap sehat dan aman dari ancaman virus:

  1. Gunakan Touchless Sanitizer Dispensers

~ via ATB Nexus

Beraktivitas di luar rumah menjadikan Anda rentan terpapar virus. Bukan saja virus corona, tetapi berbagai virus dan bakteri berbahaya lainnya. Di sinilah pentingnya selalu menjaga kebersihan tangan.

Tanpa kita sadari, tangan sering sekali bersentuhan dengan permukaan benda yang di dalamnya bisa jadi terdapat jutaan virus dan bakteri yang tak kasatmata. Sebagai langkah pencegahan, penyediaan alat semacam sanitizer di dalam rumah adalah hal yang cukup bijak.Sanitizer dari ATB Nexus bisa jadi pilihan. Dengan fitur-fitur seperti sensor otomatis dan touchless, ini bisa menjadi pengganti botol pump sanitizer konvensional dan mengurangi risiko penularan virus melalui sentuhan. Alat ini bisa memermudah saat membersihkan tangan setelah melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Sangat cocok dan cukup fleksibel agar rumah kita tetap steril dan sehat.

  1. Memaksimalkan Penggunaan Cahaya Alami
 
interior ruang keluarga
Interior rumah. ~ Rendered by Isaura

Penataan ruangan yang cermat akan berdampak sangat positif, baik terhadap suasana atau bahkan estetika ruangan itu sendiri, serta terutama untuk kesehatan penghuninya atau penggunanya.

Cahaya alami sangat dibutuhkan di dalam ruang interior, apalagi jika aktivitas di dalam ruangan tersebut cukup banyak. Di saat pandemi, ketika semua orang berkumpul di dalam satu ruangan dan melakukan berbagai aktivitas berbarengan, kesehatan ruangan sangat perlu untuk diperhatikan. Dan ruangan dengan pencahayaan alami yang baik, tentu akan memberi dampak positif kepada penghuninya.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pencahayaan alami?

Pencahayaan alami adalah sumber pencahayaan yang berasal dari sinar matahari. Selain sebagai sumber cahaya yang free-energy, cahaya dari sinar matahari memiliki banyak sekali keuntungan, salah satunya dapat membunuh kuman.

Tetapi catatannya, dan sangat penting untuk diingat, jika desain atau rancangan ruangan di rumah tidak diatur dengan baik, alih-alih mendapatkan benefit dari sumber pencahayaan alami, ruangan malah akan terasa terlalu panas akibat intensitas cahaya yang masuk terlalu berlebihan. Oleh sebab itu, diperlukan tata ruang dan perencanaan yang benar-benar baik sebelum memutuskan memiliki banyak bukaan jendela sebagai akses cahaya natural atau alami.

  1. Jendela sebagai Ventilasi Udara
desain interior rumah
Interior ruang keluarga. ~ rendered by Isaura

Konsep hunian yang baik harus memiliki ventilasi yang dapat digunakan sebagai sirkulasi udara pada bagian tiap ruangan. Terlebih pada ruangan yang menjadi area kumpul keluarga, seperti ruang makan dan ruang keluarga.

Dengan adanya ventilasi, udara kotor dalam ruangan dapat mengalir dan berganti udara segar.

Mengutip amwaytoday.co.id, udara bersih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memasok sistem kekebalan dengan oksigen untuk membunuh dan menghancurkan bakteri, virus, dan kuman.

  1. Penambahan Fungsi Ruang Interior
 
desain area bersih
Desain area bersih. ~ rendered by Isaura

Penyebaran Covid-19 yang cenderung cepat, mengharuskan kita untuk selalu waspada dan menghindari interaksi fisik (menjaga jarak) dengan orang lain. Hal ini tentu sangat menghambat aktivitas.

Terkait hal tersebut, terutama dengan diberlakukannya ‘new normal,’ selain selalu mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan, penambahan fungsi area pada interior rumah, seperti misalnya ‘area bersih’, sangat direkomendasikan.

Area Bersih bisa dirancang dan difungsikan sebagai tempat untuk membersihkan diri sebelum kita berinteraksi dengan penghuni rumah yang lain, terutama saat kita baru saja beraktivitas di luar rumah.

Area ini meliputi toilet untuk membersihkan tangan dan kaki, tempat menyimpan baju kotor, dan juga storage atau tempat penyimpanan barang-barang yang dibawa saat beraktivitas diluar rumah. Ini agar semuanya, termasuk badan dan barang-barang kita, dapat dibersihkan terlebih dahulu dan dijamin steril sebelum dibawa ke area keluarga maupun ruangan lainnya.

Area bersih bisa dirancang persis pada area entry, atau setelah akses pintu masuk.

  1. Sediakan Kotak Sterilisasi
 
kotak sterilisasi
Kotak sterilisasi. ~ via JJOBI Box

Tanpa disadari, saat penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH), aktivitas belanja online pun melonjak.

Meski tidak di saat pandemi, aktivitas berbelanja online memang sangat digandrungi. Banyak di antara kita memilih untuk berbelanja kebutuhan secara online karena dinilai lebih praktis.

Namun, di saat pandemi seperti sekarang, tentu ada sedikit kecemasan, paket-paket yang datang ke rumah bisa saja menjadi sumber penyebaran virus karena mungkin saja telah terkontaminasi.

Di sinilah pentingnya penyediaan alat-alat yang bisa menangkal dan bahkan mematikan patogen-patogen berbahaya untuk rumah kita.

Kotak sterilisasi dari JJObi Box bisa membantu kita membasmi bakteri maupun virus, terutama dari barang-barang dan paket belanjaan. Hasilnya, kita tidak perlu khawatir lagi barang-barang belanjaan terpapar virus atau bakteri saat proses pengiriman.

Nah, itulah 5 tips bagaimana menjadikan interior rumah kebal terhadap virus, terutama virus corona saat ini.

Baca juga: Adaptasi Era New Normal, Inilah 8 Prediksi Tren Desain Interior Rumah Tahun 2021!

Intinya, menjadikan hunian atau tempat tinggal senantiasa bersih dan nyaman, haruslah menjadi prioritas. Dan desain interior, percaya atau tidak, juga dirancang untuk itu. Selain estetika, desain interior juga akan selalu fokus pada fungsi, serta meningkatkan aspek psikologis setiap ruang agar memberikan dampak positif kepada setiap penghuninya. ***


Isaura Desianage
Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya.
A friendly, sociable, responsible, trustworthy and honest person, and have a high commitment in the work. She always try hard according to her abilities, so that she can be of use to those around her.


Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id