fbpx

Adaptasi Era New Normal, Inilah 8 Prediksi Tren Desain Interior Rumah Tahun 2021!

Posted by Michaela Christine Wednesday, November 25 2020
tren desain interior rumah tahun 2021

Tren desain interior rumah pada tahun 2021 bakalan lebih banyak membawa karakteristik alam ke dalam setiap ruangannya.

Interiordesign.id – Hampir satu tahun berlalu beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru, kita diarahkan untuk beraktivitas dan menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah. Ini mungkin menyesakan bagi beberapa orang, tetapi sudah pasti tidak terelakan.

Itulah sebab, jelang tahun baru, semoga bisa menjadi kesempatan bagi kita bagaimana menghadirkan suasana yang juga baru, terutama menyangkut tempat tinggal. Ini krusial, sebab beberapa aktivitas-aktivitas penting, -sekolah dan pekerjaan salah duanya-, mungkin masih harus dilakukan dari rumah.

Melansir Trend Book Forecast 2021, dan mengacu kepada kebiasaan-kebiasaan baru tadi, ada beberapa konsep desain interior rumah yang diprediksi bakalan booming. Karena percaya atau tidak, pandemi melahirkan beberapa penyesuaian dan gagasan-gagasan desain baru rumah tinggal.

Ini menginspirasi, dan bisa kita coba adaptasi ke dalam hunian atau tempat tinggal. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Tren Warna
tren desain interior tahun 2021
Warna Navy Blue pada Kamar Tidur. ~ via homesthetics.net

Warna biru yang lebih gelap diprediksi akan menjadi tren warna terfavorit pada tahun 2021. Warna biru gelap yang menciptakan kesan elegan dan bebas, serta memberikan semangat dan inspirasi, diklaim sangat tepat diterapkan untuk interior, -terutama di era new normal-, agar tidak jenuh saat beraktivitas di dalam rumah.

Kita bisa coba menerapkan pilihan warna ini untuk area kamar tidur dan atau kamar mandi karena sifatnya yang menenangkan.

  1. Gaya Desain Industrial

Desain interior industrial kembali mendapatkan momentumnya pada tahun 2021. Gaya desain yang unik ini menjadi salah satu yang terbaik untuk menciptakan suasana baru dan tidak biasa pada hunian.

Tidak hanya unik, gaya desain industrial juga memberi kesan nyaman dan tidak membosankan bagi penggunanya. Gaya desain ini menjadi tren, terutama di kalangan milenial.

Interior industrial banyak menggunakan warna-warna monokromatik dan material yang sengaja diekspos seperti kayu, beton, dan logam. Kesan mewah pun tercipta dari penggunaan perabot dengan material logam ini.

tren desain interior rumah tahun 2021
Gaya Desain Industrial pada Tempat Tinggal. ~ via unsplash
  1. Design Berkelanjutan (Sustainable Design)

Beradaptasi dengan kondisi saat ini, tren desain interior 2021 akan lebih bnayak fokus pada kesehatan pengguna ruang serta lingkungannya. Ini juga dimanfaatkan dalam pengembangan desain berkelanjutan.

Selagi kita lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, alangkah baiknya jika memulai gaya hidup baru yang lebih sehat. Tren interior rumah tahun 2021 adalah perencanaan pencahayaan alami matahari dan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah, dan penggunaan material-material organik dan ramah lingkungan seperti lightwoods.

Melalui penerapan ini, diharapkan bakalan tercipta lingkungan rumah yang sehat dan nyaman untuk mendukung segala aktivitas penggunanya.

Tren desain interior tahun 2021
Pengoptimalan Pencahayaan Alami pada Tempat Tinggal. via behance.net
  1. Ruang dan Perabot Multifungsi

Menghabiskan banyak waktu di rumah, membuat kita berpikir terhadap penggunaan ruang yang lebih efisien.

Pada masa pandemi, kebutuhan aktivitas di rumah menjadi lebih banyak dan beragam untuk menciptakan ruang-ruang multifungsi. Penggunaan perbedaan warna sebagai pemisah area berdasarkan aktivitas, memaksimalkan sudut ruangan, dan penggunaan perabot fungsi ganda seperti meja, lemari, atau bahkan sofa, adalah tren desain tahun 2021.

Tren desain interior rumah tahun 2021
Ruang Multifungsi pada Tempat Tinggal. ~ via planete-deco.fr
  1. Area Khusus Belajar dan Bekerja

Bekerja dan belajar dari rumah yang menjadi kebiasaan baru, memerlukan perencanaan yang baik dan desain ruang ‘khusus’ untuk mendukung kedua aktivitas tersebut.

Perencanaan ruangan yang menghadap ke arah taman misalnya, ini akan menciptakan suasana baru dan tidak membosankan, baik bagi orang tua maupun anak-anak. Kita tidak akan merasa seperti “terkurung” jika harus bekerja dan belajar di dalam rumah.

Pemandangan mengarah ke taman atau ruang terbuka, bisa memberikan kenyamanan, pengalaman baru, dan suasana relaksasi bagi kita sebagai pengguna. Ini adalah ide dan gagasan desain interior rumah yang akan lebih banyak mengambil fokus.

Tren desain interior tahun 2021
Area Khusus Belajar dan Bekerja pada Tempat Tinggal. ~ via dwell.com
  1. Warna Netral

Warna netral tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Aspek terpenting dari ruang dengan pilihan warna netral adalah memerkenalkan berbagai detail halus yang akan memberikan lebih banyak karakter ke dalam interior. Ini hal ideal untuk menciptakan lingkungan yang lebih akrab, ramah, dan tidak membosankan.

Warna-warna netral bakalan lebih banyak mengambil peran. Selain tentu saja warna biru gelap atau biru navy.

Tren desain interior rumah tahun 2021
Warna Netral pada Tempat Tinggal. ~ via cartelledesign.com
  1. Elemen Dekorasi Ruang

Tren desain dan dekorasi rumah pada tahun 2021 bakalan lebih banyak membawa karakteristik alam ke dalam setiap ruangannya.

Unsur alam akan semakin banyak digunakan sebagai dekorasi yang kuat guna menciptakan kohesi sempurna antara eksterior dan interior.

Atau penggunaan lebih banyak warna hijau, biru, cokelat, merah bata, dan kuning. Ini adalah bentuk visual representasi dari alam.

Sementara untuk memunculkan kesan lebih modern, penerapan salah satu tren desain yang sedang hype saat ini, yakni seni grafis, juga dipertimbangkan. Tren seni grafis ini banyak digunakan oleh generasi milenial. Dan tahun 2021, seni garis wajah diprediksi dihidupkan kembali ke dalam interior melalui dekorasi dan berbagai aksesori rumah.

Tren desain interior tahun 2021
Face Line Artsebagai Dekorasi Ruang. ~ via covethouse.eu
  1. Suasana Alami di dalam Rumah

Semenjak masa pandemi yang menyebabkan sebagian besar aktivitas terhambat, semua orang termotivasi untuk mencari aktivitas yang menyenangkan, salah satunya adalah berkebun.

Area hijau terbuka membuat kita merasa dekat dengan alam. Di samping itu, ini juga dapat digunakan untuk aktivitas berjemur dan berolahraga.

Atau alternatif lain berupa tanaman hias. Tanaman yang lebih besar bisa digunakan untuk memisahkan ruang, mengurangi tingkat kebisingan, dan bahkan memberikan privasi. Keberadaan tanaman membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. Tahun 2021 saat yang tepat menghidupkan kembali suasana ‘hijau’ dan alami di dalam rumah.

Menurut Royal Horticultural Society, penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tinggal dengan tanaman di dalam ruangan mendapat manfaat seperti meningkatkan suasana hati, produktivitas, konsentrasi, dan kreativitas yang lebih baik.

Tren desain interior rumah tahun 2021
Area Hijau Terbuka di dalam Rumah Tinggal. ~ via archdaily.com

Nah, itulah beberapa prediksi tren desain interior rumah pada tahun 2021. Ide gagasan desain interior rumah ini lahir dan mengadaptasi kebiasaan-kebiasaan baru yang terjadi saat sekarang.

Intinya, rumah adalah sebaik-baiknya tempat berlindung, rancanglah senyaman mungkin. Rumah haruslah dapat memberi dukungan terhadap segala aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya. Dan rumah jangalha sekadar dipandang sebagai tempat tinggal saja, tetapi juga identitas.


MICHAELA CHRISTINE
Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya.
An art enthusiast! Have a great passion on interior design and product design, love to bringing a unique and vibrant perspective, and aesthetic to design.


Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

1000* desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
... ... ...
Hello interiordesign.id
×