fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

6 Desain Balkon Belakang Rumah Yang Menambah Nilai Estetis

Interiordesign.id – Balkon belakang rumah adalah area terbuka yang berada di lantai atas atau sisi belakang rumah. Biasanya digunakan untuk bersantai, menikmati pemandangan, atau bahkan menanam tanaman. 

Konsep desain balkon belakang rumah dapat memberikan suasana yang segar dan asri di luar ruangan. Selain itu, memberikan kebebasan untuk menikmati pemandangan sekitar rumah tanpa harus pergi ke luar.

Balkon belakang rumah dapat dibangun dengan berbagai bahan seperti kayu, beton, atau bahkan kaca. Penggunaan furnitur dan aksen dekoratif dapat memberikan nuansa yang berbeda pada balkon belakang rumah, seperti penggunaan kursi santai, meja kecil, atau lampu hias.

Pinterest

Salah satu keuntungannya yakni memberikan penghuni rumah area tambahan untuk bersantai atau bahkan mengadakan acara kecil seperti BBQ atau acara keluarga. 

Selain itu, balkon belakang rumah juga dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih baik ke dalam rumah. Sehingga membantu mengurangi kelembaban dan menjaga suhu ruangan tetap sejuk.

Namun, perlu diperhatikan bahwa konsep desain balkon belakang rumah harus mempertimbangkan faktor keamanan. Seperti memasang pagar atau rel pengaman, dan perawatan yang diperlukan dalam menjaga keindahan dan kebersihan area tersebut.

6 Ide Desain Balkon Belakang Rumah Dan Kegunaanya

#1 Balkon Minimalis

Pinterest

Balkon belakang rumah minimalis adalah konsep desain balkon yang didesain dengan ukuran yang kecil dan sederhana, namun tetap memperhatikan fungsionalitas dan keindahan. 

Biasanya, balkon didesain dengan menggunakan bahan yang simpel seperti kayu atau beton, dan furnitur yang sederhana seperti kursi santai atau meja kecil.

Salah satu keuntungan dari balkon belakang rumah minimalis adalah penghematan ruang, sehingga dapat digunakan di rumah dengan ukuran yang terbatas. Selain itu, desain minimalis yang simpel juga memudahkan dalam perawatan dan pemeliharaan balkon tersebut.

Meskipun ukurannya kecil, balkon dapat memberikan suasana yang asri dan menenangkan di luar ruangan, serta memberikan akses ke pemandangan sekitar rumah. 

Dengan sedikit kreativitas, balkon belakang rumah minimalis dapat dihias dengan tanaman hijau atau bunga yang memberikan suasana yang segar.

#2 Balkon Taman

Pinterest

Balkon taman belakang rumah adalah sebuah area yang biasanya terletak di lantai atas rumah dan dihubungkan dengan area taman belakang. 

Biasanya balkon taman belakang rumah dibangun dengan tujuan untuk memberikan area yang nyaman bagi penghuni rumah untuk bersantai dan menikmati udara segar serta pemandangan alam di sekitar rumah.

Balkon dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang dapat membuat penghuni rumah merasa lebih nyaman saat berada di sana. Seperti kursi santai atau tempat duduk, meja, serta pencahayaan yang memadai. Bisa dihiasi dengan berbagai jenis tanaman atau bunga yang dapat menambah keindahan dan keasrian dari area tersebut.

Dengan balkon taman belakang rumah, penghuni rumah dapat menikmati waktu santai yang berkualitas bersama keluarga atau teman-teman di area yang tenang dan nyaman. 

Selain itu, balkon taman belakang rumah juga bisa menjadi tempat yang ideal untuk mengadakan acara kecil atau pesta kecil bersama orang-orang terdekat.

#3  Balkon Ruang Makan 

Pinterest

Balkon ruang makan belakang rumah adalah area yang biasanya terletak di lantai atas atau samping rumah, dan dihubungkan dengan area ruang makan. Biasanya didesain dengan tujuan untuk memberikan pengalaman makan yang lebih menyenangkan dan nyaman bagi penghuni rumah.

Balkon ruang makan belakang rumah biasanya dilengkapi dengan meja makan dan kursi yang nyaman untuk penghuni rumah atau tamu yang datang berkunjung. 

Selain itu, balkon ruang makan belakang rumah juga biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti pencahayaan yang cukup dan ventilasi udara yang baik.

Dengan balkon ruang makan belakang rumah, penghuni rumah dapat menikmati waktu makan yang lebih santai dan intim bersama keluarga atau teman-teman di luar ruangan yang menyenangkan. 

Selain itu, balkon ruang makan belakang rumah juga bisa dijadikan tempat yang tepat untuk mengadakan acara makan malam atau pesta kecil dengan suasana yang berbeda dari ruang makan dalam rumah. 

Dengan balkon ruang makan belakang rumah, penghuni rumah dapat menikmati waktu bersantap yang lebih menyenangkan dan berkesan.

#4 Balkon Multifungsi 

Pinterest

Balkon multifungsi belakang rumah adalah sebuah area yang dirancang dengan tujuan untuk dapat digunakan untuk berbagai aktivitas dan fungsi yang berbeda. 

Biasanya balkon multifungsi belakang rumah terletak di lantai atas atau samping rumah, dan dihubungkan dengan area taman belakang.

Balkon multifungsi belakang rumah dapat dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan perlengkapan, seperti kursi santai atau tempat duduk, meja, pencahayaan, dan perlengkapan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang ingin dilakukan. 

Sebagai contoh, balkon multifungsi belakang rumah dapat difungsikan sebagai area untuk bersantai, membaca buku, atau sekedar menikmati pemandangan sekitar. 

Selain itu, balkon multifungsi belakang rumah juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menikmati makan malam atau minum teh bersama keluarga atau teman-teman.

Pinterest

Dengan balkon multifungsi belakang rumah, penghuni rumah dapat menikmati berbagai aktivitas dan fungsi yang berbeda di area yang terpisah dari area dalam rumah. 

Selain itu, balkon multifungsi belakang rumah juga bisa menjadi tempat yang ideal untuk mengadakan acara kecil atau pesta kecil bersama orang-orang terdekat. 

Balkon multifungsi belakang rumah memungkinkan penghuni rumah untuk memaksimalkan penggunaan ruang dan menciptakan suasana yang lebih beragam dan fleksibel.

#5 Balkon Rustic 

Pinterest

Balkon rustic belakang rumah adalah sebuah area terbuka yang dirancang dengan gaya dekorasi rustic atau alami. Biasanya terletak di lantai atas atau samping rumah, dan dihubungkan dengan area taman belakang.

Balkon rustic belakang rumah biasanya didekorasi dengan bahan-bahan alami, seperti kayu, batu bata, atau logam yang terkesan kasar. 

Dekorasi balkon rustic juga biasanya mengandalkan warna-warna netral seperti coklat, krem, dan hijau yang menciptakan suasana yang tenang dan damai.

Dalam balkon rustic belakang rumah, penghuni rumah dapat menikmati waktu bersantai yang santai dan menenangkan dengan suasana yang khas. 

Area ini biasanya dilengkapi dengan kursi santai atau tempat duduk yang terbuat dari kayu atau bahan alami lainnya. Selain itu, balkon rustic belakang rumah juga bisa dihiasi dengan tanaman atau bunga yang memberikan nuansa alami dan segar.

Pinterest

Dengan balkon rustic belakang rumah, penghuni rumah dapat menciptakan suasana alami yang khas dan menenangkan di lingkungan rumah mereka. 

Selain itu, balkon rustic belakang rumah juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk menikmati waktu bersantai bersama keluarga atau teman-teman dengan suasana yang lebih tenang dan santai.

#6 Balkon Modern 

Balkon modern belakang rumah adalah sebuah area terbuka yang dirancang dengan gaya modern atau kontemporer. Biasanya balkon ini terletak di lantai atas atau samping rumah, dan dihubungkan dengan area taman belakang.

Pinterest

Balkon modern belakang rumah biasanya didekorasi dengan bahan-bahan modern seperti baja, beton, atau kaca. Dekorasi balkon ini cenderung menggunakan warna-warna netral seperti abu-abu, putih, atau hitam yang memberikan kesan minimalis dan elegan.

Dalam balkon modern belakang rumah, penghuni rumah dapat menikmati waktu bersantai dengan suasana yang khas dan modern. Balkon ini biasanya dilengkapi dengan kursi atau tempat duduk yang didesain dengan gaya modern dan minimalis. 

Selain itu, balkon modern belakang rumah juga bisa dilengkapi dengan pencahayaan modern yang menciptakan suasana yang berbeda di malam hari.

Penutup

Dalam merancang balkon belakang rumah, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan hasil yang memuaskan. Pertama, tentukan ukuran balkon yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan gaya rumah. Selanjutnya, pilih material yang tahan lama dan cocok dengan tema rumah.

Setelah itu, pikirkan tentang furnitur dan dekorasi yang akan Anda gunakan di balkon. Pilih furnitur yang nyaman dan sesuai dengan ukuran balkon. Selain itu, tambahkan beberapa tanaman atau pot bunga untuk memberikan kesan segar dan hijau pada balkon.

Anda juga dapat menambahkan aksesoris seperti lampu gantung atau tirai untuk memberikan sentuhan ekstra pada balkon. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan lantai kayu atau karpet untuk memberikan kesan yang lebih hangat dan nyaman.

Terakhir, pastikan balkon Anda aman dengan memasang pagar atau pengaman sesuai dengan standar keselamatan. Dengan merancang balkon belakang yang indah dan nyaman, Anda dapat menambahkan nilai estetika dan fungsionalitas pada rumah Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id