fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

6 Tips Penggunaan Sofa untuk Ruang Tamu Sempit

Posted by Syifa Arbati Nur Alami Monday, February 7 2022
desain sofa kayu

Dengan perhitungan dan pertimbangan yang cermat, ruang tamu sempit kita tetap bisa dilengkapi dengan model sofa terbaik tanpa menjadikannya terasa sempit dan sesak.

InteriorDesign.id – Memiliki ruang tamu sempit bukan berarti kita tidak bisa memiliki sofa impian. Semuanya tentu mungkin.

Tips Penggunaan Sofa untuk Ruang Tamu Sempit

Mengukur Luas Ruangan

Dengan luasan terbatas, perhitungan sangat penting. Kita perlu mengukur area ruang tamu dan merencanakan dekorasi yang tepat. Ini agar dapat menentukan ukuran furniture, terutama ukuran sofa yang pas.

Dan Jika kita membutuhkan tambahan furniture lain semisal meja atau lemari, maka space untuk sofa juga tidak bisa terlalu besar.

Perhatikan Bentuk dan Model Sofa

Meski ukuran sofa sudah dirasa sesuai, itu akan sia-sia jika tidak memerhatikan bentuk sofa yang akan kita gunakan.

Sofa berbentuk bulat misalnya, ini bisa membuat ruangan terasa penuh dan sesak.

Dus, lebih baik memilih sofa dengan bentuk dan model yang ramping seperti persegi atau sofa L. Dengan seperti itu, kita masih bisa menambahkan meja kecil persis di tengahnya.

Intinya, pilihlah sofa dengan bentuk desain yang minimalis.

interior ruang tamu sempit dengan model L

Memilih Warna dan Corak Sofa

Terdapat beberapa warna dan corak sofa yang justru memberikan kesan semakin sempit pada ruangan. Hindari hal tersebut.

Pemilihan warna dan corak sofa juga harus disesuaikan dengan tema ruangan.

Jika ingin aman, gunakanlah warna netral seperti abu, beige, atau creme. Penggunaan warna cerah juga bisa diaplikasikan dengan catatan lebih baik polos.

Sedangkan jika kita menginginkan sofa yang bercorak, hindari yang memiliki corak yang terlalu besar atau ramai. Model sofa dengan corak yang ramai menjadikan ruangan terasa sempit.

Baca juga:

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan jadi Terasa Luas & Istimewa

Pertimbangkan Material Sofa

Material yang biasanya digunakan untuk sofa minimalis sangatlah beragam. Ini bisa dari kain ataupun kulit.

Kedua material ini cocok untuk sofa ruang tamu.

Ada banyak jenis kain sofa. Pilihlah kain yang lembut agar nyaman ketika bersentuhan dengan kulit.

Jika ingin perawatan yang lebih mudah dan tidak cepat kotor, material kulit bisa menjad pertimbangan utama.

ruang tamu ruang keluarga modern minimalis bogor

Penempatan Sofa

Selain ukuran, bentuk, corak warna, dan material, penempatan sofa juga sangat penting. Tata ruang sangat berpengaruh terhadap luasan ruangan.

Tempatkan sofa berdekatan dengan bukaan jendela. Ini agar ruangan bisa tetap terasa luas, lapang, dan terang.

penempatan sofa di ruang tamu sempit

Penggunaan Sofa Aksen

Jika masih memiliki space yang cukup, kita masih bisa menambahkan sofa aksen. Sofa aksen memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan sofa utama.

Selain itu, sofa aksen memiliki corak atau warna yang cenderung lebih mencolok. Ini cocok digunakan sebagai pelengkap dan dekorasi ruang tamu sempit.

Baca juga:

4 Ide Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu Kecil

Sofa Multifungsi

Seiring tren furniture multifungsi, bentuk dan desain sofa juga mengikuti. Saat sekarang, di pasaran banyak model sofa yang fungsinya bertambah, bukan hanya sekadar tempat duduk.

Namun, meski dengan tambahan fungsi, bentuknya tetap compact dan tidak memakan banyak tempat.

Penggunaan sofa bed misalnya. Jenis sofa yang juga bisa menjadi kasur ini, selain sebagai tempat duduk, bisa juga menjadi tempat berbaring santai.

Atau model dan desain sofa yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan, seperti rak sepatu atau buku. Desain sofa seperti ini akan sangat berguna untuk ruang tamu sempit.

Baca juga:

Solusi Tepat untuk Ruangan Berukuran Kecil, 7 Desain Furnitur Multifungsi yang Super Keren

Simpulan

Untuk ruang sempit, terutama ruang tamu, pemilihan model dan bentuk furniture sangat lah penting. Ruangan yang sempit –ruang tamu sempit– sangat perlu dirancang, didesain, didekor secara cermat, tidak terkecuali pemilihan sofanya.

Namun, ada beberapa hal yang mesti kita pertimbangkan saat memutuskan mendekorasi ruangan sempit. Dalam hal pemilihan sofa misalnya, ruang tamu sempit tentu tidak memiliki kapabilitas dan keleluasaan dalam memilih furniture ini.

Namun, tidak ada yang tidak mungkin. Dengan model dan desain yang tepat, ruang tamu sempit juga bisa terlihat menarik, estetik, serta terutama fungsional. Salah satu kuncinya, ada di pemilihan sofa.

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id