fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan jadi Terasa Luas & Istimewa

Posted by Aisah Wolfard Wednesday, March 17 2021
warna cat ruang tamu sempit

Ubah warna cat ruang tamu sempit di rumah, agar terasa lebih luas, nyaman, serta istimewa.

Estimated reading time: 6 minutes

Interiordesign.id – Keterbatasan ruang dapat disiasati dengan penggunaan warna cat yang sesuai. Warna-warna yang cerah dapat memberikan kesan lapang karena memancarkan cahaya. Dan perlu diingat, hindari penggunaan warna gelap karena ia dapat menyerap cahaya.

Warna cat interior memiliki peran yang penting sebagai sarana untuk memperkuat dan melahirkan kesan tertentu. Rumah tua atau bangunan lama yang terlihat kusam pun dapat tampil cantik dan memiliki penampilan baru dengan hanya mengubah warna catnya saja.

Selain dapat memberikan wajah baru, cat juga mampu mengubah suasana ruang dan memberi pengaruh terhadap psikologis penghuninya. Jadi, meski hanya sekadar mengubah warna cat, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Ruang tamu sempit di rumah pun dalam sekejap akan memiliki kesan lapang, luas, dan nyaman.

Warna Cat Ruang Tamu Terbaik

Berikut adalah 10 pilihan warna cat ruang tamu terbaik:

Putih

interior ruang tamu

Suka dengan warna putih? Anda dapat menggunakan pilihan warna ini sebagai di ruang tamu sempit rumah Anda.

Selain mudah dikombinasikan dengan warna lain, warna putih selalu berhasil memberikan kesan bersih, luas, dan lapang ke dalam setiap ruang. Ruangan yang memiliki dinding berwarna putih juga akan terlihat lebih cerah, luas, dan terkesan bersih, terang, nyaman, serta tenang.

Biru Navy

warna cat ruang tamu sempit
~ via decoholic

Biru navy adalah warna biru laut yang gelap yang memberikan pengaruh luar biasa pada ruang sempit di dalam rumah. Anda bisa memadukan warna ini dengan putih ataupun warna lainnya.

Penerapan warna cat yang tepat dengan biru navy dapat menjadikan ruang tamu sempit terasa lebih luas. Ditambah dengan pilihan funiture dan hiasan berwarna netral, mampu memerlihatkan ruangan yang tampak luas dan tidak berlebihan.

Toska

interior ruang tamu dengan aksen warna toska
~ via safarihomedecor

Ingin memberikan kesan hangat dan tenang bagi para tamu? Sepertinya warna biru toska dapat menjadi pilihan yang tepat.

Untuk memercantik ruang tamu, Anda bisa mengombinasikan warna toska dengan warna putih. Penggunaan dua warna ini bertujuan untuk menciptakan separasi visual dan memberikan ilusi luas di ruangan sempit. Ruang tamu sempit bakalan terasa lebih istimewa dengan kombinasi dua warna ini.

Merah

interior ruang tamu warna merah

Warna merah menyala memberikan kesan energi yang penuh. Agar kontras, Anda bisa mengombinasikan penggunaan warna merah dengan meletakkan beberapa furniture atau perabot berwarna putih. Ini bisa berfugsi sebagai aksen atau tambahan maksimal warna yang berkombinasi.

Warna merah juga mampu menjadikan langit-langit atau plafon terlihat lebih tinggi dan kesan lapang ke dalam ruangan sempit.

Krem

ruang tamu dengan warna krem
~ via myaustinelite

Cara tepat untuk menyulap ruang tamu sempit adalah dengan menghadirkan sensasi lapang dan hangat dengan penggunaan warna krem.

Krem yang dipadu dengan dinding kayu atau hiasan bertekstur kayu, akan membuat ruangan terasa luas, nyaman, dan hangat.

Abu-abu

warna cat ruang tamu semit
~ via 87designs

Ingin menciptakan kesan klasik atau modern ke dalam ruang tamu? Pemilihan warna cat berwarna abu-abu akan memberikan kesan klasik maupun modern ke dalam setiap ruang.

Dan sebagai pelengkap, tambahkan aksesori dan hiasan berwarna cerah. Dengan demikian ruang tamu sempit akan benar-benar terlihat lebih luas.

Lemon

interior dengan dominan warna lemon
~ via idealhome

Lemon merupakan warna cerah yang akan melahirkan suasana nyaman dan riang. Pilihan warna ini mampu memberikan kesan ruang yang lapang.

Anda dapat mengreasikannya dengan menambahkan foto pada dinding atau bunga hias aneka warna sebagai aksen dekorasi.

Merah Anggur

warna merah anggur pada ruangan
~ via decoholic

Merah anggur atau merah marun sedikit terkesan gelap. Namun, meski begitu, warna ini adalah salah satu pilihan terbaik bagaimana menjadikan ruangan sempit terlihat lebih luas.

Anda bisa memadukan warna ini dengan warna abu-abu sehingga bisa menciptakan kesan luas sekaligus elegan.

Jangan lupa tambahan lukisan, gorden, dan atau sofa berwarna kalem yang juga dapat memberikan kesan elegan di ruang tamu sempit rumah Anda.

Kuning

interior rumah dengan aksen warna kuning
~ via interioridea

Selain warna putih, kuning adalah warna yang mampu memantulkan cahaya matahari.

Karena kemampuannya yang dapat memantulkan cahaya, ruangan sempit pun dapat menjadi terlihat luas. Dinding yang diberi warna kuning yang dikombinasikan dengan furniture berwarna putih, akan menambah dimensi di dalam ruangan yang berukuran kecil.

Pastel

interior ruang tamu
~ via pinterest

Warna yang satu ini hampir dipastikan akan selalu berhasil menarik perhatian dan memberi kesan luas di dalam ruangan sempit.

Ada banyak warna pastel yang bisa Anda pilih untuk ruang tamu kecil. Warna-warna pastel melahirkan keceriaan, tidak mudah bosan, dan bahkan bisa meredakan stres.

Itulah 10 pilihan warna cat untuk ruang tamu sempit di rumah Anda.

Warna cat apa yang Anda gunakan?

Baca juga: 10+ Warna Cat Dapur Terbaik yang Menjadikan Ruang Dapur Terlihat Lebih Menyenangkan

Jadikan Interior Ruang Tamu Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id