fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Atap Datar: Kelebihan, Kekurangan dan Contoh Desain

Flat Roof Ideas

Interior Design – Ada beberapa jenis atap yang kita ketahui, jenis atap yang memiliki kemiringan tertentu hingga atap datar. Menggunakan atap datar pada bangunan mampu menampilkan kesan mewah dan modern. Namun apakah sebenarnya atap datar itu? Apa kelebihan dan kekurangannya? Mari simak selengkapnya di sini! 

Apa Itu Atap Datar? 

Seperti bentuknya, atap datar artinya adalah jenis yang keseluruhan atau sebagian besar darinya memiliki desain yang hampir rata atau datar. Meskipun disebut dengan atap datar namun sebenarnya ada sedikit kemiringan yang berguna untuk menyalurkan air hujan untuk mengalir ke sisi yang lebih rendah.

Umumnya desain atap satu ini memiliki kemiringan hingga 10 derajat dan terbuat dari beton bertulang yang kini sudah bisa dibuat menggunakan teknologi beton untuk proses yang lebih mudah. Jenis atap satu ini cocok diaplikasikan pada hunian yang berada di daerah dengan curah hujan yang rendah atau subtropis. 

Kelebihan 

Bagi Anda yang ingin menggunakan atap datar untuk hunian, sebaiknya simak kelebihan dari atap satu ini. Kelebihan yang pertama adalah menarik secara estetika dan hemat energi, belum lagi biaya pembuatan dan perawatan yang lebih murah. 

Hal ini dikarenakan atap datar memerlukan sedikit ruang dan material karena tidak membutuhkan genting atau rangka kayu saat membuatnya. Kemudian, atap datar memiliki banyak kelebihan karena ruang kosong yang dimilikinya sehingga sering gunakan sebagai taman atap, tempat panel surya, tempat jemuran, hingga ala-ala rooftop. 

Atap jenis ini juga mudah diakses karena mudah dinaiki ketimbang atap miring, selain itu flat roof memiliki nilai arsitektur lebih unggul terutama bila memiliki pengaturan yang tepat dan dirawat dengan baik. 

Kekurangan  

Dibalik kelebihannya, flat roof juga memiliki kekurangan. Karena kemiringannya yang standarnya hanya 10 derajat, maka biasanya akan timbul masalah jika musim hujan. Jenis atap satu ini lebih mudah bocor karena air cenderung menumpuk dan menggenang. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan untuk memilih bahan yang lebih ahan cuaca dan sistem drainase yang baik. 

Atap jenis ini juga bukan atap yang awet meskipun sudah dirawat dengan tepat, setidaknya setiap 10 tahun lebih ada kemungkinan besar untuk melakukan perbaikan atau penggantian. Berbeda dengan atap mirip yang menggunakan genteng yang bisa bertahan hingga 20 tahun atau lebih.

Kemudian, atap model satu ini tidak cocok diaplikasikan pada rumah yang lebar. Karena semakin lebar atap datar maka kestabilannya akan semakin berkurang sehingga berpotensi untuk roboh saat gempa bumi atau hujan badai karena desainnya yang tidak aerodinamis. 

Tipe dan Contoh Desain Atap Datar 

Material yang biasa digunakan pada jenis atap ini adalah BUR (Built Up Roof) yang dibuat dari campuran tar dan kerikil. Atap tipe ini merupakan tipe paling tradisional yang tersusun dari tiga layer atau lebih yang waterproof. 

Kemudian ada atap Single Ply yang jenisnya lebih tipis dan ringan dibanding atap Built Up, sudah weatherproof dan melekat dengan baik menggunakn lem atau dateners dan barbed plates. Selanjutnya ada atap datar Spray On / Paint On, untuk membuatnya ada instalasi pada dua bagian. Dimana spray insulation diletakkan langsung pada atap dan ditutupi coating kemudian dicampur pasir dan kerikil untuk bagian kedua. 

Berikut ini adalah tiga contoh inspirasi desain atap datar yang bisa Anda jadikan referensi. 

1. Datar Bertingkat

Pinterest 

Penggunaan atap ini biasanya pada rumah minmalis untuk menghasilkan kesan modern ditambah dengan balkon persegi dan kombinasi banyak kaca untuk hasil yang lebih mewah. 

2. Datar Kontemporer

Dvisare.com

Desain satu ini diaplikasikan pada rumah kontemporer untuk kesan yang unik dan elegan, tampilan warna rumah yang senada membuat rumah terlihat kokoh dan gagah. 

3. Datar Modern 

Behance.net 

Kebanyakan rumah moden yang menggunakan atap ini merupakan rumah dengan banyak kaca untuk membuat rumah terlihat lebih modern dan berkelas. Penggunaan jendela besar dan tinggi ini biasanya digabung dengan flat roof untuk hasil yang lebih modern. 

Penutup 

Itulah pengertian, kelebihan, kekurangan, tipe, dan contoh desain atap datar yang wajib Anda ketahui. Pastikan untuk menggunakan jasa desain interior dan arsitek profesional untuk pemilihan dan pengaplikasian atap datar yang lebih tepat sehingga lebih awet. 

Maksimalkan budget dan dapatkan atap datar terbaik untuk hunian Anda bersama InteriorDesign. Kami akan membantu Anda mendapatkan genteng flat roof terbaik dan cocok untuk hunian Anda. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id