fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Atap Sandar: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Atap Sandar

Interior Design – Pernah mendengar mengenai atap sandar? Selain atap pelana, atap limas, atap datar, ada juga yang disebut atap sandar. Nah, apa sebenarnya atap sandar itu? Yuk simak terus artikelnya!

Apa Itu Atap Sandar?

SC:deagamdesign.com

Atap sandar adalah jenis atap yang terdiri dari beberapa lapis kayu atau bahan lain yang dipasang secara horizontal dan bertumpu pada dinding atau struktur penyangga lainnya.

Biasanya atap jenis ini digunakan pada bangunan dengan desain tradisional atau klasik, serta dapat memberikan tampilan yang indah dan elegan pada suatu bangunan. Kelebihan lain yang ditawarkan adalah dapat membantu menjaga suhu di dalam bangunan agar tetap nyaman, terutama pada saat cuaca panas.

Pemasangan atap cukup mudah, sehingga menjadi pilihan yang populer bagi para pemilik bangunan yang ingin menambahkan sentuhan klasik pada bangunan mereka.

kelebihan dan Kekurangan Atap Sandar

Kelebihannya

Berikut adalah beberapa kelebihan dari atap sandar:

  1. Memberikan tampilan yang indah dan elegan pada suatu bangunan.
  2. Dapat membantu menjaga suhu di dalam bangunan agar tetap nyaman, terutama pada musim panas.
  3. Cukup mudah dibentuk dan dipasang.
  4. Pilihan yang populer bagi para pemilik bangunan yang ingin menambahkan sentuhan klasik pada bangunan mereka.
  5. Dapat bertahan lama jika dipelihara dengan baik.

Kekurangannya

Berikut adalah beberapa kekurangan dari atap sandar:

  1. Biaya pembuatannya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan jenis atap lainnya.
  2. Perawatannya cukup rumit dan memerlukan perhatian lebih.
  3. Tidak semua orang menyukai desain tradisional atau klasik, sehingga tidak cocok untuk semua jenis bangunan.
  4. Dapat menjadi tempat yang lembab jika tidak diberi perlakuan khusus, sehingga dapat menimbulkan masalah seperti jamur dan serangga.
  5. Tidak semua jenis bahan dapat digunakan untuk membuat atap sandar, sehingga pilihan bahan terbatas.

Tips Merawat Atap Sandar

SC:pinhome

Anda memahami pentingnya menjaga rumah agar tetap dalam kondisi prima. Untuk itu Anda harus senantiasa memberikan perawatan standar terutama untuk Atap Anda.

Berikut tips merawat atap sandar agar tetap dalam kondisi baik selama bertahun-tahun. 

1. Periksa atap anda secara rutin – penting untuk memeriksa atap anda secara rutin untuk kerusakan atau puing-puing yang dapat menyebabkan masalah di masa depan.

Silakan lihat apakah tidak ada celah di mana air bisa masuk. Anda juga harus memeriksa selokan dan pipa saluran air untuk memastikannya bersih dari daun dan sumber sumbatan potensial lainnya.

Jika Anda melihat ada masalah dengan atap Anda, jangan ragu untuk segera menghubungi profesional untuk perbaikan.

2. Jaga area sekitaran atap untuk tetap bersih – untuk mencegah masalah di masa depan, anda harus menjaga area di sekitarnya bebas dari daun dan limbah pekarangan lainnya.

Pangkas semua pohon atau semak yang menggantung di atas struktur, dan secara teratur keruk daun yang gugur. Semua ini akan membantu mengurangi kemungkinan selokan tersumbat atau sirap yang rusak karena puing-puing.

3. Pastikan talang anda bersih – Bagian penting lain dari menjaga atap adalah menjaga talang tetap bersih dan bebas puing.

Ini akan membantu mencegah kerusakan air pada struktur dengan memastikan bahwa air hujan dapat mengalir bebas melalui sistem. Jika Anda melihat ada sumbatan di talang Anda, singkirkan sesegera mungkin untuk menghindari masalah lebih lanjut.

4. Segera perbaiki kebocoran atau kerusakan – Sangat penting untuk memperbaiki kebocoran atau area yang rusak di atap sesegera mungkin.

Semakin lama Anda menunggu, semakin luas kerusakan yang bisa terjadi, menghabiskan lebih banyak uang untuk perbaikan nanti. 

Dengan mengikuti tips-tips tersebut Anda akan menjaga atap selama bertahun-tahun. 

Demikianlah artikel mengenai atap sandar, semoga Anda dapat memahami dan mengambil manfaat. Temukan artikel lainnya yang dapat menginspirasi Anda hanya di interiordesign.id. Selain itu Anda juga dapat langsung melakukan order atau konsultasi di sini.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id