fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Wajib Kamu Ketahui Tentang Material Atap Dan Mengenal Tentang Model Atap Rumah

Posted by Iqbal Mujahid Monday, October 10 2022

Initialdesign.id – Merupakan sebuah penutup atas bangunan, gunanya untuk melindungi bagian didalamnya dari hujan atau terik matahari.

Begitu banyak bentuk dari atap, ada yang datar dan miring, meskipun datar, harus dipikirkan juga untuk mengalirkan air supaya bisa jatuh kebawah, untuk bahan juga bermacam-macam diantaranya adalah :

  • Genteng (keramik, beton)
  • Seng Bergelombang
  • Asbes
  • Semen Cor

Adapun genteng metal yang sangat ringan, tahan lama, dan anti karat. Ada beberapa jenis bahan atap tradisional yang terbuat dari tumbuhan, salah satunya terbuat dari kayu ulin atau kayu besi yang dibuat keping tipis-tipis.

Ada juga daun-daun dari beberapa jenis palma dan ilalang kerap di pakai untuk digunakan sebagai atap, diantaranya adalah daun rumbia, kelapa, enau, dan nipah.

“Ketika proses sebuah pembangunan rumah, kamu wajib tau bagian-bagian yang penting dari sebuah atap.”

Baca Juga

Apapun bentuknya, setidaknya atap harus mempunyai bagian seperti pondasi balok kayu untuk menopang rangka atap, supaya bangunan secara keseluruhan akan menjadi kuat secara struktural

Atap Logam

  1. Atap Logam
    Kelebihan dari atap ini dibandingkan dengan genteng beton dan bahan atap lainnya adalah sangat ringan, beratnya cuma 1/10 dari genteng beton, sangat cocok digunakan di daerah yang rawan terhadap gempa atau yang memiliki tanah gambut.

    Dengan tekstur ringannya, atap logam tidak akan membebani bangunan, serta memiliki varian warna yang indah tidak seperti atap lainnya.

Tipe-tipe atap logam terdiri dari:

  • Galvanis (Kuat, murah biasa digunakan untuk bahan atap logam tradisional)
  • Alumunium (Meskipun tahan terhadap karat, namun bahan ini punya kelemahan seperti harganya yang mahal, jadi tidak cocok untuk dijadikan bahan baku)
  • Zincalume (Ini adalah campuran dari Seng dan Alumunium)

  • Galvanis
    Proses pemberian lapisan seng pelindung besi dan baja tujuannya untuk melindunginya dari karat. Galvanisasi biasanya dilakukan dengan metode pencelupan panas, yang dimana baja dicelupkan kedalam seng cair.
    Metode lainnya dilakukan dengan cara elektrokimia, dan elektrodeposisi.

  • Alumunium
    Merupakan sebuah konduktor listrik yang baik, serta ringan dan kuat. Dan juga konduktor yang baik akan panas, bahan ini bisa ditempa menjadi sebuah lembaran, ditarik menjadi kawat, dan diekstrusi menjadi sebuah batangan dengan berbagai jenis penampang menjadikannya tahan korosi.

Atap Bitumen

  1. Atap Bitumen
    Merupakan atap yang terbuat dari aspal atau bitumen serta material lainnya seperti, pasir batu, fiberglass, alga coating. Disebut dengan genteng aspal karena memang bahan dasarnya dari sebuah genteng.

Ada beberapa jenis bentuk atap bitumen

  • Bitumen Shingles flat (Bahan pasir batu, fiberglass, alga coating)
  • Bitumen Gelombang (Bahan dasar serat selulosa dan aspal)
  • Bitumen Tile (Bahan dasar serat selulosa dan aspal)

Atap Tanah Liat

  1. Atap Tanah Liat
    Atap genteng atau tanah liat ini masih banyak digunakan, karena kekuatannya yang sangat baik. Untuk pemasangannya menggunakan satu rangka dengan tingkat kemiringan 35 derajat.

    Namun, dengan bertambahnya waktu, atap dari tanah liat ini kelamaan akan berubah warna dan berjamur.

Atap Keramik

  1. Atap Keramik
    Hampir sama dengan atap genteng, perbedaanya adalah pada proses terakhir saja dimana atap keramik telah diberikan warna yang beragam, mengkilap dan glossy.

    Atap keramik lebih tahan akan lumut, dan tahan terhadap perubahan cuaca apapun, namun harganya cukup mahal dan pengerjaannya harus rapi dan teliti.

Atap Seng

  1. Atap Seng
    Karena mudah dalam pemasanganya, atap seng sering digunakan sebagai pilihan atap.

    namun kelemahannya adalah, ketika lapisan seng sudah mulai hilang, maka atap akan mulai berkarat dan bocor, dan ketika hujan turun cenderung berisik.

Atap Metal

  1. Atap Metal
    Sekilas mirip dengan seng, namun material yang digunakan untuk atap metal ini beragam seperti, stainless steel, tembaga, baja galvalum, spandek, metal multiroof, dan lainnya.

    Pemasangannya sangat mudah dan tahan terhadap cuaca, serta memiliki bobot yang ringan.

Mengenal Jenis Atap Rumah :

Atap Pelana

  • Atap Pelana
    Disebut dengan pelana karena bentuknya yang mirip dengan pelana kuda, memiliki dua bagian sisi yang miring, dengan sisi lainnya berbentuk dinding segitiga.

Atap Limas

  • Atap Limas
    Mempunya dua bidang bentuk segitiga yang bertemu pada sebuah garis jurai, dan dua bentuk lainnya memiliki bentuk trapesium.

Atap Datar

  • Atap Datar
    Sering kita jumpai di rumah-rumah minimalis, karena desain atap ini sangat menentukan sebuah penampilan rumah secara keseluruhan.

Atap Sandar

  • Atap Sandar
    Banyak digunakan oleh rumah-rumah kontemporer, dengan memiliki model satu bidang atap yang menempel pada tembok vertikal. Tampilannya akan membuat seperti rumah asimetris.

Atap Mansard

  • Atap Mansard
    Di Indonesia jarang kita temui atap jenis seperti ini, karena kegunaannya adalah bertujuan untuk negara yang memiliki empat musim. Bentuknya yang curam dengan ciri khas memiliki jendela yang terlihat pada bagian atapnya.

Atap Bonnet

  • Atap Bonnet
    Untuk jenis ini banyak ditemukan pada bangunan tradisional, seperti rumah joglo, dengan memiliki atap yang bertingkat, di bagian bawahnya menjorok keluar dengan tujuan untuk mencegah tampias air hujan masuk kedalam rumah.

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id