fbpx
Hello, Guest

6 Jenis Batu Hiasan Taman Rumah untuk Mempercantik Tampilan Luar Rumah

Posted by Nikho Asruri Friday, June 23 2023

Interiordesign.id – Memadukan hijaunya tanaman dengan elemen batu pada taman rumah dapat menciptakan tampilan visual yang natural. Berbagai jenis batu hiasan taman rumah yang ada dapat Anda gunakan sebagai dekorasi yang indah. Dalam artikel ini kami akan memberikan 6 jeni batu yang dapat menjadi ide Anda dalam menghias taman rumah.

6 Jenis Batu Hiasan Taman Rumah

Taman rumah merupakan salah satu area yang penting untuk diperhatikan dalam mendesain tampilan luar rumah. Batu hiasan taman dapat menjadi pilihan yang menarik untuk memperindah taman Anda. 

Tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga memberikan sentuhan alam yang elegan. Berikut ini adalah enam jenis batu hiasan taman rumah yang dapat Anda pertimbangkan untuk mempercantik tampilan luar rumah Anda.

Baca juga: 10 Inspirasi dalam Menentukan Hiasan Taman Rumah Anda

Inspirasi Model Kolam Taman Rumah untuk Menghadirkan Ketenangan dan Keindahan

1 Batu Sungai

Batu sungai dapat menjadi pilihan yang indah sebagai batu hiasan taman rumah. Batu ini memiliki bentuk dan tekstur alami yang memberikan sentuhan alam yang indah pada taman Anda.

Setiap batu sungai memiliki tekstur yang unik, mulai dari halus hingga kasar. Jenis batu hiasan taman rumah ini memberikan sentuhan alam yang otentik dan menciptakan suasana yang tenang dan harmonis.

Batu ini dapat digunakan dalam berbagai cara yang kreatif untuk mempercantik taman rumah. Anda dapat menggunakannya untuk membuat jalan setapak yang menarik, membentuk tepian kolam, atau bahkan membuat tumpukan batu yang menambahkan dimensi visual yang menarik.

2 Batu Gabion

Dengan menggunakan batu gabion sebagai batu hiasan taman rumah, Anda dapat menciptakan tampilan yang modern, estetis, dan berkesan. Batu ini terdiri dari batu-batu yang diatur secara teratur di dalam kerangka logam atau kawat yang terhubung.

Batu gabion sangat fleksibel dalam desain taman. Anda dapat menggunakannya sebagai pembatas taman yang elegan, dinding penahan tanah yang fungsional, atau bahkan sebagai elemen dekoratif seperti kursi, patung atau kolam mini. 

Kemampuan batu gabion untuk menyesuaikan dengan berbagai bentuk dan ukuran membuatnya menjadi pilihan yang serbaguna untuk memenuhi kebutuhan desain taman Anda.

3 Batu Kapur

Batu kapur memiliki keindahan alam yang alami dan mempesona. Warna putih atau krem yang khas, ditambah dengan tekstur yang halus dan kadang-kadang mengandung pola yang menarik, membuat batu kapur memberikan sentuhan yang elegan dan alami pada taman rumah Anda. 

Batu kapur menciptakan suasana yang santai dan tenang. Jenis batu hiasan taman rumah ini dapat digunakan dalam berbagai cara yang kreatif untuk mempercantik taman rumah. 

Anda dapat menggunakannya sebagai lantai, dinding, atau patok taman. Batu kapur juga dapat dipahat menjadi berbagai bentuk seperti patung, kolam mini, atau hiasan taman lainnya.

4 Batu Kerikil

Dengan menggunakan batu kerikil sebagai batu hiasan taman rumah, Anda dapat menciptakan tampilan yang unik, alami, dan menarik. Permukaan yang kasar dan tidak rata memberikan sentuhan alam yang rustik dan organik pada taman rumah Anda. 

Batu ini seringkali memiliki warna-warna bumi seperti coklat, abu-abu, atau merah, yang menambah kehangatan dan keindahan tampilan keseluruhan. Anda dapat menggunakannya sebagai dekorasi jalan setapak, tepian kolam, atau dinding penahan tanah. 

Selain itu, batu kerikil juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat taman kering (rock garden) yang menarik atau sebagai batu pondasi untuk berbagai struktur taman.

5 Batu Bata

Batu bata memiliki keindahan klasik yang selalu populer. Warna merah atau oranye alami dari batu bata memberikan sentuhan hangat pada taman rumah Anda. Pola-pola yang dihasilkan dari susunan batu bata juga menciptakan tampilan yang estetis dan menarik.

Batu bata dapat digunakan dalam berbagai cara yang kreatif untuk mempercantik taman rumah. Bahkan Anda dapat menggunakannya untuk elemen dekoratif seperti bangku atau meja taman. 

Batu bata juga mudah dibentuk dan dipotong, memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya dengan desain taman yang diinginkan. Batu bata adalah bahan alami yang ramah lingkungan. 

Mereka terbuat dari tanah liat yang dipanggang, tanpa penggunaan bahan kimia berbahaya. Penggunaan batu bata sebagai batu hiasan taman rumah merupakan pilihan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

6 Batu Basalt

Batu ini terbentuk dari lahar vulkanik yang mengalami pendinginan cepat, sehingga memiliki tekstur yang kasar dan warna gelap yang khas. Batu basalt adalah pilihan menarik sebagai batu hiasan taman rumah. 

Warna gelapnya memberikan kontras yang indah terhadap elemen-elemen taman lainnya, baik itu tanaman hijau atau bunga-bunga yang berwarna cerah. 

Tekstur kasar batu basalt juga menambah dimensi visual yang menarik pada tampilan keseluruhan taman. Penggunaan batu basalt juga populer sebagai bahan untuk membuat air mancur, patung taman, atau elemen dekoratif lainnya.

Baca Juga : Taman Depan Pagar Rumah: Tips Menciptakan Tampilan Indah dan Menawan

Setiap jenis batu memiliki karakteristik dan kegunaannya sendiri. Penting untuk memilih jenis batu hiasan taman rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan tampilan yang diinginkan. 

Pastikan juga untuk mempertimbangkan faktor daya tahan, perawatan, dan penempatan yang tepat agar batu alam dapat memberikan keindahan alami yang tahan lama dalam desain rumah atau taman Anda.

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id