fbpx

5 Cara Simple Desain Kamar Tidur Kecil agar Terlihat Lebih Luas

cara simple desain kamar tidur kecil

Cara simple desain kamar tidur kecil agar dapat memiliki penampilan yang sempurna tanpa mengabaikan fungsi.

Estimated reading time: 6 minutes

Cara Desain Kamar Tidur Simple – Melakukan desain kamar tidur berarti memerhatikan juga penataan dan konfigurasi area tersebut, terutama menyangkut soal perabotan. Kamar tidur yang berukuran kecil bukan berarti Anda memiliki keterbatasan dalam hal penataan atau konfigurasi secara maksimal.

Perbedaan cukup signifikan dapat dibuat dengan melakukan penataan perabotan atau furniture. Bagian dari langkah desain yang simple ini bisa menampilkan kesan ruangan yang sangat terorganisir dengan baik.

Sebelum Anda mulai melakukan desain interior kamar tidur secara simple, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan beberapa cara terbaik dalam mendesain kamar tidur berukuran kecil tersebut.

Berikut adalah beberapa tips desain kamar tidur kecil dengan simple. Penataan dan konfigurasi ini dapat memberi Anda gambaran tentang bagaimana area atau ruangan dengan ukuran kecil seharunya punya penampilan yang menarik secara visual.

Cara Simple Desain Kamar Tidur Kecil #1: Posisi Tempat Tidur

Tempat tidur harus selalu menjadi focal point, terutama pada ruangan yang memiliki ukuran kecil. Cara terbaik untuk menjadikannya sebagai titik fokus adalah dengan menempatkannya tepat di tengah dinding ruangan yang paling terlihat.  Biasanya tempat tidur ditempatkan persis pada bagian dinding yang tepat menghadap Anda atau persis saat Anda berada di ambang pintu.

Cara seperti ini akan memberi Anda cukup ruang untuk mengakses tempat tidur dari kedua sisi. Jika Anda suka, Anda bahkan dapat menempatkan nightstands pada kedua sisinya. Kedua nightstands ini dapat hadir, jika area kamar cukup besar dan menyisakan space yang cukup pada kedua sisi tempat tidur.

cara simple desain kamar tidur kecil
Penempatan posisi tempat tidur. ~ via apartment therapy

Cara Mudah Desain Kamar Tidur Kecil #2: Posisi Dresser

Perabotan besar dapat membuat ruangan kecil terlihat sempit bahkan makin kecil dari ukuran sebenarnya. Jika Anda memiliki lemari yang cukup besar, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan simple. Anda bisa menggunakannya sekaligus sebagai ruang dresser atau tempat untuk meja rias Anda.

Selain akan menciptakan tambahan space, kamar tidur kecil juga jadi terlihat lebih besar. Anda bisa memiliki tempat rias dan area berpakaian di satu tempat yang nyaman dan terintegrasi dengan baik.

cara simple desain kamar tidur kecil
Lemari dan posisi meja rias. ~ via fashion pulse daily

Tata Ulang Kamar Tidur Kecil #3: Penataan dan Penempatan Karpet

Karpet kamar tidur mungkin hanya terlihat sebagai detail dekoratif yang tidak punya fungsi signifikan. Namun kenyataannya, karpet sangat membantu membuat ruangan kecil jadi terlihat lebih luas secara simple.

Apabila tempat tidur Anda berada persih di tengah dinding, Anda bisa menempatkan karpet Anda sekitar 2/3 pad abagian bawah tempat tidur, sehingga Anda selalu punya sesuatu yang lembut sebagai pijakan.

cara simple desain kamar tidur kecil
Penempatan karpet. ~ via houzz

Dan jika posisi tempat tidur Anda berada di sudut ruangan, coba tempatkan karpet di samping tempat tidur Anda atau di bawah perabotan lain, seperti meja rias Anda.

Tidak hanya penempatan yang penting, ukuran karpet pun harus diperhatikan. Pada ruangan berukuran kecil, penting untuk memiliki karpet dengan ukuran yang tepat alias proporsional, sehingga tidak terkesan membebani kapasitas ruang.

Dekorasi Kamar Tidur Kecil #4: Tempat Penyimpanan Kreatif

Area penyimpanan adalah kunci dalam ruangan yang berukuran kecil, terutama pada area kamar tidur, di mana sebagian besar barang penting Anda simpan.

Bila Anda tidak memiliki cukup ruang yang tersedia, mau tidak mau, Anda harus berkreasi dengan tempat atau ruang penyimpanan. Misal, Anda dapat menggunakan kotak penyimpanan khusus yang dipasang pada bagian bawah tempat tidur, yang berfungsi sebagai lemari pakaian atau semacam rak khusus penyimpanan barang.

cara simple desain kamar tidur kecil
Tempat tidur kreatif. ~ via pinterest
cara simple desain kamar tidur kecil
Tempat penyimpanan kreatif. ~ via pinterest

Anda bahkan dapat menempatkan sandaran ottoman di kaki tempat tidur Anda sebagai tempat duduk dan berfungsi sebagai storage tambahan.

cara simple desain kamar tidur kecil
storage kreatif. ~ via houzz

Tempat tidur dengan storage yang kreatif adalah solusi terbaik untuk menata ulang kamar tidur kecil secara simple. Tempat tidur yang sangat fungsional juga stylish.

Menata Kamar Tidur Kecil #5: Buat sebuah Sketsa Desain

Memikirkan desain kamar tidur kecil yang simple bisa sangat memusingkan dan membuat Anda frustrasi. Hal ini dapat terjadi jika Anda tidak terlebih dahulu memutuskan ide dan gagasan apa yang akan diterapkan pada bentuk, tampilan, dekorasi, serta visualisasi kamar tidur simple Anda. Semuanya akan tampak berantakan dan tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi.

Sebelum memutuskan untuk mengeksekusi gagasan Anda dan mulai menata tempat tidur dan beberapa perabotan atau furniture, ambilah pensil dan selembar kertas, lalu buatlah sketsa ide tata letak atau layout kamar tidur yang Anda inginkan. Hal tersebut akan membantu Anda memvisualisasikan gagasan sebelum Anda memutuskan menerapkannya.

Sketsa kamar tidur. ~ via sketch 3d
sketsa 3d kamar tidur. ~ via sketch 3d

Jika Anda tidak dapat melakukan 5 hal tersebut di atas, cobalah hubungi jasa desain interior professional, para desainer, dekorator, atau professional stylist yang dapat bekerja sama dengan Anda. Mereka akan memberikan gambaran dan ide terbaik tentang penataan kamar tidur kecil. Hal ini akan membuat kamar Anda menjadi sesuatu yang nyaman dan punya tampilan yang selama ini Anda idam-idamkan.

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×