kamar tidur kecil gaya skandinavia

Kamar Tidur Kecil; 5 Tips Mendekorasi Ruangan Kecil agar Tampil Makin Nyaman dan Gaya

Posted by Faizin  •  Monday, November 12 2018

Ukuran ruangan bukanlah segalanya, bagaimana cara mendekorasinyalah yang penting agar juga bisa nyaman tanpa kehilangan gaya.

Interiordesign.id – Memiliki ruangan berukuran kecil bukanlah sebuah masalah. Ukuran ruangan tidak pernah menjadi faktor penentu seberapa besar tingkat kenyamanan bisa didapatkan. Dan yang terpenting dari itu semua adalah cara mendekorasi atau mendandaninyalah yang harus diperhatikan agar ruangan bisa nyaman dan tampil penuh gaya.

Mendekorasi ruangan kecil memang gampang-gampang susah. Tidak sedikit desainer dan dekorator profesional juga mengalami dilema saat melakukannya. Apalagi di saat kebutuhan akan perabotan dan barang-barang begitu banyaknya, sehingga kebutuhan akan hal itu bertentangan dengan kapasitas ruang yang dimiliki. Ini seperti anekdot; bagaimana mungkin memasukan gajah berukuran raksasa ke dalam sebuah lemari es.

Namun jangan terlalu pesimis. Ruangan kecil juga bisa didekorasi semenarik mungkin. Ia bisa sangat menarik secara visual dan tampil penuh gaya tanpa kehilangan fungsi sama sekali. Kuncinya adalah memahami dan mengerti betul unsur desain dan elemen dekoratif seperti apa yang diperlukan saat mendekorasi ruangan kecil.

Berikut 5 hal penting yang harus diperhatikan saat mendekorasi kamar tidur kecil agar nyaman tanpa kehilangan faktor estetika:

1. Gunakan Pencahayaan dan Penghawaan yang Tepat

desain kamar tidur kecil

~ via modebymood

Pencahayaan dan penghawaan merupakan dua elemen interior yang sangat penting. Keduanya harus benar-benar dipertimbangkan agar kenyamanan bisa didapatkan secara maksimal di dalam sebuah ruangan.

Mendapatkan pencahayaan yang cukup dan udara yang bersih serta menyegarkan merupakan kebutuhan. Cara paling baik untuk mendapatkannya adalah dari sumber alami. Bukaan jendela dan ventilasi udara yang besar dalam sebuah ruangan, terutama ruangan berukuran kecil bisa sangat esensial dan tidak boleh sama sekali diabaikan. Bayangkan jika ruangan kecil tanpa bukaan jendela dan sistem ventilasi yang mumpuni, betapa sumpek dan gelap pastinya ruangan tersebut.

Dengan cahaya dan udara segar yang cukup di dalam ruangan kecil, tingkat kenyamanan adalah hasil terbaiknya. Kamar tidur meski berukuran kecil juga bisa melahirkan kenyamanan yang dibutuhkan.

Cara Memaksimalkan Kamar Tidur Kecil

5 Cara Mudah Desain Kamar Tidur Kecil

2. Pilihan Warna yang Sesuai

pilihan warna untuk kamar tidur kecil

~ via google images

Cara yang kedua agar kamar tidur kecil semakin terasa nyaman adalah pemilihan warna. Pilihan warna bisa memberi dampak psikologis yang tidak kecil terhadap setiap orang.

Menurut psikologi warna, penggunaan warna-warna cerah dan netral bisa menjadikan ruangan kecil terasa lebih luas. Warna putih terutama. ia memiliki kemampuan menjadikan kamar tidur kecil terasa luas dan bersih. Pun begitu pilihan warna-warna cerah seperti kuning atau oranye, warna tersebut bisa melahirkan suasana dan atmosfer ruang yang menyenangkan.

Atau pilihan warna biru yang memberi perasaan damai dan menenangkan. Biru dikenal memiliki kemampuan meningkatkan konsentrasi dan efektifitas saat bekerja.

Sebaliknya jika menggunakan pilihan warna gelap. Warna yang mungkin bagi sebagian orang mampu memberi juga rasa nyaman dan percaya diri, jika memungkinkan janganlah digunakan dalam ruangan berukuran kecil. Apalagi untuk kamar tidur. Warna hitam atau gelap memiliki kemampuan menyerap cahaya yang bisa menjadikan ruangan terasa agak suram.

Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur yang Tanpa Disadari Sering Kita Lakukan

3. Gunakan Furnitur Multifungsi

furnitur multifungsi untuk kamar tidur kecil

~ via pinterest

Selain penempatannya, pilihan model dan jenis furnitur juga merupakan salah satu elemen paling penting dalam dekorasi ruangan kecil. Lahirnya berbagai inovasi produk perabotan dengan kemampuan multifungsi atau bahkan multipurpose, bisa memberi banyak keuntungan saat mendekorasi ruangan yang membutuhkan maksimalisasi fungsi tanpa menghilangkan gaya atau estetika.

Tempat tidur dengan storage adalah pilihan terbaik dalam kamar tidur kecil. Ia menggabungkan fungsi yang maksimal dengan kemampuan mengurangi kebutuhan akan perabotan lain.

Penghematan ruang adalah kunci utama dalam dekorasi ini. Tetaplah bijak saat mencoba memasukan berbagai kebutuhan perabotan dengan mempertimbangkan bobot, ukuran dan juga fungsi. Furnitur multifungsi bisa menjadi solusi paling bijak yang bisa dilakukan. Apalagi banyak produsen saat ini menghadirkan banyak furnitur jenis ini dengan model dan penampilan yang juga cukup trendi.

Cara Mudah Mendekorasi Kamar Tidur Kecil Menjadi Terlihat Luas

4. Manfaatkan Cermin

cermin dalam kamar tidur kecil

~ via google images

Cermin adalah salah satu elemen dekoratif ruang yang memiliki kemampuan magis. Ia banyak digunakan sebagai elemen dekoratif dengan kemampuan menjadikan ruangan kecil tampak lebih luas. Tidak salah jika kamar tidur kecil bisa sangat nyaman dengan instalasi sebuah cermin.

Namun berhati-hatilah saat menggunakannya. Simak artikel berikut soal bagaimana instalasi sebuah cermin yang baik dan tepat.

Cara Terbaik Memasang Cermin di Rumah

5. Pilihan Gaya Interior Kamar Tidur Kecil

kamar tidur kecil gaya skandinavia

~ via freshome

Satu lagi hal paling penting yang tidak boleh dilupakan adalah pilihan gaya dekorasi atau pilihan gaya desain.

Menciptakan keseragaman bebagai elemen interior mulai dari furnitur, pilihan warna, jenis pencahayaan, dan lain sebagainya, adalah cara terbaik menciptakan suasana ruang yang nyaman dan menenangkan.

Tren Desain Kamar Tidur Tahun 2018

Desain Kamar Skandinavia Kecil 3×4; Penataan Tepat yang Memberi Kenyamanan Dua Kali Lipat

Hindari penggunaan terlalu banyak konsep dan tema interior yang berbeda-beda dalam kamar tidur kecil. Hal tersebut bisa mengakibatkan ruangan tampak tidak tertata rapi dan tidak terorganisir dengan sangat baik. Gunakan pilihan gaya dekorasi dan atau gaya interior yang simpel, seperti gaya skandinavia atau mungkin minimalis.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Faizin

By Faizin

Mahasiswa Jurusan Desain Interior angkatan 2015, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung. Saat ini sedang menjalani proses Magang Akademik di interiordesign.id.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram